PENGARUH ELECTONIC WORD OF MUOUTH (E-WOM) DAN SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM) TERHADAP MINAT BERKUJUNG YANG DIMEDIASI OLEH PERCEIVED DESTINATION VALUE PADA KUNJUNGAN MUSEUM SANDI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13441Keywords:
Electronic Word of Mouth (E-WOM), Media Sosial, Minat Berkunjung, Perceived Destination Value, Social Media Marketing (SMM).Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) dan pemasaran media sosial (social media marketing atau SMM) terhadap niat berkunjung, dengan perceived destination value sebagai variabel mediasi pada kunjungan ke Museum Sandi Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan analisis data dilakukan melalui metode Partial Least Squares (PLS) menggunakan software SMARTPLS. Populasi penelitian terdiri dari pengunjung Museum Sandi yang mendapatkan informasi melalui media sosial, dengan sampel sebanyak 164 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM dan SMM berpengaruh positif signifikan terhadap minat berkunjung dan perceived destination value. Perceived destination value juga ditemukan memediasi hubungan antara E-WOM, SMM, dan minat berkunjung. Keterbatasan penelitian ini meliputi perbedaan persepsi individu terhadap indikator variabel yang digunakan dalam kuesioner dan sampel yang terbatas. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lokasi lain dan segmen khusus, seperti pelajar atau wisatawan internasional, untuk memperluas generalisasi hasil.
References
Adminwarta. (2021). Wawali Keliling Museum Sebagai Refleksi Akhir Tahun 2021. Portal Berita Pemerintah Kota Yogyakarta. https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/18721
Alsoud, M., Alfdool, S. M., Trawnih, A., Helalat, A. S., Al-Mu’ani, L., & Mahrakani, N. (2023). Social media marketing activities and tourists’ purchase intention. International Journal of Data and Network Science, 7(2), 677–686. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2023.3.004
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Anwar, R. (2023). Adhibakti Sanapati: Peran Dua Hamengku Buwono untuk Persandian Negara. RRI. https://www.rri.co.id/index.php/di-yogyakarta/nasional/257260/adhibakti-sanapati-peran-dua-hamengku-buwono-untuk-persandian-negara
Arif., M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Electronic Word Of Mouth (EWOM) Dan lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Online. SiNTESa Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora, 1(1), 111–122.
Artati, D., Kaharti, E., & Susilowati, I. (2021). Analisis Theory of Planned Behavior dalam Memprediksi Niat Akuntan dalam Memperoleh Gelar Chartered Accountant di Wilayah Jawa Tengah. Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi, 20(1), 80–91. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v20i1.833
Candra, S. A., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Perceived Value terhadap E-WOM Engagement dengan Sikap dan Kepuasan Konsumen sebagai Mediator. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 01(02), 250–260.
Choirisa, S. F.,ss Purnamaningsih, P., & Alexandra, Y. (2021). the Effect of E-Wom on Destination Image and Attitude Towards To the Visit Intention in Komodo National Park, Indonesia. Journal of Tourism Destination and Attraction, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.35814/tourism.v9i1.1876
Damanik, J., & Yusuf, M. (2022a). Effects of perceived value, expectation, visitor management, and visitor satisfaction on revisit intention to Borobudur Temple, Indonesia. Journal of Heritage Tourism, 17(2), 174–189. https://doi.org/10.1080/1743873X.2021.1950164
Damanik, J., & Yusuf, M. (2022b). Effects of perceived value, expectation, visitor management, and visitor satisfaction on revisit intention to Borobudur Temple, Indonesia. Journal of Heritage Tourism, 17(2), 174–189. https://doi.org/10.1080/1743873X.2021.1950164
Faradilla, M. A., & Andarini, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Maybelline New York Melalui Sikap pada Iklan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 12(1), 97–104. www.fda.gov,2016
Firodya, B. (2023). Wisata Edukasi Museum Sonobudoyo Jogja Kian Elok & Canggih, Diubah Layaknya Mall Baca artikel detikedu, “Wisata Edukasi Museum Sonobudoyo Jogja Kian Elok & Canggih, Diubah Layaknya Mall” selengkapnya https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7108001/wisata-e. detik. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7108001/wisata-edukasi-museum-sonobudoyo-jogja-kian-elok-canggih-diubah-layaknya-mall#:~:text=Museum Sonobudoyo di Yogyakarta telah,dan menarik minat generasi muda.
Gazzally, dkk Al. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Aksesibilitas, Fasilitas dan Persepsi Harga Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Camp Area Umbul …. … Imiah Manajemen dan …, 20(1), 30–42. https://mimb.unwiku.ac.id/index.php/mimb/article/view/167%0Ahttps://mimb.unwiku.ac.id/index.php/mimb/article/download/167/123
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787–796. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.301
Haribowo, R., Tannady, H., Yusuf, M., Wisnu Wardhana, G., & Syamsurizal. (2022). Analysis Of The Role Of Social Media Marketing, Product Quality And Brand Awareness On Buying Decisions For Restaurant Customers In West Java Analisis Peran Social Media Marketing, Kualitas Produk Dan Brand Awareness. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(6), 4024–4032. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Huda, N. M. I., Saroh, S., & Krisdianto, D. (2020). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Tempat Wisata. Jiagabi, 9(2), 338–348.
Irawan, M. R. N., Sayekti, L. I., & Ekasari, R. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Wisata Wego Lamongan. Ecopreneur.12, 4(2), 122. https://doi.org/10.51804/econ12.v4i2.1008
Istina, D. (2022). Keberadaan dan Fungsi Museum Bagi Generasi Z. Jurnal Tata Kelola Seni, 8(2), 95–104. https://doi.org/10.24821/jtks.v8i2.7096
Jeong, Y., & Kim, S. (2020). A study of event quality, destination image, perceived value, tourist satisfaction, and destination loyalty among sport tourists. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(4), 940–960. https://doi.org/10.1108/APJML-02-2019-0101
Juliana, Aditi, B., Nagoya, R., Wisnalmawati, & Nurcholifah, I. (2022). Tourist visiting interests: The role of social media marketing and perceived value. International Journal of Data and Network Science, 6(2), 469–476. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.12.007
Julianis, A., Wulandari, D. P., Pariwisata, F., Perhotelan, D., & Padang, U. N. (2023). Pengaruh Perceived Value Terhadap Minat Gen Z Berkunjung Kembali Ke Museum Kereta Api Kota Sawahlunto the Influence of Perceived Value on Gen Z’S Interest in Returning To the Museum Kereta Api Kota Sawahlunto. 165–173. https://ojs.unida.ac.id/Jvs,
Khalim, A., & Hardiyansyah, Y. (2021). Analisa Pengaruh EWOM Instagram Terhadap Keputusan Kunjungan Wisata Pada ODTW Di Kota Cirebon. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1813–1820. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/970
Kristianti, T. R., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Tingkat Kepercayaan Konsumen dan Minat Kunjungan Wisata Kuliner Kota Bogor. Prologia, 4(2), 393. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6686
Kristiawan, Y. (2019). Museum Sandi Sajikan Jejak Perkembangan Dunia Intelejen Indonesia. Tribun Jogja. https://jogja.tribunnews.com/2019/08/18/museum-sandi-sajikan-jejak-perkembangan-dunia-intelejen-indonesia
Liaqat, A. (2023). Evaluating Impact of Social Media Marketing, Celebrity Endorsement and E-WOM on Online Repurchase Intention with the Mediating Role of Perceived Usefulness. Pakistan Journal of Humanities and Social Sciences, 11(4), 4129–4150. https://doi.org/10.52131/pjhss.2023.1104.0680
Lina, L. F., & Permatasari, B. (2020). Kredibilitas Selebriti Mikro pada Niat Beli Produk di Media Sosial. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 1(2), 135–146. https://doi.org/10.24042/revenue.v1i2.6296
Marliana, R. R. (2020). Partial Least Squares-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Kualitas Google Classroom Berdasarkan. Jurnal Matematika, Statistika & Komputasi, 16(2), 174–186. https://doi.org/10.20956/jmsk.v
Martini, L. K. B., Widiastuti, N. P., & Prabawathi, K. S. W. (2023). Digital Marketing Dan Peranan Electronic Word of Mouth Serta Inovasi Produk Pariwisata Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Wisatawan Di Museum Geopark Batur Kintamani. Journal of Applied Management Studies (JAMMS), 4(2), 112–124.
Cahya, H. M. (2022). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen Di Media Sosial. Jurnal Syntax Transformation, 3(04), 588–597. https://doi.org/10.46799/jst.v3i4.550
Pramudhita, N. D. E. (2021). The Role of Social Media Marketing Activities to Improve E-Wom and Visit Intention to Indonesia Tourism Destinations through Brand Equity. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 5(1), 17. https://doi.org/10.31104/jsab.v5i1.181
Purwanto, N., & Rofiah, C. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Dengan Mediasi Theory Of Planned Behavior Pada Obyek Wisata Halal Di Kabupaten Jombang. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 5(2), 176–191. https://doi.org/10.29407/nusamba.v5i2.14835
Pradana, R. R. C., & Hellyani, C. A. (2023). Implemntasi Pemasaran Media Sosial Terhadap Peningkatan Kunjungan Wisatawan Ke Mandalika Lombok. Bisnis dan Akuntansi, 2(3), 61–71. https://doi.org/10.58192/profit.v2i3.969
Nugraha, A. S., & Adialita, T. (2021). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Minat Berkunjung Wisatawan di Kota Bandung Melalui Nilai yang Dipersepsikan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(3), 195–212. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.381
Sigit, T. A., & Kosasih, A. (2020). Pengaruh Dana Desa terhadap Kemiskinan: Studi Tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia. Indonesian Treasury Review Jurnal Perbendaharaan Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 5(2), 105–119. https://doi.org/10.33105/itrev.v5i2.170
Simanjuntak, M. (2021). BIG sebut jumlah pulau di Indonesia disepakati 17 ribu pulau. ANTARAACEH. https://aceh.antaranews.com/berita/236078/big-sebut-jumlah-pulau-di-indonesia-disepakati-17-ribu-pulau
Taluke, D., Lakat, R. S. M., Sembel, A., Mangrove, E., & Bahwa, M. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Spasial, 6(2), 531–540.
Veronica, A., Ernawati, Rasdiana, Abas, M., Yusriani, Hadawiah, Hidayah, N., Sabtohadi, J., Marlina, H., Mulyani, W., & Zulkarnaini. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Pt. Global Eksekutif Teknologi.
Wibasuri, A., Tamara, T., & Sukma, Y.A. (2020). Measurement Social Media Marketing dan Sertifikasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Makanan Pada Aplikasi Online Shopee. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian, 68–78.
Yandi, A., Mahaputra, M. R., & Mahaputra, M. R. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Minat Kunjungan Wisatawan (Literature Review). Jurnal Kewirausahaan dan Multi Talenta, 1(1), 14–27. https://doi.org/10.38035/jkmt.v1i1.8
Yanti, D., Ramadhan, I., Yunita, D., & Lubis, M. R. (2024). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Desa Perkebunan Bukit Lawang. Jurnal Pariwisata, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.31294/par.v11i1.21228
Yunikartika, L., & Harti, H. (2022). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram @carubanmangan. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6(1), 212–230. https://doi.org/10.37339/e-bis.v6i1.897
Zahra, K. F., Listyorini, S., & Pinem, R. J. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Electronic Word of Mouth, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Koesmetik Wardah di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 965–973. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.30604