PERAN MEDIASI KEPUASAN PADA HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN BIMBEL ONLINE ECODU
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13433Keywords:
Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dalam konteks Bimbingan Belajar Online ECODU. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan dan harga sebagai variabel independen, dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, serta keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 170 responden yang diambil dari basis pelanggan ECODU. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS4. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan dan harga secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Lebih lanjut, kepuasan pelanggan secara positif memediasi hubungan antara kualitas layanan, harga, dan keputusan pembelian. Baik kualitas layanan maupun kesesuaian harga ditemukan memiliki dampak positif langsung terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menyoroti pentingnya meningkatkan kualitas layanan dan menyelaraskan strategi penetapan harga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong hasil pembelian yang lebih baik.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian
References
Ghozali, Imam. 2008. Struktural Equation Modeling. Teori Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.08 edisi 2. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Leonardo, A., & Soelasih, S. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41-50.
Purwani, A., & Wahdiniwaty, N. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan pada Industri Pariwisata. Jakarta: Penerbit LIPI.
Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.). Yogyakarta: Andi Offse
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (2018). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. Free Press.