PERANCANGAN STRATEGI PERSAINGAN PERUSAHAAN RINTISAN (START-UP) PT. INTEGRASI TEKNOLOGI INTI DI ERA INDUSTRI 4
Abstract
ABSTRAK
Integrasi Teknologi Inti merupakan perusahaan start-up dengan lingkup bisnis sebagai penyedia layanan informasi dan teknologi. PT. Integrasi Teknologi Inti memiliki beberapa segmen bisnis yang saling melengkapi satu sama lain yang berorientasi pada proses bisnis, yaitu untuk produk meliputi, sistem Enterprise Resource Planning (ERP), Mobile Applications, Call Center dan Telekomunikasi, kemudian untuk jasa meliputi, IT Professional Services, IT Managed Services, Search Engine Optimization (SEO), Messaging Services, dan Application Development. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Strategi bisnis merupakan strategi fungsional yang berorientasi pada fungsi-fungsi kegiatan bisnis, yaitu pemasaran, produksi atau operasi, distribusi, organisasi, dan keuangan. Manajemen strategis adalah proses untuk menghasilkan keputusan dan tindakan strategis yang mendukung pencapaian tujuan organisasi. Ketika menjalankan manajemen strategis, manajer akan memproses masukan yang diperoleh melalui evaluasi terhadap visi, misi, tujuan, dan strategi saat ini serta melakukan analisis terhadap faktor internal (identifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi) dan eksternal (identifikasi peluang dan ancaman organisasi). Strategi bisnis ini dipilih oleh perusahaan untuk melakukan pengembangan bisnis. Selain menggunakan strategi bisnis induk sebagai strategi yang saat ini dijalankan oleh perusahaan, juga perlu dikembangkan dengan menggunakan strategi alternatif.
Kata Kunci: Strategi Persaingan, Start Up, Studi Kasus, Metode Kualitatif.
References
Michaux, S. (2015). Porter's Five Forces: Understand competitive forces and stay ahead of the competition. 50 Minutes.
Osterwalder, Alexander dan Yves Pigneur. (2010). Business Model Generation. Jakarta: PT. Gramedia.
Ries, Eric. (2011). The lean start up. New York: Crown Publishing Group, a division of Random House, Inc.
Risdianto, Eko. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.
Warsono dkk. (2017). Majalah Manajemen dan Bisnis, 1(2), 5 – 6.
Copyright (c) 2024 Ayu Wahyuni, Praptini Yulianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.