PENGARUH HALAL AWARENESS DAN HALAL LITERACY TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN MEMILIH PRODUK KOSMETIK HALAL

Authors

  • Septria Susanti UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13649

Keywords:

Halal Awareness, Halal Literacy, Preferensi Konsumen

Abstract

Preferensi konsumen merupakan kesukaan konsumen dalam menggunakan sebuah produk. sebagai mahasiswa perguruan tinggi islam yang merupakan agen ilmu pengetahuan ekonomi islam, seharusnya mahasiswa memilih produk kosmetik halal dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun  pada kenyataan 223 orang dari total 328 mahasiswa ekonomi islam masih menggunakan produk kosmetik  tanpa pertimbangan kehalalan produk dengan alasan karena produk tersebut tren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah  halal awareness dan halal literacy berpengaruh terhadap preferensi konsumen memilih produk kosmetik halal. Teknik pengumpulan sampel menggunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 94 orang. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan PLS dan data diolah menggunakan warp PLS 7.0. Penelitian ini mengungkapkan bahwa halal literacy berpengaruh positif signifikan terhadap preferensi konsumen memilih produk kosmetik halal, sedangkan halal awareness tidak berpengaruh terhadap preferensi konsumen memilih halal. Hasil temuan dalam penelitian ini menawarkan bukti empris bahwa pentingnya pengetahuan dan pemahaman tentang produk halal. Dengan semakin meningkatnya pengetahuan dan pemahaman sesorang dalam produk kosmetik halal membuat konsumen lebih memilih menggunakan produk kosmetik halal. Sementara hasil penelitian ini mengindikasi bahwa turunnya kesadaran remaja muslim akan pentingnya menggunakan produk kosmetik halal.

References

Abdul, J., Shaari, N., & Shahira, N. (2010). Dimension of Halal Purchase Intention : A Preliminary Study Shaari & Arifin. International Review of Business Research Papers.
Affram, P. C., & Darkwa, S. (2015). Consumers’ knowledge, understanding and use of food label information, and how it affects purchasing decision in ho, ghana.
Ambali, A. R., & Bakar, A. N. (2014). People’s Awareness on Halal Foods and Products: Potential Issues for Policy-makers. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1104
Awan, H. M., Siddiquei, A. N., & Haider, Z. (2015). Factors affecting Halal purchase intention – evidence from Pakistan’s Halal food sector. Management Research Review. https://doi.org/10.1108/MRR-01-2014-0022
Endah, N. H. (2018). Perilaku pembelian kosmetik berlabel halal oleh konsumen Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan LIPI, 22(1), 25–39.
Ernawati, S., & Koerniawan, I. (2023). Pengaruh Label Halal Dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Umkm Di Kota Bima. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 207–215.
Fathoni, M. A. (2020). Potret industri halal Indonesia: Peluang dan tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428–435.
Fitria, M. R., Aji, H., & Heryawan, A. Y. (2019). The effect of halal awareness, halal certification and halal marketing toward halal purchase intention of fast food among Muslim millenials generation. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 90(6), 76–83.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang.
Hanzaee, K. H., & Ramezani, M. R. (2011). Intention to Halal Products In THe World Markets. Interdisciplinary Journal of Research in Business.
Haque, A., Anwar, N., Tarofder, A. K., Ahmad, N. S., & Sharif, S. R. (2018). Muslim consumers’ purchase behavior towards halal cosmetic products in Malaysia. Management Science Letters. https://doi.org/10.5267/j.msl.2018.9.009
Harahap, M. G., Tarmizi, R., Sholihah, N. A., Adhianata, H., Maulidizen, A., Sirojudin, H. A., Azizah, N., Al Farisi, M. S., Soleh, O., Suhendar, F. R., & others. (2023). Industri Halal Di Indonesia. Sada Kurnia Pustaka.
Ivanisa, S. (2023). Pengaruh Halal Awareness terhadap Keputusan Pembelian Halal Meat di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 8(2), 93–103.
Khan, A., Arafat, M. Y., & Azam, M. K. (2022). Role of halal literacy and religiosity in buying intention of halal branded food products in India. Journal of Islamic Marketing, 13(2), 287–308.
Kothler, P. (2019). MARKETING MANAGEMENT. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems.
Maryam, A., & others. (2022). Analysis of Halal literacy level on Halal awareness and use of Halal products. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 85–96.
Nasrullah, A. (2018). Analisis Potensi Industri Halal Bagi Pelaku Usaha Di Indonesia. At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah, 6(1), 50–78.
Novitasari, S. I. D., Fikriyah, K., & others. (2023). Pengaruh Literasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Halal Mahasiswa Ekonomi Islam Se Jawa Timur. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(01).
Nurcahyo, A., & Hudrasyah, H. (2017). The Influence Of Halal Awareness, Halal Certification, And Personal Societal Purchase Intention. Journal of Business and Management.
Safitri, B. D., Syahrizal, A., & Saputra, O. (2023). Pengaruh Literasi Halal, Dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Journal of Islamic Economics and Finance, 1(4), 1–18.
Salehudin, I. (2013). Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal. https://doi.org/10.21002/amj.v2i1.1987
Sara, S. K., Ahmad, R. M., & Arkiang, F. (2022). Pengaruh kesadaran halal terhadap minat beli kosmetik halal. Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 21–37.
Secinaro, S., & Calandra, D. (2021). Halal food: structured literature review and research agenda. British Food Journal. https://doi.org/10.1108/BFJ-03-2020-0234
Septiani, D., & Ridlwan, A. A. (2020). The effects of halal certification and halal awareness on purchase intention of halal food products in Indonesia. Indonesian Journal of Halal Research, 2(2), 55–60.
Setyowati, A., & Anwar, M. K. (2022). Pengaruh literasi halal dan religiusitas terhadap minat konsumsi produk halal masyarakat kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 16(1), 108–124.
Sholihin, M., & Ratmono, D. (2021). Analisis SEM-PLS dengan WarpPLS 7.0 untuk Hubungan Nonlinier dalam Penelitian Sosial dan Bisnis. In Andi Offset.
Siregar, A. (2023). The Influence Of Marketing Strategies, Product Knowledge, And Halal Literacy On Consumer Decisions To Buy Halal Products In Sitio Tio Hilir Village. Integrasi: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 1(3), 117–136.
Susilawati, C. (2020). Role of The Halal Industry in Recovering the National Economy in Covid-19 Pandemic. International Journal of Nusantara Islam. https://doi.org/10.15575/ijni.v8i2.10807
Vizano, N. A., Khamaludin, K., & Fahlevi, M. (2021). The effect of halal awareness on purchase intention of halal food: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(4), 441–453.
Wirabuana, A. S., Zulhendry, Z., Wathan, H., & Agus, R. (2022). Pengaruh Literasi Halal, Kualitas Produk, dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Innisfree Pada Masyarakat Muslim Kecamatan Medan Patumbak. Jurnal Bilal: Bisnis Ekonomi Halal, 3(2), 110–119.

Downloads

Published

2024-12-25