PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN FAMILYMART DI KOTA SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13337Keywords:
Perceived Price, Service Quality, Product Quality, Repurchase IntentionAbstract
Penelitian ini berusaha untuk menganalisis dampak dari persepsi harga, kualitas layanan, dan kualitas produk terhadap kesediaan calon pelanggan untuk melakukan pembelian tambahan di FamilyMart. Kuesioner dikirimkan untuk mengumpulkan data untuk penelitian kuantitatif ini. Partisipan dalam penelitian ini dipilih dari pelanggan FamilyMart di Kota Surabaya. Dengan menggunakan strategi purposive sampling, sebanyak 120 orang diikutsertakan dalam penelitian ini. Berikut ini adalah hasil analisis data penelitian dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS (Partial Least Square): 1) Kesan harga memiliki pengaruh yang baik dan substansial terhadap niat beli ulang pembeli FamilyMart. 2) Niat beli ulang pelanggan dipengaruhi secara positif oleh kualitas layanan, tetapi dampaknya tidak cukup signifikan untuk menjamin penyelidikan lebih lanjut. Pelanggan yang memiliki pengalaman positif dengan produk yang mereka beli dari FamilyMart lebih cenderung untuk membeli produk tersebut lagi.
References
[2] Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN INDIHOME (Vol. 2).
[3] Halim, N. R., & Iskandar, A. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PERSAINGAN TERHADAP MINAT BELI. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i3.291
[4] Jurianto, I. P. (2024). FamilyMart Surabaya: Minimarket Viral dengan Jajanan Lezat dan Harga Terjangkau! Wisata Diary. https://wisata.app/diary/lokasi-menu-cabang-familymart-di-surabaya
[5] Laela Ella. (2021). Kualitas Makanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Harga Terhadap Minat Pembelian Ulang Pada Rumah Makan Ciganea Purwakarta. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1).
[6] Nurlaela Anwar, R., & Ananda Wardani, F. (n.d.). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PRODUK SCARLETT DI E-COMMERCE SHOPEE 1. https://doi.org/10.31604/jips.v8i5.2021.1370-1379
[7] Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Prahasta Purbalingga Rofik Priyanto Lecturers in Businness and Retail Management Study Program, Madyathika Polytechnic Purbalingga. (2024). EKOMA : Jurnal Ekonomi, 3(2).
[8] Program, A. M., Bisnis, M., Manajemen, S., Bisnis, F., & Ekonomi, D. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG PELANGGAN SHAO KAO KERTAJAYA MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Vol. 7, Issue 2).
[9] Safitri, A. N. (2021). Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 1–9. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i1.212
[10] Siaputra, H. (2024). Pengaruh Kualitas Makanan, Kualitas Layanan dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang pada Restoran XYZ Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 10(1), 13–23. https://doi.org/10.9744/jmp.10.1.13-23
[11] Suhaily, L., & Soelasih, Y. (2017). What Effects Repurchase Intention of Online Shopping. International Business Research, 10(12), 113. https://doi.org/10.5539/ibr.v10n12p113
[12] Triyoko. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang di Kedai Yoko. Jurnal Daya Saing , 8(No. 1).
[13] Utami, C.W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern Indonesia. Jakarta: Salemba Empat
[14] Wahyudi, A. T., Abdurachman, U., Situbondo, S., Praja, Y., & Hamdun, E. K. (2021). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA CAFE ALL IN ONE DI PANARUKAN. In Jurnal Ekonomi dan Bisnis GROWTH.
[15] Wijaya, L. S. T., Fridayani, J. A., & Maridjo, H. (2024). KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI ULANG MIE GACOAN DI YOGYAKARTA. JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 12(1), 35–56. https://doi.org/10.26740/jepk.v12n1.p35-56