PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA GENERASI Z DI KOTA PURWAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13281Keywords:
Kata Kunci: E-commerce, Impulsive Buying, Generasi Z.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku impulsive buying pada Generasi Z di Kota Purwakarta. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh melalui kuesioner yang melibatkan 100 responden berusia 18–25 tahun yang aktif menggunakan platform e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur e-commerce seperti diskon besar, flash sale, gratis ongkos kirim, dan rekomendasi personal memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku impulsif. Sebanyak 73,6% variasi dalam perilaku impulsive buying dapat dijelaskan oleh pengaruh e-commerce. Selain itu, faktor emosional seperti suasana hati turut memperkuat kecenderungan belanja impulsif. Penelitian ini mengindikasikan bahwa e-commerce memainkan peran penting dalam membentuk pola konsumsi Generasi Z, sekaligus menyoroti perlunya literasi keuangan yang lebih baik untuk mengelola perilaku impulsif dalam belanja online.
References
Ananda, H. N., Arpandy, G. A., & Ariani, L. (2024). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Impulsive buying pada Penggemar Pembeli Merchandise Jaemin NCT Dream. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2832
Anwar, E. S., Suwardi, H., & Nur, H. (2024). Analisis Perilaku Impulsive buying pada Pegawai PPNPN di PTN X Makassar yang Menggunakan E-commerce. https://doi.org/10.56799/peshum.v3i4.3691
Areta, T. D., & Khairina, N. (2024). Dampak Discount Promotion pada Platform E-commerce terhadap Perilaku Impulsive Buying. https://doi.org/10.17977/um070v4i12024p41-46
Azizah, I. A., & Sundari, A. (2024). Pengaruh Konformitas dan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Impulsive buying pada Pemain Genshin Impact. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v9i1.4210
Fitri, R., & Rusli, D. (2024). Pengaruh Locus of Control Terhadap Perilaku Impulsive buying Pada Mahasiswa Pengguna Fitur Online Live Streaming Media Sosial. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.1970
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handijaya, S. N., & Mustikasari, R. P. (2024). Pengaruh Customer Intension’s Shopee Live @Bonnetofficialsupermarket terhadap Impulsive Buying. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4603
Islamiyati, N. F., & Susantun, I. (2024). Pengaruh celebrity worship dan penggunaan paylater terhadap perilaku impulsive buying pada penggemar K-Pop. https://doi.org/10.20885/jkek.vol3.iss1.art10
Ittaqullah, N., Qalbi, L. S., & Isalman, I. (2023). Gaya Hidup terhadap Perilaku Impulsive buying pada Konsumen Marketplace. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i2.39127
Junata, R., Roswaty, & Ulum, M. B. (2024). Pengaruh Program Flash sale Dan Diskon Terhadap Perilaku Impulsive buying Produk Pakaian Pria Dan Wanita Pada Pt Jm Group Lemabang Kota Palembang. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2319
Maryam, S., & Wahyuningsih, S. (2018). Pengaruh Transaksi C2c Commerce terhadap Perilaku Impulsive buying (Servei pada Konsumen PT Shopee International Indonesia). https://doi.org/10.33376/IK.V3I1.146
Maulan, P. A., Permana, I., Wicaksono, J., Zusrony, E., & Santoso, A. B. (2024). Perilaku Impulsive Buying: Implementasi Pendekatan Technology Acceptance Model Pada Keputusan Pembelian E-commerce. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i2.886
Pratama, M. N. H., Indriyani, D., & Ariza, S. (2024). Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa/ Mahasiswi Politeknik STIA LAN Jakarta Program Studi Manajemen SDM Aparatur Angkatan 2022. https://doi.org/10.55606/jimas.v3i2.1162
Pratami, K. I., & Yudantara, I. (2023). Pengaruh Financial Attitude, Shopping Lifestyle Dan Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Impulsive buying Dalam Marketplace Shopee. https://doi.org/10.23887/jimat.v14i04.49420
Pratiwi, J., & Juliaty, Y. S. (2023). Analisis Efek Financial Education Dan Self-Management Terhadap Perilaku Impulsive buying Mahasiswa (Studi kasus Mahasiswa Perbankan Syariah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.257
Putri, V., & Dwatra, F. D. (2024). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Perilaku Impulsive buying dengan Self-Control sebagai Variabel Mediator pada Konsumen Miss Glam di Kota Padang. https://doi.org/10.62260/causalita.v2i1.159
Rosmayati, S., & Maulana, A. (2020). Pemikiran, Peran Kesamaan, Kredit Perbankan, Dari Unit, Syariah Simpan, Mikro Efektifitas, Dan Dalam, Kredit Kesejahteraan, Meningkatkan. 3(1), 26–40.
Saragih, C. M., & Pusvitasari, P. (2022). Kecemasan Dengan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-commerce Selama Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8538
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (20th ed.). Alfabeta, cv.
Vidayat, S. R. F., & Arkansyah, M. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping dan E-WOM terhadap Perilaku Impulsive buying Konsumen Online Akun TikTok @jiniso.id. https://doi.org/10.25008/jpi.v5i2.140

