PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI EKONOMI DI ERA DIGITAL: ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF DAN INOVASI
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13423Keywords:
Kata kunci: Kecerdasan Buatan (AI), Keunggulan Kompetitif, dan Inovasi Strategi EkonomiAbstract
Dalam era digital, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) telah muncul sebagai teknologi revolusioner yang memengaruhi berbagai aspek strategi ekonomi, mendorong keunggulan kompetitif, dan mendorong inovasi di berbagai industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran AI dalam pengembangan strategi ekonomi, dengan fokus pada bagaimana penerapan AI meningkatkan efisiensi operasional, mengoptimalkan pengambilan keputusan berbasis data, dan menciptakan model bisnis baru yang adaptif. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis, penelitian ini mengeksplorasi tren adopsi AI, manfaatnya, dan tantangan yang terkait dengan penerapannya. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa AI secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan daya saing organisasi melalui beberapa cara. Pertama, AI memungkinkan efisiensi operasional dengan mengotomatisasi proses produksi dan memanfaatkan pemeliharaan prediktif, yang secara langsung mengurangi biaya operasional dan waktu henti. Kedua, AI mendukung optimalisasi logistik dan manajemen rantai pasok melalui algoritma real-time yang mampu memprediksi permintaan, merencanakan rute pengiriman, dan meminimalkan pemborosan sumber daya. Ketiga, AI berperan dalam menciptakan model bisnis digital inovatif, seperti layanan personalisasi yang memanfaatkan analitik data untuk meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan. Kata Kunci: Kecerdasan Buatan (AI), Keunggulan Kompetitif, dan Inovasi Strategi Ekonomi.
References
[2] M. S. Jannah and R. Firdaus, ‘Sistem Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif’, JICN : Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, vol. 1, no. 3, pp. 4246–4250, 2024.
[3] Sulistyowati, Y. S. Rahayu, and C. D. Naja, ‘Penerapan Artificial Intelligence Sebagai Inovasi Di Era Disrupsi Dalam Mengurangi Resiko Lembaga Keuangan Mikro Syariah’, WADIAH : Jurnal Perbankan Syariah, vol. 7, no. 2, pp. 117–142, 2023.
[4] Rosidin, R. Novianti, K. P. Ningsih, D. Haryadi, G. Chrisnawati, and N. Anripa, ‘Peran Kecerdasan Buatan Dalam Pengembangan Sistem Otomatisasi Proses Bisnis’, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 7, no. 3, pp. 9320–9329, 2024.
[5] E. S. Priowirjanto, ‘Urgensi Pengaturan Mengenai Artificial Intelligence Pada Sektor Bisnis Daring Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia’, Jurnal Bina Mulia Hukum, vol. 6, no. 2, pp. 254–272, 2022.
[6] A. McAfee and E. Brynjolfsson, Machine, Platform, Crowd: Harnessing Our Digital Future. New York: W. W. Norton & Company, 2017.
[7] T. Davenport and R. Ronanki, ‘Artificial Intelligence for the Real World’, Harvard Business Revie, vol. 96, no. 1, pp. 108–116, 2018.
[8] A. Agrawal, J. Gans, and A. Goldfarb, Prediction Machines: The Simple Economics of Artificial Intelligence. United States: Harvard Business Review Press, 2018.
[9] J. Lee, H. Davari, J. Singh, and V. Pandhare, ‘Industrial Artificial Intelligence for Industry 4.0-based Manufacturing Systems’, Manuf Lett, vol. 18, pp. 20–23, 2018.
[10] A. Gawer, ‘Digital Platforms’ Boundaries: The Interplay of Firm Scope, Platform Sides, and Digital Interfaces’, Res Policy, vol. 47, no. 8, pp. 1391–1399, 2018.
[11] M. Beane and E. Brynjolfsson, ‘Working with Robots in a Post-Pandemic World’, MIT Sloan Manag Rev, vol. 61, no. 4, pp. 1–8, 2020.
[12] S. Reddy, ‘Artificial Intelligence and the Future of Work: Implications for Emerging Economies’, J Manage, vol. 23, no. 2, pp. 35–42, 2018.
[13] M. M. Ulkhaq, C. A. P. Hapsari, and F. Azzahra, Several Perspectives in Industrial Engineering. Semarang: Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, 2022.
[14] A. Korah, H. Langie, G. Pontoh, T. Kereh, and V. Wensen, ‘Penerapan Artificial Intelligence Untuk Distribusi dan Pengiriman Pada Layanan E-Commerce UMKM Menggunakan Metode Dijkstra’, Prosiding Seminar Nasional Produk Terapan Unggulan Vokasi (PTUV) Ke-3 & Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Manado, pp. 253–262, 2023.
[15] M. Ramadhan, Perencanaan & Pengembangan SDM. Malang: PT. Literasi Nusantara Abadi Grup, 2023.
[16] S. Masrichah, ‘Ancaman Dan Peluang Artificial Intelligence (AI)’, Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora , vol. 3, no. 3, pp. 83–101, 2023.
[17] H. R. Ardiansyah and A. G. Sulaksono, ‘Layanan Pelanggan Berbasis Natural Language Processing Melalui Chatbot pada Aplikasi Pesan’, Journal of Information System and Application Development, vol. 1, no. 1, pp. 29–37, 2023.
[18] H. L. F. Hafidz, M. R. A. Naufal, and M. A. Muthalib, ‘Penerapan AI untuk Optimasi Rute Secara Real-time dan Meningkatkan Efisiensi Pengiriman’, Jurnal Sains Masyarakat, vol. 01, no. 1, pp. 43–46, 2024.
[19] Y. Novita and R. Zahra, ‘Penerapan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Efisiensi Operasional di Perusahaan Manufaktur: Studi Kasus PT. XYZ’, Jurnal Manajemen dan Teknologi, vol. 1, no. 1, pp. 11–21, 2024.