ANTESEDAN ARGUMENT QUALITY, SOURCE CREDIBILITY, DAN KINDNESS PADA BEAUTY INFLUENCER DI INDONESIA

Authors

  • Zidni Tsaniya Aziza Universitas Trisakti
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13467

Keywords:

Influencer Endorsement, Consumer Well Being, Purchase Intention.

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat terutama dalam jaringan internet yang dapat mengubah perilaku dalam memasarkan suatu produk. Salah satu strategi pemasaran pada era teknologi ini adalah dengan melakukan influencer endorsement yang bisa menimbulkan minat beli terhadap konsumen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menguji Argument Quality, Source Credibility, dan Kindness memberikan pengaruh atau tidaknya niat beli dengan menilai consumer well being dan seberapa relevan recommendation credibility dalam potensi niat pembelian pada konsumen dalam influencer endorsement. Subjek penelitian ini adalah orang yang memiliki dan menggunakan Instagram serta mengikuti akun instagram Tasya Farasya dan Abel Cantika. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan memiliki responden berjumlah 210 orang. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan Source Credibility berpengaruh positif terhadap Consumer Well Being, Consumer Well Being berpengaruh positif terhadap Recommendation Credibility, Consumer Well Being berpengaruh positif terhadap Purchase Intention dan Recommendation Credibility berpengaruh positif terhadap Purchase Intention.

References

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61.
Cahya, H. M. (2022). Pengaruh Social Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen Di Media Sosial.
Chakraborty, U. (2019). The impact of source credible online reviews on purchase intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 13(2), 142–161. https://doi.org/10.1108/JRIM-06-2018-0080
Daowd, A., Hasan, R., Eldabi, T., Rafi-ul-Shan, P. M., Cao, D., & Kasemsarn, N. (2021). Factors affecting eWOM credibility, information adoption and purchase intention on Generation Y: a case from Thailand. Journal of Enterprise Information Management, 34(3), 838–859. https://doi.org/10.1108/JEIM-04-2019-0118
Dewi, C. E., Adi, P. H., & Setyawati, S. M. (2021). Pengaruh Kredibilitas dan Kualitas Argumen terhadap Niat Beli dengan Peran Mediasi Kepercayaan. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 23(2), 1–15.
Farida, N., Purwitasari, E., & Taufik, I. (2022). Pengaruh Kredibilitas Influencer Terhadap Minat Beli Subscribers Pada Channel Youtube Otomotif Ridwan Hanif. BroadComm, 4(1), 36–44.
Habibah, I. N., & Nasionalita, K. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Yang Dilakukan Oleh Beauty Influencer Terhadap Minat Beli Brand Make Up Wardah (Studi Pada Subscribers Youtube Channel Tasya Farasya). EProceedings of Management, 6(3).
Handayani, H. (2023). Implementasi Sosial Media Influencer terhadap Minat Beli Konsumen: Pendekatan Digital Marketing. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 918–930.
Jamil, R. A., Qayyum, U., ul Hassan, S. R., & Khan, T. I. (2023). Impact of social media influencers on consumers’ well-being and purchase intention: a TikTok perspective. European Journal of Management and Business Economics, ahead-of-p(ahead-of-print). https://doi.org/10.1108/EJMBE-08-2022-0270
Jelita, A. F., & Rimiyati, H. (2021). Pengaruh Kredibilitas Influencer Pada Efektivitas Iklan Media Sosial Instagram Dalam Membentuk Minat Beli Konsumen (Studi Pada Pengikut Instagram Ayudia Bing Slamet). Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(1), 22–41.
Kim, H. Y., & Lee, Y. (2020). The effect of online customization on consumers’ happiness and purchase intention and the mediating roles of autonomy, competence, and pride of authorship. International Journal of Human–Computer Interaction, 36(5), 403–413.
Liang, S.-Z., Hsu, M.-H., & Chou, T.-H. (2022). Effects of Celebrity–Product/Consumer Congruence on Consumer Confidence, Desire, and Motivation in Purchase Intention. Sustainability, 14(14), 8786.
Liu, C., Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). The impact of self-congruity and virtual interactivity on online celebrity brand equity and fans’ purchase intention. Journal of Product & Brand Management, 29(6), 783–801. https://doi.org/10.1108/JPBM-11-2018-2106
Mundel, J., Yang, J., & Wan, A. (2022). Influencer Marketing and Consumer Well-Being: From Source Characteristics to Social Media Anxiety and Addiction. In The Emerald Handbook of Computer-Mediated Communication and Social Media (pp. 323–340). Emerald Publishing Limited.
Prasetio, M. S., Alkausar, D. B., & Hardjanti, A. (2023). Pengaruh Influencer terhadap Minat Beli. Journal on Education, 5(3), 7903–7912.
Qayyum, A., Jamil, R. A., Shah, A. M., & Lee, K. (2023). Inclusive advertising featuring disability on instagram: Effect on consumer well-being, brand engagement, and purchase intention. Journal of Retailing and Consumer Services, 75, 103515.
Rifiani, P., Dharta, F. Y., & Oxcygentri, O. (2022). Pengaruh Endorse Influencer Fadil Jaidi Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 289–301.
Waluyo, A. (2022). Pengaruh Customer Review Dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 1(2), 103–112.

Downloads

Published

2024-12-09