PENGARUH E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA GENERASI Z DI KOTA PURWAKARTA

Authors

  • Marhumi Marhumi STIEB Perdana Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13281

Keywords:

Kata Kunci: E-commerce, Impulsive Buying, Generasi Z.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce terhadap perilaku impulsive buying pada Generasi Z di Kota Purwakarta. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data diperoleh melalui kuesioner yang melibatkan 100 responden berusia 18–25 tahun yang aktif menggunakan platform e-commerce. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur e-commerce seperti diskon besar, flash sale, gratis ongkos kirim, dan rekomendasi personal memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku impulsif. Sebanyak 73,6% variasi dalam perilaku impulsive buying dapat dijelaskan oleh pengaruh e-commerce. Selain itu, faktor emosional seperti suasana hati turut memperkuat kecenderungan belanja impulsif. Penelitian ini mengindikasikan bahwa e-commerce memainkan peran penting dalam membentuk pola konsumsi Generasi Z, sekaligus menyoroti perlunya literasi keuangan yang lebih baik untuk mengelola perilaku impulsif dalam belanja online.

References

Achmad, A. N. I., & Batubara, M. (2023). Apakah Romantic Breakup Berperan terhadap Perilaku Impulsive Buying? : Studi Korelasional pada Mahasiswa. https://doi.org/10.33394/jp.v10i3.8137
Ananda, H. N., Arpandy, G. A., & Ariani, L. (2024). Pengaruh Celebrity Worship Terhadap Perilaku Impulsive buying pada Penggemar Pembeli Merchandise Jaemin NCT Dream. https://doi.org/10.47134/pjp.v1i4.2832
Anwar, E. S., Suwardi, H., & Nur, H. (2024). Analisis Perilaku Impulsive buying pada Pegawai PPNPN di PTN X Makassar yang Menggunakan E-commerce. https://doi.org/10.56799/peshum.v3i4.3691
Areta, T. D., & Khairina, N. (2024). Dampak Discount Promotion pada Platform E-commerce terhadap Perilaku Impulsive Buying. https://doi.org/10.17977/um070v4i12024p41-46
Azizah, I. A., & Sundari, A. (2024). Pengaruh Konformitas dan Regulasi Diri Terhadap Perilaku Impulsive buying pada Pemain Genshin Impact. https://doi.org/10.37817/ikraith-humaniora.v9i1.4210
Fitri, R., & Rusli, D. (2024). Pengaruh Locus of Control Terhadap Perilaku Impulsive buying Pada Mahasiswa Pengguna Fitur Online Live Streaming Media Sosial. https://doi.org/10.33627/es.v7i1.1970
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi (2nd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handijaya, S. N., & Mustikasari, R. P. (2024). Pengaruh Customer Intension’s Shopee Live @Bonnetofficialsupermarket terhadap Impulsive Buying. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4603
Islamiyati, N. F., & Susantun, I. (2024). Pengaruh celebrity worship dan penggunaan paylater terhadap perilaku impulsive buying pada penggemar K-Pop. https://doi.org/10.20885/jkek.vol3.iss1.art10
Ittaqullah, N., Qalbi, L. S., & Isalman, I. (2023). Gaya Hidup terhadap Perilaku Impulsive buying pada Konsumen Marketplace. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i2.39127
Junata, R., Roswaty, & Ulum, M. B. (2024). Pengaruh Program Flash sale Dan Diskon Terhadap Perilaku Impulsive buying Produk Pakaian Pria Dan Wanita Pada Pt Jm Group Lemabang Kota Palembang. https://doi.org/10.35870/jemsi.v10i2.2319
Maryam, S., & Wahyuningsih, S. (2018). Pengaruh Transaksi C2c Commerce terhadap Perilaku Impulsive buying (Servei pada Konsumen PT Shopee International Indonesia). https://doi.org/10.33376/IK.V3I1.146
Maulan, P. A., Permana, I., Wicaksono, J., Zusrony, E., & Santoso, A. B. (2024). Perilaku Impulsive Buying: Implementasi Pendekatan Technology Acceptance Model Pada Keputusan Pembelian E-commerce. https://doi.org/10.37034/infeb.v6i2.886
Pratama, M. N. H., Indriyani, D., & Ariza, S. (2024). Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa/ Mahasiswi Politeknik STIA LAN Jakarta Program Studi Manajemen SDM Aparatur Angkatan 2022. https://doi.org/10.55606/jimas.v3i2.1162
Pratami, K. I., & Yudantara, I. (2023). Pengaruh Financial Attitude, Shopping Lifestyle Dan Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Impulsive buying Dalam Marketplace Shopee. https://doi.org/10.23887/jimat.v14i04.49420
Pratiwi, J., & Juliaty, Y. S. (2023). Analisis Efek Financial Education Dan Self-Management Terhadap Perilaku Impulsive buying Mahasiswa (Studi kasus Mahasiswa Perbankan Syariah di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.257
Putri, V., & Dwatra, F. D. (2024). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Perilaku Impulsive buying dengan Self-Control sebagai Variabel Mediator pada Konsumen Miss Glam di Kota Padang. https://doi.org/10.62260/causalita.v2i1.159
Rosmayati, S., & Maulana, A. (2020). Pemikiran, Peran Kesamaan, Kredit Perbankan, Dari Unit, Syariah Simpan, Mikro Efektifitas, Dan Dalam, Kredit Kesejahteraan, Meningkatkan. 3(1), 26–40.
Saragih, C. M., & Pusvitasari, P. (2022). Kecemasan Dengan Perilaku Pembelian Impulsif Pengguna E-commerce Selama Pandemi Covid-19. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i3.8538
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (20th ed.). Alfabeta, cv.
Vidayat, S. R. F., & Arkansyah, M. (2023). Pengaruh Live Streaming Shopping dan E-WOM terhadap Perilaku Impulsive buying Konsumen Online Akun TikTok @jiniso.id. https://doi.org/10.25008/jpi.v5i2.140

Downloads

Published

2024-11-30