KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN PUSKESMAS GIRIJAYA KABUPATEN SUKABUMI
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13550Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Kepercayaan Pasien, Loyalitas Pasien.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien dengan mempertimbangkan peran kepuasan dan kepercayaan sebagai variabel mediasi di Puskesmas Girijaya, Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang melibatkan 109 responden, yang dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dansignifikan terhadap kepuasan pasien, kepercayaan pasien, dan loyalitas pasien. Selain itu, kepuasan dan kepercayaan pasien terbukti memediasi hubungan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pasien. Elemen-elemen seperti tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy memainkan peran penting dalam menciptakan pengalaman pelayanan yang memuaskan dan meningkatkan kepercayaan serta loyalitas pasien.Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan di Puskesmas Girijaya untuk meningkatkan kepuasan, kepercayaan, dan loyalitas pasien. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pengelola Puskesmas dalam merancang strategi pelayananyang lebih efektif dan berorientasi pada kebutuhan pasien.
References
Alrahmi, N., Et. Al. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pada Pasien Rawat Inap Di RSUD Labuang Baji Makassar. Journal Of Muslim Community Health, 4(2).
Andayani M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Lahat. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Vol. 6 No 1. Tahun 2021.
Ariany, I. V., & Lutfi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Perceived Value terhadap Loyalitas Pasien: Kepuasan Pasien sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4), 402-407.
Bahri, M. Y., Haeruddin, Patimah, S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Nu’mang. Journal of Muslim Community Health, 4(4)
Buchbinder, Sharon., Shanks, N. Buku Ajar Manajemen Layanan Kesehatan. Jakarta : EGC, 2014.
Dewi. IGAC, Kusyana. DNB. (2023). Peningkatan Kepuasan Pasien Melalui Kepercayaan, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan. Jurnal Manajemen Kewirausahaan dan Pariwisata, April 2023, Vol. 3, No.4, 643-653.
Edewelma, I. (2023). Peranan Kualitas Layanan Dan Store Atmosphere Dalam Menggapai Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepercayaan Pada Gemi-Yuri Petshop (Doctoral dissertation, STIE BANK BPD JATENG).
Evandinnartha, A. N., & Hidayat, M. S. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pasien BPJS terhadap Loyalitas Pasien: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(6), 1025-1032.
Fadhila, N.A., Diansyah. 2023. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening Di Klinik Syifa Medical Center. Vol.1 No 21
Firnanda.F, Puspitasari. S.C, Arwani. M. 2022. Hubungan Komunikasi yang Efketif dengan Kepuasan Pasien Instalasi Jalan di UPTD Puskesmas Pandaan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti. Vol 10, No 2. 82-90.
Gulo, M., Et.al. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di CV. Golden Mart Kota Gunung Sitoli. Jurnal EMBA Vol.10 No.4. 1290-1298.
Hair, Joseph F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringe, C.M (2019). When to use and how to report the result of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2-24.
Handayani, A. (2021). "Analisis Loyalitas Pasien di Puskesmas melalui Kepuasan dan Kualitas Layanan". Jurnal Manajemen Rumah Sakit.
Harmoko. (2020). The Influence of Service Quality and Infrastructure Facility to the Loyalty of Inpatients at Martha Friska Multatuli General Hospital Medan. Journal Of Medical Record Vol. 3 No. 1.
Hudzaifah, A. F., Ningrum, T. P., & Lestari, L. (2020). Tingkat Kepuasan Ibu Balita Terhadap Layanan Kesehatan Di Puskesmas Wilayah Kota Bandung. Jurnal Keperawatan BSI, 8(1).
Hurriyati, Ratih. 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung : Alfabeta.
Indra, D.I., Ramadhan, Y., Ruswanti, E. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pasien Yang Dimediasi Oleh Pemasaran Relasional Dan Kepuasan Pasien
Kotler dan Keller. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran By Philip Kotler Gary Armstrong Edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga
Kurniawan, F., & Santosa, P. (2020). “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pasien di Puskesmas X.”Jurnal Manajemen Kesehatan, 11(1), 112-121.
Larasati, F., & Suryoko, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengguna Jasa Pengiriman Surat Kilat Khusus PT. Pos Indonesia di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol. 9 No. 4
Lesmana, Nanang Indra (2021) Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan. Skripsi Thesis, Universitas Putra Bangsa.
Lestari Y. Nurcahyato H. 2017. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan (Studi kasus pada pasien rawat jalan di RSUD Dr. M. Ashari Kabupaten Pemalang. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Vol. 6 No. 2.
Maharani, P. H., Dewi, L. K. C., & Martini, L. K. B. (2023). Pengaruh Penanganan Keluhan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Di Masa Pandemi Covid Di RSK Bedah Bimc, Kuta. Relasi: Jurnal Ekonomi, 19(1), 134-145.
Mokoagouw, SE., Massie,J., Wenas, R. (2018). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dampaknya Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(3), 241-258.
Munthe, N., Rokan, M. K., & Rahmani, N. A. B. (2022). Pengaruh Peran Manajer, Kualitas Layanan Islami dan Kepercayaan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pasien Bekam Sebagai Variabel Intervening Pada Mitra Sehat Thibun Nabawi di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 3761-3769.
Ningsih, L., & Kusumawati, A. (2018). "Pengaruh Aksesibilitas Layanan terhadap Kepercayaan Pasien di Puskesmas Kota X". Jurnal Manajemen Layanan Kesehatan, 6(3), 145-153.
Nurdin, A., Febrian, F., & Suryaman, S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan dan Implikasinya Terhadap Loyalitas Pasien (Pasien BPJS di Klinik Edelweiss Pratama Bandung). Jurnal Komunikasi dan Ilmu Sosial, 2(2), 59-70.
Nyonyie, RA., Kalangi, JAF., Tamengkel, LF. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 9. No.3.
Oentara S, Bernarto I. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pasien dengan Kepuasan Pasien sebagai Mediasi di WellClinic Gading Serpong. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pelita Harapan. Vol. 2, No. 1.
Perceka, A. L. (2020). Hubungan Mutu Layanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 6(2), 270-277.
Permenkes RI No. 21 Tahun 2020. www.kemenkes.go.id
Purba, L.,Halim. E.H., Widayatsari, A. 2021. Jurnal Ekonomi KIAT Vol. 32, No. 2.
Rahmawati, C., Fitriani, D., Haira, F., & Panorama, M. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kinerja Karyawan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Bank Muamalat Kantor Cabang Palembang). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1073-1088.
Rahmawati, I., & Utami, N. (2022). “Analisis Kepuasan dan Loyalitas Pasien Puskesmas dalam Konteks Peningkatan Kualitas Layanan.” Journal of Health Services Research, 17(4), 204-215.)
Rahmawati, Y. O., & Kusniawati, A. (2021). Pengaruh Customer Reationship Managemet Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Yamaha (Studi pada Konsumen Bahana Ciamis). Business Management And Enterpreneurship Journal, 1(4).
Ramadhan, I.H., Suprajang, S.E., 2019. Analisis Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pasien di Klinik Mitra Husada Kecamatan Wates Kabupaten Blitar
Rizal, Achmad.,Agus Jalpi. 2017. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Banjarmasin Tahun 2016. Prosiding Hasil Penelitian Dosen-Dosen Uniska.
Rizki, D., & Hidayah, N. (2021). "Peran Kepercayaan Pasien dalam Meningkatkan Loyalitas di Puskesmas". Jurnal Kesehatan dan Manajemen.
Sari, D., & Dewi, K. (2021). “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien di Puskesmas: Studi Kasus di Puskesmas Y.” Jurnal Layanan Kesehatan, 15(2), 50-65.
Sari, M. R., Ardiwirastuti, I., & Harviandani, B. S. (2020). Hubungan kepuasan pasien dengan loyalitas pasien di RSGM IIK Bhakti Wiyata Kediri. Jurnal Wiyata: Penelitian Sains dan Kesehatan, 7(1), 56-61.
Setyowati, E., Wiyadi (2016) Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 18, No. 2.
Siska, S., Saparso, S., & Gunardi, W. D. (2024). Antecedent Kepercayaan & Kepuasan Pasien Berpengaruh Terhadap Loyalitas Pasien Di Klinik Mekar Sari Medika. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(12), 394-411.
Suarjana, AAGM. 2017. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dalam Rangka Menciptakan Loyalitas Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Kabupaten Gianyar. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan. Vol. 11 No. 1.
Sugiyanto, E. K., & Kurniasari, F. (2020). Dimensi Kualitas Layanan Sebagai Upaya Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel X Semarang). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 3(2).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa Edisi Ketiga. Yogyakrta: CV Andi Offset, 2018.
Sumadi, A.F., Mardiyoko, I., Pratama, Y.Y. 2022. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien JKN Dan Pasien Umum Terhadap Mutu Layanan Unit Rawat Inap: Literatur Review. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS DR. Soetomo. Vol 8. No. 1
Suryani, S. 2020. "Pengaruh Kualitas Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien: Studi pada Puskesmas di Kota Bandung". Jurnal Manajemen dan Layanan Kesehatan Indonesia.
Suryaningtyas, A., et al. 2017. "Hubungan Antara Ketersediaan Fasilitas Layanan dengan Kepercayaan Pasien di Puskesmas". Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 22-29.
Sutanto, H., Suddin, A., Sriwidodo, U. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Program Studi Magister Manajemen Universitas Slamet Riyadi Surakarta.
Tamonsang, M., Apriliyanto. M.D. 2022. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fasilitas Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Poliklinik Jantung RSUD Bakti Dharma Husada Surabaya)
Wahyoedi, S., Saparso, S. (2019). Loyalitas Nasabah Bank Syariah : Studi Atas Religitas, Kualitas Layanan, Trust, dan Loyalitas, (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish Publisher
Wahyudi M, 2017, Analisis Kualitas Layanan terhadap Kepuasan pasien di Rumah Sakit Manisrenggon Klaten, Tesis FKM UI, Depok.
Widodo, T., & Suryanto, D. (2023). "Kepuasan Pasien sebagai Pengaruh Loyalitas Pasien di Puskesmas". Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat
Widyaningrum, E. 2019. "Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Pasien di Puskesmas X". Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(2), 112-118
Wijayanti,. I.W., Wahyono (2015) Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal 4 (1).
Wong, David. 2017. ‘Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity terhadap Trust, serta Implikasinya terhadap Pelanggan E-Commerce : Studi Kasus pada Pelanggan E-Commerce di UBM’. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Vol 2, No.2. 155-168.
Wulandari, A. 2021. "Pengaruh Pengalaman Pasien Terhadap Tingkat Kepercayaan pada Layanan Kesehatan Primer". Journal of Health and Medicine Research, 9(2), 58-65.