PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM COFFEE SHOP BANGKALAN

  • Alfiyan Moh. Zaim Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur 69162
  • Miftahul Jannah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Jawa Timur 69162
Keywords: Entrepreneurial Marketing; Inovasi Produk; Kinerja UMKM

Abstract

Penelitian ini ini bertujuan mengetahui Pengaruh dan pentingnya Entrepreneurial Marketing Dan Inovasi produk ke Kinerja UMKM Pada Coffee shop Bangkalan. Entrepreneurial marketing dan inovasi produk berperan penting dalam meningkatkan kinerja UMKM, dengan EM yang memungkinkan fleksibilitas dan respons cepat terhadap perubahan pasar serta inovasi produk yang menciptakan nilai unik bagi konsumen, sehingga meningkatkan daya saing UMKM secara signifikan. Data dikumpulkan 135 responden dengan metode purposive sampling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei yang disebarkan kepada pemilik coffee shop di Bangkalan, dan Data dianalisis dengan regresi berganda menggunakan SPSS versi 25 untuk menguji hubungan antara entrepreneurial marketing, inovasi produk, dan kinerja UMKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik entrepreneurial marketing maupun inovasi produk berpengaruh positif signifikan ke kinerja UMKM coffee shop. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pemilik coffee shop di Bangkalan untuk meningkatkan strategi pemasaran guna meningkatkan dan mempertahankan kinerja UMKM coffee shop. Namun penelitian ini masi memiliki keterbatasan yaitu fokus utama hanya pada UMKM coffee shop di satu wilayah tertentu, yaitu Bangkalan, sehingga hasilnya mungkin kurang dapat digeneralisasikan ke sektor bisnis lainnya atau wilayah yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian lanjutan dapat mempertimbangkan metode kualitatif atau cakupan geografis yang lebih luas untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif.

References

Agustia, D., Haryanto, S. D., & Permatasari, Y. (2022). Product innovation , firm performance and moderating role of technology capabilities. 7(3), 252–265. https://doi.org/10.1108/AJAR-12-2021-0266
Atalay, M. (2013). The relationship between innovation and firm performance : An empirical evidence from Turkish automotive supplier industry. 75, 226–235. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.026
Becherer, R., Helms, M. M., & Mcdonald, J. P. (2012). The Effect of Entrepreneurial Marketing on Outcome Goals in SMEs. 7–18.
Calantone, R. J., Cavusgil, S. T., & Zhao, Y. (2002). Learning orientation , firm innovation capability , and firm performance. 31, 515–524.
Chiva, R. (2013). Capability and Innovation Performance. 51(4), 491–507. https://doi.org/10.1111/jsbm.12005
Dzogbenuku, R. K., & Keelson, S. A. (2019). Marketing and entrepreneurial success in emerging markets : the nexus. 13(2), 168–187. https://doi.org/10.1108/APJIE-12-2018-0072
Eggers, Kraus, F., Hughes, S., & laraway, M. (2013). The implications of customer and entrepreneurial orientations for SME growth. 0–35.
Ekaputri, S., Sudarwanto, T., & Marlena, N. (2018). PERAN LINGKUNGAN INDUSTRI, PERILAKU KEWIRAUSAHAAN, DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA USAHA LOGAM SKALA MIKRO. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 9(1), 1–21.
Fredyna, T., Ruíz-palomo, D., & Dieguez, J. (2019). Entrepreneurial orientation and product innovation . The moderating role of family involvement in management . 128–145.
Fundrika, bimo aria. (2024). Survei: 66% Gen Z Mengaku Minum Kopi Setiap Hari, Sudah Jadi Gaya Hidup? suara.com. https://www.suara.com/lifestyle/2024/04/17/115000/survei-66-gen-z-mengaku-minum-kopi-setiap-hari-sudah-jadi-gaya-hidup
Ghozali. (2018). APLIKASI ANALISIS MULTIVARIATE dengan program IBM SPSS 25 edisi 9 (edisi 9). badan penerbit universitas diponegoro.
Gornik, B., Slavič, I. P., & Poslovna, Z. K. O. T. (2019). Zeliščarstvo kot poslovna dejavnost na podeželju. 29–59. https://doi.org/10.4312/dela.52.29-59
Hacioglu, G., Eren, S. S., Eren, M. S., & Celikkan, H. (2012). performance in Turkish SMEs. 58, 871–878. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.1065
Hamali, S., Doktor, M., Ekonomi, I., & Padjajaran, U. (2015). MENINGKATKAN INOVASI MELALUI ENTREPRENEURIAL MARKETING DAN DAMPAK PADA KINERJA PEMASARAN UKM- UKM GARMENT DI JAWA BARAT. 1.
Hills, G. E., & Hultman, C. M. (2012). Journal of Small Business & Entrepreneurship Academic Roots : The Past and Present of Entrepreneurial Marketing Academic Roots : The Past and Present of Entrepreneurial Marketing. December 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/08276331.2011.10593521
Imelinudiyana Octania. (2022). PENGARUH INOVASI PRODUK, KUALITAS PRODUK, PENGENDALIAN INTERNAL DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA UMKM DI KOTA DEMAK.
Jannah, M., & Hadyarti, V. (2021). Potensi Eduwisata Garam Pamekasan melalui Entrepreneurial Marketing pada Masa Pandemi Covid-19. Senima 6, 253–260.
Kotler, P. dan A. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Kraus, S., & Harms, R. (2010). Entrepreneurial marketing : moving beyond marketing in new ventures Matthias Fink. 11(1), 19–34.
Lestari, R. B., & Widagdo, H. (2021). Entrepreneurial Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja UMKM Di Palembang. 11(1), 58–68.
Linton, G., & Kask, J. (2016). Configurations of entrepreneurial orientation and competitive strategy for high performance. Journal of Business Research. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.08.022
Lumpkin, G. T., & Dess, G. G. (2001). LINKING TWO DIMENSIONS OF ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TO FIRM PERFORMANCE : THE MODERATING ROLE OF ENVIRONMENT AND INDUSTRY LIFE CYCLE. 9026(00), 429–451.
Miati, I. I. S. (2019). PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN. 19–34.
Miles, M. P., & Darroch, J. (2004). Large firms , entrepreneurial marketing processes , and the cycle of competitive advantage. 40(5), 485–501. https://doi.org/10.1108/03090560610657804
Morris, M. H., Schindehutte, M., Laforge, R. W., & Taylor, P. (2002). ENTREPRENEURIAL MARKETING : A CONSTRUCT FOR INTEGRATING EMERGING ENTREPRENEURSHIP AND MARKETING PERSPECTIVES Linked references are available on JSTOR for this article : ENTREPRENEURIAL MARKETING : A CONSTRUCT FOR INTEGRATING EMERGING ENTREPRENEURSHIP AND MARKETING PERSPECTIVES. 10(4), 1–19.
Morrish, S. C., Miles, M. P., & Deacon, J. H. (2010). Entrepreneurial marketing : acknowledging the entrepreneur and customer-centric interrelationship. May 2014, 37–41. https://doi.org/10.1080/09652541003768087
Priangani, A. (2013). MEMPERKUAT MANAJEMEN PEMASARAN DALAM KONTEKS. 2(4), 1–9.
Riassy, U., & Kristinae, V. (2021). Uncertain Supply Chain Management The effect of product innovation on business performance during COVID 19 pandemic. 9, 151–158. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2020.10.006
Rizaldi, B. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan (studi kasus cafe cerita xotus telang bangkalan). Universitas Trunojoyo Madura.
Rosenbusch, N., Brinckmann, J., & Bausch, A. (2011). Journal of Business Venturing Is innovation always bene fi cial ? A meta-analysis of the relationship between innovation and performance in SMEs. Journal of Business Venturing, 26(4), 441–457. https://doi.org/10.1016/j.jbusvent.2009.12.002
Sayekti, I. M. S. (2023). Trend Industri Kopi Masa Depan: Keberlanjutan Bisnis Hingga Keberlanjutan Lingkungan. pressrelease.kontan.co.id. https://pressrelease.kontan.co.id/news/trend-industri-kopi-masa-depan-keberlanjutan-bisnis-hingga-keberlanjutan-lingkungan
Stokes, D. (2006). Selected papers from the Academy of Marketing Conference Entrepreneurial marketing : a conceptualisation from qualitative research.
Trott, P. (2017). Innovation Management and New Product Development Sixth Edition.
Ulwiyah, & Syarif, M. (2023). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen. 3(2), 229–237.
Wang, K. Y., Hermens, A., Huang, K., & Chelliah, J. (2015). ENTREPRENEURIAL ORIENTATION AND ORGANIZATIONAL LEARNING ON SMES ’ INNOVATION. 7(April), 71–82.
Yaskun, M. (2021). Enrichment : Journal of Management The Role of Entrepreneurship Orientation and Market Orientation on Product Innovation and Business Performance at SMEs Restaurants in Lamongan Enrichment : Journal of Management. 11(2), 360–365.
Published
2024-11-27
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times