ANALISIS TINGKAT KESULITAN PADA MATA PELAJARAN MEMBUAT POLA DASAR BADAN TEKNIK KONSTRUKSI DI KELAS X SMK TATA BUSANA SWASTA IMELDA

  • Cindy Claudia Simanjuntak STKIP Pangeran Antasari
Keywords: Motivasi belajar, Tingkat Kesulitan hasil belajar, materi Pembuatan Pola Dasar Badan, Teknik Konstruksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar siswa pada pembelajaran Membuat Pola Dasar Badan Teknik Konstruksi; (2) pengaruh hasil belajar siswa pada pembelajaran Membuat Pola Dasar Badan Teknik Konstruksi; (3) mengetahui korelasi antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada pembelajaran Membuat Pola Dasar Badan Teknik Konstruksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK Swasta Imelda Medan pada semester ganjil TA. 2024/2025. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu sebagai kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (30 siswa) pada pembelajaran Membuat Pola Dasar Badan Teknik Konstruksi. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen non tes untuk mengukur motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah nilai rata-rata test, persentase peningkatan hasil belajar, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperiment dan kelas kontrol pada data pretest adalah 57,5 dan 56,75. Nilai postest untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 82,5 dan 73,5. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data homogen. Uji korelasi pengaruh penggunaan media power point dan webblog terhadap motivasi dan hasil belajar siswa diperoleh nilai rxy = 0,723 yang berarti terdapat hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Arends, R., (2012), Learning to Teach Tenth Edition, McGraw - Hill Education, New York.

Arifin, Z., 1991, Evaluasi Instruksional, Remaja Rosda Karya, Bandung.

Arikunto, S., (2013), Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Arsyad, A., (2013), Media Pembelajaran, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Azizah, S., Khuzaemah, E., Lesmanawati, I.R., (2017), Penggunaan Media Internet eXe-Learning Berbasis Masalah pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6 (2): 197 – 213.

Baharuddin, H., Wahyuni, E.N., (2015), Teori Belajar Dan Pembelajaran, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Chang, R., (2005), Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid I, Erlangga, Jakarta.
Djamarah, S.B., dan Zain, A., (2006), Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta, Jakarta

Fadhila. A. P, Wastutingsih. S. P. dan Untari. D. W. (2017). Keefektifan Official Weblog Sebagai Media Promosi Desa Wisata Salak Pondoh Pulesari Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Berkala Ilmiah Agribisnis AGRIDEVINA, Vol, 6 (1) : 55-70.

Hamdani, (2017), Strategi Belajar Mengajar, Pustaka Setia Bandung, Bandung.
Hamruni, (2012), Strategi Pembelajaran, Insan Madani, Yogykarta.

Herlinda, Swistoro, E., dan Risdianto, E., (2017), Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Sman 1 Lebong Sakti, Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1(1) : 1-10.

Jahro, I. S., (2016), Ikatan Kimia, Universitas Negeri Medan, Medan.

Jihad, A., Haris, A., (2013), Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Yogyakarta.

June, S., Yaacob, A., dan Kheng, Y.K., (2014), Assessing the Use of YouTube Videos and Interactive Activities as a Critical Thinking Stimulator for Tertiary Students: An Action Research, International Education Studies, 7(8): 56-67.

Kariman, T. M. dan E. Mulia. 2012. Pemanfaatan weblog sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Pendidikan: 69-82.

Khairani, M., 2013, Psikologi Belajar, Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Keengwe, J., Onchwari, G., dan Onchwari, J., (2009). Technology and Student Learning: Toward a Learner-Centered Teaching Model, AACE Journal, 17 (1), 11-22.

Mardapi, D., 2008, Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes, Mitra Cendikia Press, Yogyakarta.

Muliawati, D.I., Saputro, S., Raharjo, S.B., (2016), Pengembangan Handout Berbasis Team Assisted Individualization (Tai) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pembuatan Etanol Skala Laboratorium Smk Kimia Industri, Jurnal Inkuiri, 5(1):37-44.

Nurchaili, (2010), Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,16(16): 648-658.
Nurudin. (2017). Perkembangan Teknologi Komunikasi, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Puspahade. D, Siraj. N, Wihayati. W. (2019). Media Komunikasi Weblog Dalam Menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Jurnal SIGNAL. Vol.7(2). Hal: 191-208.

Rusman, (2013), Model-Model Pembelajaran, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sanjawa, H.W., (2014), Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kencana, Jakarta.

Sanjaya, W., (2013), Strategi Pembelajaran, Kencana, Jakarta.

Saputri, R., Mayasari, T., Huriawati, F., (2017), Implementasi Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Materi Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Negeri 1 Sambirejo, Prosiding SNFA, E-ISSN : 2548-8325.

Siburian, T., (2014), Rahasia Bimbel, Pustaka Mina, Jakarta.

Silitonga, P., M., (2014), Statistik Teori dan Aplikasi dalam Penelitian, FMIPA Unimed, Medan.

Slameto, (2010), Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.

Sudarmo, U., (2013), Kimia Untuk SMA/MA Kelas X, Erlangga, Jakarta.

Sudjana, (2002), Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sunarti dan Rahmawati, (2014), Penilaian dalam Kurikulum 2013, Andi Offset, Yogyakarta.

Sutresna, N., Sholehuddin, D., dan Herlina, T., (2016), Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Kimia Untuk Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah Kelas X Peminatan Matematikan dan Ilmu-ilmu Alam, Grafindo Media Pratama, Bandung.

Trianto, (2009), Model Pembelajaran Terpadu, Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.

Wasonowati, R.R., Redjeki, T., dan Ariani, S.R.D., (2014), Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, jurnal pendidikan.
Published
2024-11-25
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times