PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI ERA MERDEKA BELAJAR DENGAN KOMITMEN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA SMK NU 07 KENDAL)

Authors

  • Isnainiawati Amin Mumfarida Universitas Semarang
  • Kesi Widjajanti Universitas Semarang
  • Nunik Kusnilawati Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13469

Keywords:

Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, Budaya, Kinerja, Komitmen

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru di era Merdeka Belajar. Latar belakang penelitian ini adalah Kinerja guru di SMK NU 07 Kendal masih belum mencapai presentase optimal. Dalam kenyataannya masih ada beberapa guru yang memiliki kendala dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar, terutama dalam memilih media dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum baru. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan  angket menggunakan kuesioner dengan skala likert 1-5 untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Sampel dalam penelitian ini seluruh guru di SMK NU 07 Kendal sebanyak 41 orang. Analisis yang digunakan pada penelitian ini berupa analysis persamaan structural/Structural equation model (SEM) dengan menggunakan alat analisis SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya Kepemimpinan, Kompetensi Profesional, dan Budaya Organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. 2) Sebagai variabel mediasi Komitmen Kerja berhasil memediasi pengaruh gaya kepemimpinan, kompetensi profesional dan budaya organisasi terhadap kinerja guru.

References

A.D. Kurniasih. (2022). “Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Astha Brata Untuk Mewujudukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Sekolah Penggerak,” Soc. Humanit. Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 5, no. 1,
Ahmad dan Rajak. (2007). Komitmen Guru. Jakarta: Gramedia
Allen, N.J., & Meyer, J.P. (1990). The measurement and antecedents of affective, continuance, and normative commitment to organization. Journal of occupational psychology, 63, 1-18
Arti, P. D., & Pujiani, D. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Komitmen Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Lingkungan PT. Nasmoco Ring Road Kabupaten Karanganyar. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, Fakultas Ekonomi, Universitas Surakarta, 18(2), 101– 112.
Barnawi dan Arifin, M. 2014. Kinerja Guru Profesional, Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Barney (1991). Firm Resources and Sustained Competetive Advantage Journal of Management. https://doi.org/10.1177/01492063 9101700108
Chin, W. W., & Dibbern, J. (2010). A Permutation Based Procedure for Multi- Group PLS Analysis: Results of Tests of Differences on Simulated Data and a Cross Cultural Analysis of the Sourcing of Information System Services between Germany and the USA. Dalam W. W. C. Esposito Vinzi, J. Henseler, & H. Wang (Ed.), Handbook of Partial Least Squares: Concepts, Methods and Applications (Springer Handbooks of Computational Statistics Series: Vol. II), V (hlm. 171–193). Springer. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-540-32827-8_8
Cooper, J. M. (2011). Cooper, JA (Classroom Teaching Skills. Belmont, CA: Wadsworth, Cengage Learning.
Darmadi, (2019), Pengantar Pendidikan Era Globalisasi, Kosep Dasar, Teori, Strategi dan Implementasi dalam Pendidikan Globalisasi, Penerbit Animage, Jakarta.
Erwandi, R. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Dan Motivasi Guru DiSmp Negeri Kota Lubuklinggau. Jurnal Perspektif Pendidikan,13(1), 55–64
Ferdian, A., & Devita, A. R. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(2), 187- 193
Firdaus, F., Muazza, M., Rosmiati, R., & Astuti, D. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1793–1803
Hamalik, Oemar. (2016). Proses Belajar Mengajar.Bandung: Bumi Aksara. Harefa, W., Gustina Pane, S., & Amalia Fachrudin, K. (2021). Pengaruh
Komitmen Profesi, Kepuasan Kerja, Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Era New Normal Di SMK Negeri 1 Gunungsitoli. Jurnal Ilmu Administrasi 49 Negara, 11(2), 415–431.
Hasibuan, M. S. P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2024). Advanced Issues in Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM (2nd ed.). Sage. https://uk.sagepub.com/en-gb/asi/advanced-issues- in-partial-least-squares-structural-equation-modeling/book279526
Hair Jr., J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (seventh edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Herlambang, E. and Fuadi, F. (2018) ‘Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Guru Smk Swasta Di Kota Serang Dengan Variabel Mediasi Komitmen Organisasi
Hidayah, Nanik & Egar, Ngasbun & Abdullah, Ghufron. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Komitmen Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smp/Mts Di Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Jurnal Manajemen Pendidikan (JMP). 11. 10.26877/jmp.v11i2.13645
Hidayat, A. A. (2021). Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Health Books
Hidayat, R., & Cavorina, A. (2017). Pengaruh karakteristik individu dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT Cladtek BI Metal Manufacturing. Journal of Applied Business Administration, 1(2),
Idowu, A. O. 2017. Effectiveness of Performance Appraisal System and its Effect on Employee Motivation. Nile J. Bus. Econ., vol. 3, no. 5, p. 15, doi: 10.20321/nilejbe.v3i5.88.
Mashudi, I. (2021) Dampak Komitmen dan Budaya Mutu terhadap Kinerja Guru. Ideas Publishing Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RepublikIndonesia. (2009)
Mulyasa. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13– 28 Omisore, B. O. and A. R. Abiodun. 2014. Organizational Conflicts: Causes, Effects and Remedies. Int. J. Acad. Res. Econ. Manag. Sci., vol. 3, no. 6, pp. 118–137, doi: 10.6007/ijarems/v3-i6/1351
Nur, F., & Kurniawati, A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. In AoEJ: Academy of Education Journal (Vol. 13, Issue 1). https://jurnal.ucy.ac.id/index.php/fkip/article/view/765
Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 23–36.
Kemendikbud.go.id Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru
Purwoko, S. (2018) ‘Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK’, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), pp. 150–162.
Ritonga, D. E., (2020). Pengaruh Pengalaman Mengajar, Etos Kerja Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Sibolga. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik), 2(2), 126-138 Roflin, E., & Liberty, I. A. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam penelitiankedokteran. Penerbit NEM..\
Rohman, M. A., & Ichsan, R. M. (2021). Pengaruh Beban Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt Honda Daya Anugrah Mandiri Cabang Sukabumi Malik. J Jurnal Mahasiswa Manajemen, Volume 2 No.1 (April 2021).
S Rasidin, R., Disman, D., & Rahmat, P. S. (2022). Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Gugus Luragung Kabupaten Kuningan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19 (01), 41-48.
Santris, B. (2019) ‘Pengaruh kepemimpinan dan komitmen organisasi terhadap kinerja guru dengan motivasi sebagai variabel intervening pada SMA Sutomo 1 Medan’, Journal of Accounting and Management Innovation, 3(2), pp. 91– 116.
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017a). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Dalam Handbook of Market Research (hlm. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1
Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017b). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. Dalam Handbook of Market Research (hlm. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1
Seswanto, D. A., & Santoso, T. (2022). Pengaruh Pembentukan Subjective Norms Dari E-Wom Dan Reference Groups TerhadapKepuasan Konsumen Perempuan Generasi Z Pada Produk Skincare Scarlett Di Indonesia. Agora, 10(2).
Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: CV. Andi Ofset Sopiah. (2018). Perilaku Organisasi.
Sugiyono. 2014. Satistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Sujalu, A. P., Latif, I. N., Bakrie, I., & Milasari, L. A. (2021). Statistik Ekonomi
Sukamto, Y., & Pardjono, P. (2016). Pengaruh kompetensi guru, komitmen kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMP Andalan di Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 165-178.
Surya (2003). “Kompetensi Propesional Mewujudkan Kemampuan untuk Diri Sebagai Proposional Diri Pribadi”
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.
Seminar Suwatno. (2019). Pengaruh Komunikasi dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMU Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(3), 259–277.
Sydam, G. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia.pdf.
Umi., Kulsum. (2011). Implementasi Pendidikan Berbasis PAIKEM (Sebuah Paradigma Baru Pendidikan Di Indonesia). Surabaya: Gena Pratama Pustaka.
Wibowo. (2016). Perilaku Dalam Organisasi (Kedua). Raja Grafindo Persada.
Yamin, S. (2021). Smartpls 3, amos & stata: Olah data statistik (mudah & praktis)(Vol. 1). Dewangga Energi Internasional Publishing.1 ZahirPublishing.337-347.https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.617

Downloads

Published

2024-12-09