HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN DISIPLIN GURU TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN NASAL KABUPATEN KAUR

Authors

  • Sri Purnawati Universitas Terbuka
  • Fazrul Hamidy Universitas Terbuka
  • Tita Rosita Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13569

Keywords:

Supervisi Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah dan disiplin guru terhadap kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel yang digunakan terdiri dari 51 guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi kepala sekolah dan disiplin guru memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan. Supervisi yang efektif dan disiplin kerja yang tinggi dapat meningkatkan kinerja guru, yang pada gilirannya berpengaruh positif terhadap kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini merekomendasikan agar kepala sekolah meningkatkan supervisi secara berkelanjutan dan memastikan penerapan disiplin yang konsisten di sekolah.

References

Moeheriono, M. (2009). Kinerja Guru: Teori dan Praktik. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mulyasa, E. (2009). Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Robbins, S. P., & Coulter, M. (2004). Management. New Jersey: Prentice Hall.
Sahertian, P. (2007). Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. New York: John Wiley & Sons.
Sinungan, H. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wexley, K. N., & Yukl, G. A. (2004). Organizational Behavior and Personnel Psychology. New York: HarperCollins.

Downloads

Published

2024-12-10