PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN COVID-19 PADA PENGEMBANGAN USAHA TANAMAN HIAS DAN BIBIT BUAH-BUAHAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA JUWET KABUPATEN NGANJUK

  • Fidyah Dwi Putri Utami Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Wuryaningsih Dwi Lestari Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Covid-19, Media Sosial, Pengembangan Usaha, Kesejahteraan Masyarakat, Tanaman Hias

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media sosial dan Covid-19 terhadap perkembangan usaha bibit tanaman hias dan buah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Juwet, Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 80 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial dan Covid-19 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan usaha, yang pada gilirannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, pengaruh langsung media sosial dan Covid-19 terhadap kesejahteraan masyarakat tidak signifikan. Penelitian ini memiliki keterbatasan terkait jumlah responden dan variabel yang dianalisis. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperbesar jumlah responden dan menambah variabel agar hasil yang diperoleh lebih komprehensif.

References

Abidin Achmad, Z., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah Dhilah Syifana, A., & Cahyaningrum, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 17–31. https://doi.org/10.15642/jik.2020.10.1.17-31
Affrendha, R. L., & Lestari, W. D. (2024). On Purchasing Decisions On Tiktokshop With Brand Image As A Moderating Variable Pengaruh Review Content Creator , Brand Ambassador , Dan Customer Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktokshop Dengan Citra Merk Sebagai Variabel Moderasi. 5(April 2021).
Aini, E. N., Isnaini, I., Sukamti, S., & Amalia, L. N. (2018). Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Kesatrian Kota Malang. Technomedia Journal, 3(1), 58–72. https://doi.org/10.33050/tmj.v3i1.333
Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Amir, N., Sudibyo, R., & Hasanah, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing terhadap Kinerja Pedagang Bunga di Desa Sidomulyo, Kota Batu. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 4(2), 373–383. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2020.004.02.15
Andajani, W., & Rahardjo, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Alpukat. Jurnal Agrinika : Jurnal Agroteknologi Dan Agribisnis, 4(2), 143. https://doi.org/10.30737/agrinika.v4i2.1058
Ariana. (2016). Tahap-tahap pertumbuhan usaha.
Askaly, D., Riky, M., & Feby, A. (2023). Pengenalan dan Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan Tanaman Hias di Kecamatan Tamalate. 1(1), 15–18. https://doi.org/10.35870/ib.v1i1.164
Ayu, D., Puspita, K., Kolopaking, L. M., & Hakim, L. (2022). KELOMPOK PEDAGANG TANAMAN HIAS PADA MASA PANDEMI COVID-19 Transactional Leadership and Business Progress of Ornamental Plant Traders Group during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 05(06), 768–784.
Azizah, F. N., & Zuraidah. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Juwet Berbasis. Jurnal Abdikmas Ukk, 1(2), 145–151. http://www.ejournal.kahuripan.ac.id/index.php/abdikmas/article/view/560
Dewi, E., Amaliyah, E., St, S., Prabasari, B., Pd, S., & Ak, M. (2021). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KOMUNITAS PETANI TANAMAN HIAS. 3(2), 252–257.
Fadhli, K., & Fahimah, D. A. N. (2021). Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, Dan Gaya Hidup Terhadap Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (Kpm) Bantuan Sosial Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 118–124.
Fadilah, N. (2020). Konsep Kesejahteraan Sosial dalam Perspektif Ekonomi Islam. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(1), 51. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya
Fathony, A. A., Iqbal, M., & Sopian, A. (2019). Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Pemberdayaan Masyarakat dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat di desa Langonsari Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 10(3l), 41–57.
Ghozali. (2019). Pengujian model struktural dengan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling ( SEM PLS ) yang terdiri dari uji validitas, uji reliabilitas dan pengujian hipotesis. 32–41.
Haile G, A. M. and E. A. (2023). No Titleการบริหารจัดการการบริการที่มีคุณภาพในโรงพยาบาลสังกัดกระทรวงสาธารณสุข.วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, 4(1), 88–100.
Hamanay, N. D., Ekasari, L. U. H. D., & Mukoffi, A. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM Pada Pabrik Usaha Tahu Amda (Nency Diera Hamanay; Luh Dina Ekasari; Ahmad Mukoffi). Akuntansi Kompetif, 4(3), 1–7. https://ejournal.kompetif.com/index.php/akuntansikompetif/article/view/717%0Ahttps://ejournal.kompetif.com/index.php/akuntansikompetif/article/download/717/542
Hartono, R., Sudiarjo, A., Supriatman, A., & Perjuangan Tasikmalaya, U. (2024). Pemanfaatan Social Media Marketing Untuk Pemasaran Digital Bagi Umkm Tanaman Hias. PROFICIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 2024.
Hendro. (2011). Dasar - Dasar Kewirausahaan. Erlangga.
Hidayat, A. (2022). Peran Umkm (Usaha, Mikro, Kecil, Menengah) Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(6), 6707–6714.
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Humaizar. (2010). Manajemen Peluang Usaha. Dian Anugerah Perkasa.
Khairani, L. (2021). Lisa Khairani Setelah Sidangxfix. In STRATEGI PEMASARAN TANAMAN HIAS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pedagang Tanaman Hias Di Desa Bunut Seberang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan Sumatera Utara) (Vol. 19).
Khairunissa, O., & Juli Ratnawati. (2021). 肖沉 1, 2, 孙莉 1, 2∆, 曹杉杉 1, 2, 梁浩 1, 2, 程焱 1, 2. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66.
Kristanti, B. A. (2021). Analisis Peningkatan Pendapatan Usaha Pertanian Tanaman Hias Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ekuivalensi, 7(2), 414–428. https://doi.org/10.51158/ekuivalensi.v7i2.609
Larasati, A. A., & Wijaya, E. (2022). Jurnal Bisnis dan Manajemen. Determinasi Faktor-Faktor Keputusan Hedging Dengan Instrumen Derivatif Pada Perusahaan Manufaktur, 9(1), 193–204. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm
Lewis, B. K. (2010). Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions. Public Relations Journal, 4.
Lusya, S., Gorahe, V., Waani, F., & Tasik, F. (2021). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa. Eksekutif, 1(1), 1–9. https://www.kemkes.go.id/,
Mahendra, Y. I., & Iswarini, H. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pemasaran Tanaman Hias Bonsai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungmegang Kabupaten Muara Enim. Societa: Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(2), 90. https://doi.org/10.32502/jsct.v11i2.5577
Manajemen, P., Arditta, T. W., & Umarudin, M. (2023). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Tanaman Hias Melalui Teknologi Digital di Masa Pandemi Covid-19. 2, 153–166.
Megasari, D., Syaiful, K., & Zamroni, A. (2021). Strategi Pemasaran Tanaman Hias pada Masa Pandemi Covid-19 di Mekar Jaya Nursery. Prosiding Seminar Nasional Penanggulangan Kemiskinan, 329, 329–341. https://economy.okezone.com/read/2021/05/21/455/2413497/ini-alasan-
Nafsiah, S. N., Agustina, M., Sahfitri, V., & Marlindawati, M. (2022). Eksploitasi Digital Marketing Sebagai Usaha Meningkatkan Pendapatan Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pelaku UMKM Tanaman Hias Hafiz Flower. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 2(2), 99–108. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i2.1725
Nugroho, A., Kartadie, R., & Hudianti, E. (2022). Pelatihan Online Marketing Bagi Pengusaha Tanaman Dalam Rangka Pengembangan Usaha Tanaman Hias. Jurnal Pengabdian Masyarakat - Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 22. https://doi.org/10.26798/jpm.v1i1.564
Nurfathiyah, P., Sarwoprasodjo, S., Muljono, P., & Matindas, K. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Efikasi Diri Petani Tanaman Hias dalam Menggunakan Media Sosial untuk E-Commerce. Jurnal Penyuluhan, 20(01), 138–148. https://doi.org/10.25015/20202450712
Ocbiani, Y. (2018). Pengaruh Budidaya Tanaman Hias Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Desa Curug Kecamatan Gunungsindur Kabupaten Bogor. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.
Qomariyah, S. N., & Utomo, W. (2021). Strategi Pemasaran Tanaman Hias dengan Pendekatan Analisis SWOT. Exact Papers in Compilation, 3(3), 361–368.
Safitri, I. (2020). Peluang, Tantangan dan Strategi Pengembangan UMKM di Indonesia Pada Masa Pandemi COVID-19. Univesitas Negeri Yogyakarta, 19804244029, 1–20. https://ideas.repec.org/p/osf/osfxxx/jm6u2.html
Science, G., & Outlook, E. (2020). 何霄嘉 1 ,郑大玮 2 ,许吟隆 3 (1. 32(2), 58–65.
Septiadi, D., Fadli, F., & Irmayanti, A. (2022). Analisis Faktor Internal-Eksternal Pengembangan Tanaman Hias di Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus UD . Yuka Garden Kota Mataram ). Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 431–441. http://journal.ummat.ac.id/index.php/justek
Septiana, N. Z. (2021). Dampak Peggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Dan Kesejahteraan Sosial Remaja Dimasa Pandemi Covid-19. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15632
Subagyo, A. (2008). Studi Kelayakan Teori dan Aplikasi. Gramedia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, H., Rosita, Kusasih, I. A. K. R., & Wulandari, A. (2023). Optimalisasi Potensi Tanaman Hias Lokal Sebagai Peluang Usaha Yang Berkelanjutan Di Klaten. JANAKA : Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia, 4(1), 30–40. http://ejournal.lppm-stieatmabhakti.id/index.php/JANAKA/article/view/315
Tanjung, Y., Saputra, S., & Hardiyanto, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Inovasi Jeruk Siam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3091–3103. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5435%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5435/pdf
Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi Covid-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan. El-Barka: Journal of Islamic Economics and Business, 3(1), 80–109. https://doi.org/10.21154/elbarka.v3i1.2018
Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179
YOSEPHA, S. Y. (2021). Determinan Penggunaan Media Sosial, Kreativitas dan Pelatihan Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Coffee shop di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen, 11(2), 165–181. https://doi.org/10.30656/jm.v11i2.3878.
Published
2024-11-27
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times