PENTINGNYA BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS DAN SOCIAL MEDIA MARKETING DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KAHF

Authors

  • Gilang Febiano Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Liana Mangifera Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13319

Keywords:

Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Image, Brand Awareness, Keputusan Pembelian.

Abstract

Evolusi produk perawatan kulit yang awalnya bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit telah berkembang menjadi industri besar. Terutama di Indonesia yang dipengaruhi oleh kemajuan ekonomi, perubahan gaya hidup, dan meningkatnya kesadaran akan perawatan diri. PT. Paragon Technology memperkenalkan Kahf, lini perawatan kulit untuk pria, yang mengutamakan keamanan produk, kesadaran lingkungan, dan citra merek melalui media sosial, khususnya Instagram dan TikTok, dengan target generasi milenial dan Gen Z. Penelitian ini mempergunakan pendekatan kuantitatif guna menguji dampak social media marketing kepada brand awareness, brand image, juga keputusan pembelian konsumen Kahf, melalui data yang diambil dari 154 responden dan dianalisis menggunakan SEM-PLS. Hasilnya memperlihatkan korelasi positif yang signifikan diantara pemasaran media sosial dengan citra merek dan brand awareness, yang keduanya memengaruhi keputusan pembelian. Meskipun brand image berkorelasi positif dengan keputusan pembelian, brand awareness yang lebih tinggi justru menunjukkan korelasi negatif, mengindikasikan potensi kejenuhan konsumen terhadap paparan merek berlebihan. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya strategi media sosial yang efektif untuk mendukung persepsi positif konsumen dan meningkatkan keputusan pembelian.

References

Ardiansyah, F., & Sarwoko, E. (2020). How social media marketing influences consumers purchase decision? A mediation analysis of brand awareness. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 17(2), 156–168. https://doi.org/10.31106/JEMA.V17I2.6916
Emerald, M., Emerald, A., Emerald, L., & Kumar, V. (2016). Perspective of natural products in skincare. Pharmacy & Pharmacology International Journal, Volume 4(Issue 3). https://doi.org/10.15406/PPIJ.2016.04.00072
Harniadi, D. A., & Damayanti, C. A. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT ERHA DERMATOLOGY UNTUK PRODUK ERHA TRUWHITE. NIVEDANA : Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.53565/NIVEDANA.V5I1.999
Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee Online Purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100–110. https://doi.org/10.32493/INFORMATIKA.V5I2.4946
Nugroho, M. C., & Herdinata, C. (2021). The Influence of Instagram on Purchasing Decisions through Brand Awareness (a Study at Hive & Honey Solo). KnE Social Sciences, 5(5), 474–486–474–486. https://doi.org/10.18502/KSS.V5I5.8835
Sari Dewi, L. G. P., Edyanto, N., & Siagian, H. (2020). The Effect of Brand Ambassador, Brand Image, and Brand Awareness on Purchase Decision of Pantene Shampoo in Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences, 76, 01023. https://doi.org/10.1051/SHSCONF/20207601023

Downloads