PENGARUH KUALITAS ARGUMEN DAN KREDIBILITAS INFLUENCER PADA NIAT BELI PRODUK SKINCARE DENGAN CONSUMER WELL BEING SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PLATFORM TIKTOK

Authors

  • Anggraheni Widyaningrum Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Muzakar Isa Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13459

Keywords:

Kualitas Argumen, Kredibilitas, Consumer Well-Being, dan Niat Beli

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana kualitas argumen dan kredibilitas influencer mempengaruhi niat beli produk skincare, dengan mempertimbangkan consumer well-being sebagai variabel mediasi, khususnya di platform TikTok. Sampel terdiri dari 300 responden yang dipilih melalui purposive sampling, yaitu pengguna TikTok yang pernah menonton video influencer yang mempromosikan produk skincare. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner online dan dianalisis dengan teknik Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas argumen berpengaruh signifikan terhadap niat beli dan consumer well-being, sedangkan kredibilitas influencer hanya memengaruhi consumer well-being. Selain itu, consumer well-being terbukti memediasi hubungan antara kualitas argumen dan niat beli, serta antara kredibilitas influencer dan niat beli.

References

Alya Nadhiah, Sri Vandayuli Riorini, Chairunnisa Aldiva Achmad, & Hendrik Aprianto. (2023). Dampak Argumen Kualitas, Kredibilitas Sumber, Dan Kebaikan Terhadap Kesejahteraan Pelanggan Dan Niat Membeli. Journal of Social and Economics Research, 5(2), 662–675. https://doi.org/10.54783/jser.v5i2.170.
Amelia Ibnu Wasiat, F., & Bertuah, E. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Social Media Influencer Terhadap Niat Beli Produk Fashion Pada Generasi Milenial Melalui Customer Online Review di Instagram. SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(3), 513–532. https://doi.org/10.54443/sinomika.v1i3.295
Briliantine Caesar Eka Wantoro, F. I. (2024). Pengaruh Kualitas Argumen Terhadap Kredibilitas Ulasan (Studi Kasus Pengguna Layanan Gofood). Jurnal Pemasaran Bisnis & Industri, 159-180.
Dr. Duryadi, M. S. (2021). Metode Penelitian Ilmiah Metode Penelitian Empiris Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik (Vol. 7, Issue 1).
Djamaly, M. F., Djumarno, D., Astini, R., & Asih, D. (2023). Literature Review: Peran Media Sosial Dalam Pemasaran Film Indonesia: Analisis Kepuasan Dan Niat Beli Penonton. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 6(3), 647–659. https://doi.org/10.37481/sjr.v6i3.706
Febrina, R. I., Iriany, I. S., & Firdaus, F. S. (2023). Motif Penggunaan Media Sosial Tiktok Bagi Remaja. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 9(2), 305–322.
Faradina Andini, N., Hartini, S., & Khairunnisa, S. (2022). Pengaruh Popularitas , Kualitas Argumen , Daya Tarik. 07, 47–60.
Feliesa Putri, A., Maya Sekar Wangi, D., Si, M., & Suryo, H. S. (2023). Pengaruh Kredibilitas Beauty Influencer Dan Terpaan Tayangan Review Product Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan The Effect Of Beauty Influencer Credibility And Product Reviews Exposure Towards Buying Interest The Beauty Products. Solidaritas:Jurnal - Jurnal Ilmu Sosial.
Ghazali Nugraha Pratama, & Diajeng Herika Hermanu. (2023). Karakteristik Micro Influencer Tiktok Terhadap Kebutuhan Informasi Followers Gen Z. Bandung Conference Series: Journalism, 3(3), 279–283. https://doi.org/10.29313/bcsj.v3i3.9637.
Gunawan, N., Suharyono, S., & Sunarti, S. (2021). Consumer Well-Being: Peran Brand Authenticity Dan Dampaknya Terhadap Consumer Citizenship Behavior. Profit, 15(01), 12–26. https://doi.org/10.21776/ub.profit.2021.015.01.3
Handayani, P. W., Gelshirani, N. B., Azzahro, F., Pinem, A. A., & Hidayanto, A. N. (2020). The influence of argument quality, source credibility, and health consciousness on satisfaction, use intention, and loyalty on mobile health application use. Informatics in Medicine Unlocked, 20, 100429. https://doi.org/10.1016/j.imu.2020.100429
Hendro, & Sihombing, S. O. (2011). Memprediksi Hubungan Loyalitas Merek, Rasa Keikutsertaan, Kecocokan Citra Diri Dan Konsumsi Terakhir Terhadap Kesejahteraan Konsumen : Studi Empiris Pada Kedai Kopi Starbucks. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 192. https://doi.org/10.30659/ekobis.12.2.192-207
Jamil, R. A., Qayyum, U., ul Hassan, S. R., & Khan, T. I. (2023). Impact of social media influencers on consumers’ well-being and purchase intention: a TikTok perspective. European Journal of Management and Business Economics. https://doi.org/10.1108/EJMBE-08-2022-0270.
Khulwani, A., Savitri, C., & Faddila, S. P. (2023). Pengaruh Influencer Janes Christina dan Kualitas Produk Kosmetik Somethinc terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Tiktok. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 815–833. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i1.5028
Kemp, S. (2024, February 20). Digital 2024: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Liu, C., Bao, Z., & Zheng, C. (2019). Exploring consumers’ purchase intention in social commerce: An empirical study based on trust, argument quality, and social presence. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 31(2), 378–397. https://doi.org/10.1108/APJML-05-2018-0170
Mahardhika, S. V., Nurjannah, I., Ma’una, I. I., & Islamiyah, Z. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Tingginya Minat Generasi Post-Millenial Di Indonesia Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik-Tok. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 2(1), 40–53. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n1.p40-53
Nariswari, T. P. (2021). Pengaruh Kualitas Argumen dan Isyarat Periferal dalam membangun Minat Beli melalui Kredibilitas Ulasan (Studi Pada Kanal Youtube Gadgetin). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB.
Permana, R. A. M., & Astuti, B. (2023). Pengaruh Review Beauty Influencer Terhadap Niat Beli Produk Pada Media Sosial YouTube. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(3), 290–304. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v6i3.276
Produk, K., Kecantikan, P., & Indonesia, E. (2024). Ini Produk Kecantikan Terlaris di E- Commerce Indonesia Kuartal I 2024. 2023–2024.
Rista Sugiarti, Yesi Amanah, & Indri Nova Yulianti. (2022). Keefektifan Promosi Melalui Tiktok Untuk Produk Skincare Erto’s. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(4), 479–484. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v1i4.1175
Setyawan, A., Isa, M., Wajdi, F., Syamsudin, & Permono, S. (2015). An Assessment of SME Competitiveness in Indonesia. Journal of Competitiveness, 7, 60–74. https://doi.org/10.7441/joc.2015.02.04
Sincia, R. A., Gunawan, A. I., & Leo, G. (2021). Mengukur Source Credibility Beauty Vlogger Terhadap Sikap Konsumen ( Studi Kasus Video Review Produk Kecantikan di Youtube ). Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 4–5.
Suryani, P. A. D., & Yulianthini, N. N. (2023). Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Niat Beli Yang Dimediasi Oleh Kepercayaan Pada Produk Skincare Merek Ms Glow Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 251–257.
The Impact of Social Media Influencer (SMI) Characteristics on Consumer Purchase Intention (CPI) of Beauty and Personal Care (BPC) Products in Sri Lanka. (2023). Journal of Economic Research & Reviews, 3(3), 248–259. https://doi.org/10.33140/jerr.03.03.14
Vrontis, D., Makrides, A., Christofi, M. and Thrassou, A. (2021), “Social media influencer marketing: a systematic review, integrative framework and future research agenda”, International Journal of Consumer Studies, Vol. 45 No. 4, pp. 17-644.
Waisnawa, N. L. P. A. Y., & Rastini, N. M. (2020). Pengaruh Kualitas Argumen Dan Kredibilitas Sumber Terhadap Niat Pembelian Yang Dimediasi Oleh Kegunaan Informasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1527. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p15
Yulianti, Y., & Keni, K. (2022). Source Credibility, Perceived Quality, and Attitude Towards Brand as Predictor on Purchase Intention of Local Beauty Products. Proceedings of the Tenth International Conference on Entrepreneurship and Business Management 2021 (ICEBM 2021), 653(Icebm 2021), 487–492. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220501.074
Zhao, C., & Wei, H. (2019). The Highest Hierarchy of Consumption: A Literature Review of Consumer Well-Being. Open Journal of Social Sciences, 07(04), 135–149. https://doi.org/10.4236/jss.2019.74012

Downloads

Published

2024-12-04