PENGARUH WORD OF MOUTH, ESTETIKA PRODUK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG TENUN DONGGALA DI JAGAD TENUN KOTA PALU

Authors

  • Isnada Adelia Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • Wahyuningsih Wahyuningsih Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • Rosida P. Adam Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • Farid Farid Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13646

Keywords:

Estetika produk, Kualitas produk, Minat Beli Ulang, Tenun Donggala, Word of Mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth, estetika produk, dan kualitas produk terhadap minat beli ulang tenun Donggala di Jagad Tenun Kota Palu. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan di Jagad Tenun Kota Palu, dengan sampel sebanyak 120 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth, estetika produk, dan kualitas produk secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat beli ulang tenun Donggala. Hal ini berarti semakin positif word of mouth, semakin menarik estetika produk, dan semakin tinggi kualitas produk, maka semakin tinggi pula minat konsumen untuk membeli ulang produk tenun Donggala. Temuan ini mengindikasikan bahwa Jagad Tenun Kota Palu perlu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, serta terus melakukan upaya promosi yang efektif untuk meningkatkan word of mouth yang positif. Selain itu, perusahaan/pelaku usaha juga perlu memperhatikan aspek estetika produk agar lebih menarik minat konsumen. Hasil penelitian ini memberikan implikasi penting bagi pelaku usaha tenun Donggala, khususnya dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan minat beli ulang konsumen. Penelitian lebih lanjut dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain yang mungkin mempengaruhi minat beli ulang, seperti harga, merek, dan pengalaman berbelanja.

References

Algina, S., & Asngadi. (2022). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan BOTTLENECK POINT DALAM. 14(1), 408–420.
Bachri, S., Monoarfa, H., & Santi, I. N. (2015). Kerajinan Kayu Ebony di Sulawesi Tengah. 66, 299–303.
Banik, S., & Gao, Y. (2023). Exploring the hedonic factors affecting customer experiences in phygital retailing. Journal of Retailing and Consumer Services, 70, 103147.
Fadjar, A., Hartini, S., & Astuti, S. W. (2022). Instagram Usage Behavior: Does It Aim to Look More Attractive? Quality - Access to Success, 23(190), 226–232. https://doi.org/10.47750/qas/23.190.24
Haris, D. (2018). Kualitas Dan Desain Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Baju Dagadu Yogyakarta). Upajiwa Dewantara, 2(2), 125–139. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.3265
Maisam, S., & Mahsa, R. D. (2016). Positive word of mouth marketing: Explaining the roles of value congruity and brand love. Journal of Competitiveness, 8(1), 19–37. https://doi.org/10.7441/joc.2016.01.02
Maulana, A. Z., & Sukresna, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Muliati, M., Totanan, C., Jamaluddin, Pattawe, A., Iqbal, M., Mile, Y., & Mayapada, A. G. (2024). Enhancing SME Green Performance: The Role of Environmental and Social Responsibility Programs and Environmental Dynamism. International Journal of Sustainable Development and Planning, 19(2), 799–806. https://doi.org/10.18280/ijsdp.190238
Nilawati, W. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Konsumen Kopi ABC Di Desa Pancoran Bondowoso). JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia), 9(1), 74–78.
Rachman, R., & Abadi, T. W. (2017). Komunikasi Word Of Mouth dan Keputusan Pembelian Batik Bangkalan. Jurnal ASPIKOM, 3(2), 285–295.
Rombe, E., & Hadi, S. (2022). The impact of supply chain capability and supply chain performance on marketing performance of retail sectors. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 593–600. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.11.005
Statistik, B. P. (2024). Direktori Industri Manufaktur Indonesia 2024. Journal of Chemical Information and Modeling, 13(9), 1689–1699.
Sumani, S., Awwaliyah, I. N., Suryaningsih, I. B., & Nurdin, D. (2022). Financial Behavior on Financial Satisfaction and Performance of the Indonesian Batik Industry. Jurnal Aplikasi Manajemen, 20(4). https://doi.org/10.21776/ub.jam.2022.020.04.06
Suparman, S., Muzakir, M., Wahyuningsih, W., Tope, P., & Ponirin, P. (2023). Promoting tourism governance and supply chain management in the competitiveness of tourism sector. Uncertain Supply Chain Management, 11(3), 1247–1256. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2023.3.023
Wahyuningsih, Nasution, H., Yeni, Y. H., & Roostika, R. (2022). A comparative study of generations X, Y, Z in food purchasing behavior: the relationships among customer value, satisfaction, and Ewom. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2105585
Zahara, Z. (2015). Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Industri Sarung Tenun Donggala di Sulawesi Tengah. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(3), 371–377. https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/783
Zahara, Z., Ikhsan, Santi, I. N., & Farid. (2023). Entrepreneurial marketing and marketing performance through digital marketing capabilities of SMEs in post-pandemic recovery. Cogent Business and Management, 10(2). https://doi.org/10.1080/23311975.2023.2204592
Zahara, Z., Muslimin, M., & Buntuang, P. C. D. (2022). The impact of marketing innovations and business plans on business sustainability during the COVID-19 pandemic. Innovative Marketing, 18(3), 121–135. https://doi.org/10.21511/im.18(3).2022.11
Zahara, Z., Rombe, E., Ngatimun, N., & Suharsono, J. (2021). The effect of e-service quality, consumer trust and social media marketing on intention to use online transportation services. International Journal of Data and Network Science, 5(3), 471–478. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2021.4.001
Zulkarnain, M. (2021). Kualitas Produk, Servicescape dan Word of Mouth Serta Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(1), 38–44. https://doi.org/10.35899/biej.v3i1.198

Downloads

Published

2024-12-13