ANALISIS DISTRIBUSI PENGGUNAAN JALUR PEDESTRIAN BERDASARKAN PROFESI DI JALAN MARGONDA RAYA, DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13410Keywords:
Jalur Pedestrian, Aksesibilitas, Urban Planning.Abstract
Penggunaan jalur pedestrian sangat penting dalam perencanaan urban untuk memastikan aksesibilitas dan keamanan pejalan kaki. Penelitian ini menganalisis distribusi penggunaan jalur pedestrian di Jalan Margonda Raya, Depok, berdasarkan profesi pengguna. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan data sekunder. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas pengguna adalah pelajar dan mahasiswa, mencerminkan kedekatan dengan institusi pendidikan, sementara karyawan dan pekerja informal kurang dominan. Keragaman aktivitas di kawasan tersebut terlihat dari distribusi pekerjaan responden, tetapi individu tanpa pekerjaan tetap kurang memanfaatkan jalur ini. Desain dan manajemen jalur pedestrian perlu fokus pada keamanan, kenyamanan, dan aksesibilitas untuk mendukung kebutuhan pelajar dan mahasiswa. Penambahan fasilitas seperti pencahayaan, petunjuk arah, dan tempat duduk disarankan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menarik lebih banyak pejalan kaki.
References
Fisu, A. A., Hafid, Z., Humang, W. P., & Natsir, R. (2022). Application of the PPP Scheme on the Tourism-Transportation, Case study : The Concept of Palopo City Tourism. PENA TEKNIK Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 7(1), 35. https://doi.org/10.51557/pt_jiit.v7i1.1119
Hetyorini, H. H., Mukti, S. E., & Maulana, A. M. (2023). The the effectiveness of the pedestrian path and ramp on JL. Imam Bonjol Corridor Semarang. Canopy Journal of Architecture, 12(1), 41–52. https://doi.org/10.15294/canopy.v12i1.72282
Nurrohimah, I., & Fatimah, I. S. (2022). Persepsi dan Preferensi Masyarakat Terhadap Tingkat Kenyamanan Taman Merdeka Metro Sebagai Ruang Interaksi Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lanskap Indonesia, 14(1), 8–15. https://doi.org/10.29244/jli.v14i1.37680
Putra, R. T., & Tinumbia, N. (2022, November 25). Evaluasi Fasilitas Pedestrian: Studi Kasus Jalan Margonda Raya, Kota Depok. Jurnal Artesis, 2(2).
Ros-McDonnell, D., De-La-Fuente-Aragón, M. V., Ros-McDonnell, L., & Cardós, M. (2024). Toward resilient urban design: Pedestrians as an important element of city design. Urban Science, 8(2), 65. https://doi.org/10.3390/urbansci8020065
Salsabila, S., & Apsari, N. C. (2021). AKSESIBILITAS FASILITAS PELAYANAN PUBLIK DI BEBERAPA WILAYAH DAN IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG DALAM MEMENUHI HAK PENYANDANG DISABILITAS. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 180. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.33976
Van Den Berg, K., Herlambang, S., & Rahardjo, P. (2020b). STUDI PERKEMBANGAN POLA RUANG KAWASAN MARGONDA RAYA. Jurnal Sains Teknologi Urban Perancangan Arsitektur (Stupa), 2(2), 2657. https://doi.org/10.24912/stupa.v2i2.8856
Wibowo, N. W., Aminanto, M. E., & Yola, L. (2022). Evaluasi Penerapan E-Policing dalam Program Tilang Elektronik (Etle) di Ruas Jalan Margonda Raya Kota Depok. FOCUS, 3(2), 164–172. https://doi.org/10.37010/fcs.v3i2.970
Yanuar, F., Kartini, D. S., & Akbar, I. (2023). Penerapan Dynamic Governance terhadap Tata Kelola Permukiman Akibat Dampak Urbanisasi di Kota Depok Tahun 2022. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 202–212. https://doi.org/10.36982/jpg.v8i3.3174.