PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), E-SERVICE QUALITY DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA APLIKASI E-COMMERCE SOCO BY SOCIOLLADI SURABAYA

  • Dyah Nur Astutik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Sugeng Purwanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: Electronic Word of Mouth(E-WOM), E-Service Quality, Sales Promotion

Abstract

Pemasaran merupakan komponen penting dalam bisnis untuk mencapai tujuan perusahaan. Dengan melakukan kegiatan pemasaran yang optimal akan menimbulkan keputusan pembelian konsumen. Tujuan akan dilakukannya penelitian ini yakni guna mengetahui pengaruh atas Electronic Word of Mouth (E-WOM),E-Service Quality, serta Promosi Penjualan dimana memberikan pengaruh keputusan pembelian produk dalam aplikasi SOCO by Sociolla di Surabaya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dimana untuk mengukur sampel menggunakan skala likert dan total 100 sampel penelitian yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Metode Partial Least Square SEM digunakan pada penelitian ini sebagai alat analisis data. Dari penelitian ini, diperoleh hasil bahwasanya Electronic Word of Mouth (E-WOM) (X1), E-Service Quality (X2), dan Promosi Penjualan (X3) dinyatakan mempengruhi positif serta signifikan pada keputusan pembelian pada Aplikasi SOCO by Sociolla di Surabaya.

References

Amstrong, G., & Kotler, P. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran (A. Sindoro & B. Molan, Eds.; Jilid I). Prenhalindo.
Apriani, W., & Fadilla, S. P. (2023). Analisis Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Di Transmart Tuparev Karawang. Jurnal Bintang Manajemen, 1(2).
Caniago, A. (2023). Pengaruh Promosi, Penilaian Produk Dan Layanan Cod Terhadap Keputusan Pembelian(Studi Kasus Pada Konsumen E-Commerce Shopee Di Cikarang Barat). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4747
Fakhreza, T. H., & Siregar, M. A. T. (2023). Urgensi Meningkatkan Sistem Pengawasan Industri Kosmetik. Buletin APBN, 8(13).
Febriyanti, N. F., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh E-Service Quality dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Emina (Studi Pada Remaja Di Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 181–191.
Freksi MP, N., & Arianto, T. (2023). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, PROMOSI PRODUK DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA APLIKASI SHOPEE. JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 4(1), 13–23. https://doi.org/10.61567/jmmib.v4i1.152
Gupron, G. (2020). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MELALUI E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DARING DI APLIKASI BUKALAPAN.COM (Studi Pada Mahasiswa Universitas Batanghari Jambi). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 1(1), 337–348. https://doi.org/10.38035/jmpis.v1i1.267
Indiani, N. L. P., & Devi, D. A. C. R. (2023). PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PROMOSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN PADA LAZADA DI ERA COVID-19. J-ESA: Jurnal Ekonomi Syari’ah, 6(1).
Nabila, L. D. (2020). Pengaruh Dompet Digital Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Franchise Minuman (Studi Pada Konsumen Minuman Chatime di Lippo Plaza Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1034–1040.
Nurhayati. (2023). Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=3vLSEAAAQBAJ
Populix. (2022). Unveiling Indonesian Beauty & Dietary Lifestyle. Populix Informasi Teknologi.
Prayoga, I. K. W., & Yasa, N. N. K. (2023). ELECTRONIC WORD OF MOUTH, BRAND IMAGE, DAN PURCHASE INTENTION : Konsep dan Studi Kasus Pada Calon Konsumen Kedai Kopi Fore Coffee. CV Pena Persada. https://books.google.co.id/books?id=r7G1EAAAQBAJ
Rohmaha, A. Fi. A., Fradani, A. C., & Indriani Ari. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(2).
Susriyani, S., Limakrisna, N., & Lusiana, L. (2023). Membangun Loyalitas Bedasarkan Kualitas Jasa Model Brady Cronin, E-SQ, E-CRM, dan Komitmen Nasabah Perbankan (M. Andi. Wardana, Ed.). Intelektual Manifes Media.
Tampubolon, E. P., Dewi, R. S., & Wijayanto, A. (2024). Pengaruh e-service quality, online customer review dan harga terhadap keputusan pembelian secara online pada marketplace lazada di kota semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 13(1), 40–48.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel (edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
Published
2024-11-29
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times