STRATEGI PEMASARAN DALAM PROGRAM SAMARITAN CARE PADA RUMAH SAKIT SAMARITAN
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13631Keywords:
Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Samaritan Care, Progran Jaminan KesehatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan kajian tentang strategi pemasaran yang efektif dalam konteks program jaminan kesehatan pada rumah sakit swasta dengan mengkaji implementasi manajemen pemasaran dalam program jaminan kesehatan pada rumah sakit swasta. Metode penelitian menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisa SWOT berdasarkan pengumpulan data yang diperoleh melalui Wawancara semi struktur, Dokumentasi, dan Observasi. Hasil menunjukkan bahwa impelementasi manajemen pemasaran dengan analisa SWOT pada Program Samaritan Care mengindikasikan adanya upaya meningkatkan daya saing. Implikasi penelitian merujuk pada perumusan dan pengimpelementasian strategi pemasaran yang efektif untuk mendukung keberhasilan program Samaritan Care. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rumah Sakit Samaritan Palu dapat diketahui bahwa posisi Rumah Sakit berada pada kuadran I yang menunjukkan kondisi yang kuat dan sangat menguntungkan. Dengan memanfaatkan peluang, maka strategi yang harus diimplementasikan yakni strategi umum mengenai dukungan terhadap kebiajakan pertumbuhan yang agresif yang dilakukan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan yang nampak dan nyata. Strategi yang dapat diimplementasikan berupa strategi agresif dengan meningkatkan pangsa pasar yang lebih meluas, relasi dan konektivitas area layanan, peningkatan dalam kualitas dan akses layanan serta pengembangan program baru melalui inovasi dan kerjasama mitra untuk mengembangan internal maupun eksternal Rumah Sakit Samaritan Palu.
References
Bangko, A., Kesehatan, J., Jkn, N., & Arismen, A. (2019). Srategi Bauran Pemasaran Pelayanan Kesehatan RSD Kol. Abundjani Bangko di Era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.7454/arsi.v5i2.3173
Dewi, N. L. P. E. K. (2018). Strategi Pemasaran Produk Program BPJS/JKN di Rumah Sakit Swasta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 81–99.
Ferdinand, J., Saragih, H., Nugraheni, S. A., & Adi, M. S. (2023). PENELITIAN SWOT Analisis Pelayanan Klinik Nyeri Rumah Sakit St . Elisabeth Semarang SWOT Analysis of Pain Clinic Services at St . Elisabeth Hospital Semarang. 15, 95–107.
Furqan, A. C., Wardhani, R., Martani, D., & Setyaningrum, D. (2020). The effect of audit findings and audit recommendation follow-up on the financial report and public service quality in Indonesia. International Journal of Public Sector Management, 33(5), 535–559. https://doi.org/10.1108/IJPSM-06-2019-0173
Heningnurani, A. Y. (2019). Strategi Pemasaran RSUD H Abdul Manap Kota Jambi: Marketing Strategy of H Abdul Manap Hospital in Jambi City. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 5(3), 153–164.
Karunia. (2016). IMPLEMENTASI STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI KECELAKAAN DAN KEMATIAN PADA PT. PRUDENTIAL CABANG LAMONGAN. 4(June), 2016.
Lubis, A., Siregar, R. A., & Nasution, H. N. (2023). Implementasi Manajemen Pemasaran Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Di Pasar Saroha Kota. Jurnal Vinertek, 3(2), 54–61.
Mauliddiyah, N. L. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Era Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Paru Surabaya. 6.
Muniarty, P., Hasan, S., Patimah, S., Noor, A., Guntarayana, I., Sari, R. K., & Sihombing, C. M. (n.d.). Puji Muniarty, Verawaty, Syahril Hasan, Siti Patimah, Triyani CH, Dicky Jhon Anderson Butarbutar, Cahyani Pratisti, Ismail, Asmirin Noor, Indria Guntarayana, Fitriana, Risca Kurnia Sari, Cory Mia Sihombing.
NINGSIH, S., SUTOMO, M., & SANTI, I. N. (2020). Pengaruh Promosi Dan Lingkungan Toko Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) Pada Hypermart Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 6(3), 243–251. https://doi.org/10.22487/jimut.v6i3.206
Pandiangan, B., & Damanik, H. (2019). Strategi Pemasaran Rawat Inap Layanan Non-Bpjs Pasca Program Layanan Bpjs Di Rumah Sakit Murni Teguh Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 4(2), 379–391. http://114.7.97.221/index.php/JMM/article/view/1065
Putriadi, F., & Pangkey, D. Y. (2024). Pengaruh Penerapan Strategi Pemasaran Dan Fasilitas Produk Alat Kesehatan Pada Peningkatan Jumlah Pasien di Rumah Sakit Citra Arafiq Depok. 8(3).
Rochmawati, S. W. (2021). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN PADA ERA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI RUMAH SAKIT PARU SURABAYA.pdf.
Saepudin, H., & Muljadi, M. (2023). Implementasi Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Metode Swot Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Di Indomaret Fresh Talaga Bestari. Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu), 4, 492. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i0.8058
Saifuddiin, M. A. (2022). Analisis SWOT Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk SULI5 PT.Umsurya Bina Bangsa. הארץ, 14(8.5.2017), 2003–2005.
Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1–24. www.ekrut.com
Tamara, A. (2016a). Analisis Implementasi ….. ( Tamara) 395. Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis, 4(3), 395–406. https://media.neliti.com/media/publications/128155-ID-implementasi-analisis-swot-dalam-strateg.pdf
Tamara, A. (2016b). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Produk Mandiri Tabungan Bisnis Angelica Tamara. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.
Tambunan, R. J., & Agushinta R, D. (2020). Analisis Strategi Bisnis Pt. Tolu Dengan Pendekatan Bmc Menggunakan Metode Efas, Ifas Dan Swot. Sistemasi, 9(3), 435. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i3.774
Totanan, C., Mayapada, A. G., Yamin, N. Y., Parwati, N. M. S., & Indriasari, R. (2021). The effect of patronage buying motives on small business profitability: Evidence from Indonesia. Innovative Marketing, 17(1), 109–119. https://doi.org/10.21511/im.17(1).2021.09
Ulandari, L. P. S. (2021). Strategy Implementation of National Health Insurance Using Balanced Scorecard Method: a Case Study in an – Nisa Hospital in Tangerang. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.7454/eki.v5i2.4265
Yunita Wulan Dewi, N. K., & Sri Darma, G. (2019). Strategi Investasi & Manajemen Resiko Rumah Sakit Swasta di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(2), 110. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i2.2044
Zahara, Z., Rombe, E., Ngatimun, N., & Suharsono, J. (2021). The effect of e-service quality, consumer trust and social media marketing on intention to use online transportation services. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 471–478.