STRATEGI BISNIS TERKAIT KEUNGGULAN BIAYA DAN DIFERENSIASI: ANALISIS BIBLIOMETRIK DAN SLR

Authors

  • Aditya Wahyu Prabowo Universitas Borobudur
  • Fanny Rahma Wiranti Universitas Borobudur
  • Guruh Ardhianto Kurniawan Universitas Borobudur
  • Hakim Probo Herfanni Universitas Borobudur
  • Muhammad Rozali Universitas Borobudur
  • Wirda Nursanti Universitas Borobudur

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13426

Keywords:

Kata kunci: Strategi Bisnis, Biaya, Diferensiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola penelitian terkait strategi keunggulan biaya dan diferensiasi melalui hasil penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis (SLR) berdasarkan protokol PRISMA dan analisis bibliometrik menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk memvisualisasikan data bibliometrik. Prosesnya meliputi identifikasi, penyaringan, dan kelayakan, dengan hasil akhir berupa 26 artikel relevan dari periode 2015–2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer mengidentifikasi lima klaster utama terkait strategi bisnis, seperti orientasi kewirausahaan, kompetisi, dan strategi diferensiasi, dengan tren topik seperti "price" dan "competitive advantage" meningkat pada periode 2019-2020. Strategi diferensiasi berbasis inovasi produk dan layanan terbukti meningkatkan daya saing di sektor kreatif, finansial, dan pendidikan, sedangkan keunggulan biaya melalui efisiensi operasional mendukung daya tarik harga di industri UMKM dan manufaktur. Keberhasilan implementasi strategi ini bergantung pada orientasi kewirausahaan dan inovasi, dengan fleksibilitas menjadi kunci keberlanjutan selama periode ekonomi yang tidak stabil, seperti pandemi COVID-19.

References

Agustian, E. and Mutiara, I. (2023) ‘Penerapan Strategi Generik Porter Untuk Peningkatan Persaingan Bisnis Rich Fried Chicken Di Kota Jambi’. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 4(2), pp. 25–35.
Aisyah, H., Puspita, S. and Elizamiharti, E. (2022) ‘Resource-Based View: Strategi Umkm Di Sumatera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif’. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 5(2), pp. 109–120.
Aji, G. et al. (2023) ‘Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Pada Pt Goto Gojek Tokopedia Untuk Pertumbuhan Jangka Panjang Pasca Ipo’. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), pp. 49–59.
Aldania, A. and Niswah, F. (2021) ‘Strategi Kompetitif Melalui Program Pahlawan Ekonomi Dalam Pemberdayaan UMKM Pasca Pandemi Covid-19 (Studi Padapemerintah Kota Surabaya)’. Publika, pp. 137–148.
Ambarwati, T. (2021) ‘Nilai-Nilai Kewirausahaan Dan Komitmen Berwirausaha Terhadap Kinerja UMKM Dengan Strategi Bisnis Sebagai Moderasi’. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), pp. 45–56.
Ariawan. et al. (2017) ‘Penerapan Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Kinerja Ukm (Studi Pada Ukm Karawo Di Kota Gorontalo)’. DOI: 10.31219/osf.io/6ey3g.
Ariodutho, S., Zahron, A.R. and Hendrawan, T.D. (2022) ‘Strategi Inovatif Manajemen Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan’. Masarin, 1(2), pp. 89–99.
Bartolini, M., Bottani, E. and Grosse, E.H. (2019) ‘Green Warehousing: Systematic Literature Review and Bibliometric Analysis’. Journal of Cleaner Production, 226, pp. 242–258.
Basuki, N. (2023) ‘Mengoptimalkan Modal Manusia: Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Efektif Untuk Pertumbuhan Organisasi Yang Berkelanjutan’. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(2), pp. 182–192.
Budihardjo, A. (2017) Knowledge Management: Efektif Berinovasi Meraih Sukses. Prasetiya Mulya Publishing.
Cooper, C. et al. (2018) ‘Defining the Process to Literature Searching in Systematic Reviews: A Literature Review of Guidance and Supporting Studies’. BMC Medical Research Methodology, 18(1), p. 85. DOI: 10.1186/s12874-018-0545-3.
Firmansyah, M.A., Mahardhika, B.W. and Susanti, A. (2019) ‘Pengaruh Strategi Diferensiasi Dan Hargaterhadap Keunggulan Bersaing Elzatta Royal Plaza Surabaya’. BALANCE: Economic, Business, Management and Accounting Journal, 16(2).
Hanum, G.K. et al. (2024) ‘Kepemimpinan Strategis Dan Kinerja Organisasi: Sebuah Meta-Analisis’. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), pp. 158–166.
Huang, C. et al. (2020) ‘Evolution of Topics in Education Research: A Systematic Review Using Bibliometric Analysis’. Educational Review, 72(3), pp. 281–297. DOI: 10.1080/00131911.2019.1566212.
Ismail, T. and Bangun, N. (2015) ‘Hubungan Strategi Dan Kinerja Dengan Penggunaan Sistem Pengendalian Manajemen Sebagai Variabel Moderating’. Jurnal Akuntansi, 19(1), pp. 129–143.
Iswati, H. (2018) ‘Journal Pengaruh Strategi Keunggulan Biaya Dan Diferensiasi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Kasus: Kta Dana Cinta)’. Journal of Banking & Management, 2(2), pp. 49–63.
Khoirunnisa, A. (2019) ‘Analisis Penerapan Strategi Generik Porter Dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan (Studi Kasus Bisnis Kuliner Sehat “Naturicha Healthy Food And Drink”)’. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), pp. 275–291.
Kuncoro, W. and Suriani, W.O. (2018) ‘Achieving Sustainable Competitive Advantage through Product Innovation and Market Driving’. Asia Pacific Management Review, 23(3), pp. 186–192.
Kurniawan, A. et al. (2024) ‘Optimalisasi Biaya Produksi Melalui Analisis Break-Even Point Dan Pengendalian Variabel Biaya’. WANARGI: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 1(4), pp. 350–355.
Lukiastuti, F. and Pantawis, S. (2019) ‘Peran Strategi Operasi Terhadap Pengembangan Daya Saing UKM Bandeng Presto Di Tambakrejo Semarang’. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship.
Marlina, L., Rahayu, A. and Wibowo, L.A. (2020) ‘Strategi Keunggulan Kompetitif Terhadap Kinerja Industri Kreatif Bordir Tasikmalaya’. Jurnal Co Management, 3(1), pp. 423–432.
Maryani, L. and Chaniago, H. (2019) ‘Peran Strategi Bisnis Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing Di Industri Fashion’. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), p. 48.
De Massis, A. et al. (2018).
Mehralian, G. et al. (2017) ‘TQM and Organizational Performance Using the Balanced Scorecard Approach’. International Journal of Productivity and Performance Management, 66(1), pp. 111–125.
Merliana, V. and Arismutia, S.A. (2018) ‘Pengaruh Strategi Biaya Rendah, Diferensiasi Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan UKM’. Jurnal Indonesia Membangun, 17(3), pp. 1–15.
Muiz, E. and Sunarta, S. (2018) ‘Penerapan Strategi Diferensiasi Memiliki Pengaruh Terhadap Kinerja Perusahaan’. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 8(1), pp. 26–39.
Muthmainnah, H. and Triyanto, A. (2024) ‘Analisis Strategi Bersaing Pada Bisnis Kuliner (Studi Kasus Pizza Apa Ya)’. GREAT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Islam, 1(1).
Nabila, A. and Anandya, A. (2022) ‘Studi Tentang Implementasi Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan’. Jurnal Riset Akuntansi, pp. 54–62.
Neno, M.S., Dhae, Y.K. and Aman, D.K.T. (2023) ‘Analisis Strategi Bisnis Umkm Tenun Ikat (Studi Kasus Pada UMKM Tenun Ikat Di Kota Kupang)’. CITACONOMIA: Economic and Business Studies, 2(01), pp. 72–88.
Ngaisah, R., Nurhayati, R. and Nurbaeti, A. (2020) ‘Analisis Penerapan Strategi Harga Dan Diferensiasi Produk Dalam Keunggulan Bersaing Di Sekolah Alam Purwakarta’. EKSISBANK (Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan), 4(1), pp. 11–21.
Nikmah, M. and Siswahyudianto, S. (2022) ‘Strategi Diferensiasi Untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif Pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek’. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(1), pp. 66–82.
Page, M.J. et al. (2021) ‘The PRISMA 2020 Statement: An Updated Guideline for Reporting Systematic Reviews’. BMJ, p. n71. DOI: 10.1136/bmj.n71.
Pasaribu, R.D., Pertiwi, A.N. and Sugiharto, Z.I. (2022) ‘Strategi Bisnis Dan Program Fungsional Pada Usaha Roti Dengan Pendekatan Analisis Dan Matriks SWOT’. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), pp. 1450–1465.
Purba, A.S. (2019) ‘Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Bisnis Properti Residensial (Rumah Tinggal) Di Kota Manado’. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 7(4).
Ramadhania, R. and Fendra, Y. (2021) ‘Analisis Pengaruh Keunggulan Biaya Dan Diferensiasi Produk Terhadap Penjualan Industri Rotan Adit Furniture Pitameh Kota Padang’. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), pp. 110–116.
Restiyanti, M. (2016) ‘Strategi Periklanan Dalam Promosi Program Bollystar Vaganza Di ANTV’. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(2), pp. 132–160.
Sekar, P. (2023) ‘Analisis Strategi Bisnis Unit (SBU)’. Jurnal Pusdansi, 2(6).
Septiani, S. and Seviawani, P. (2024) ‘Penggunaan Big Data Untuk Personalisasi Layanan Dalam Bisnis E-Commerce’. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(1), pp. 51–57.
Sudiantini, D. et al. (2023) ‘Teknik Pemasaran Gojek Dalam Menghadapi Kompetitor Online’. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 1(10), pp. 1–10.
Tampi, N.H.R. (2016) ‘Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran (Studi Pada PT. Telkomsel Grapari Manado)’. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(4).
Wahyudi, W. et al. (2024) Buku Ajar Manajemen Pemasaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wardoyo, P., Rusdianti, E. and Purwantini, S. (2015) ‘Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha Dan Kinerja Bisnis UMKM Di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang’. In Proceeding of International Conference Sustainable Competitive Advantage.
Wibowo, S.S.A., Handayani, Y. and Lestari, A.R. (2017) ‘Strategi Bersaing Perusahaan Dan Kinerja Perusahaan’. Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 2(2), pp. 143–151.
Wulandari, E. and Murniawaty, I. (2019) ‘Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Diferensiasi Produk Dan Diferensiasi Citra Serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran IKM Kopi Di Kabupaten Temanggung’. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(2), pp. 69–77.
Yuvira, I.A., Siregar, M.Y. and Sabrina, H. (2021) ‘Pengaruh Harga Dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria Fu Di Medan Sumatera Utara’. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), pp. 81–85.

Downloads

Published

2024-12-03