KONSEKUENSI CUSTOMER ENGAGEMENT, BRAND ADVOCACY SMARTPHONE FLAGSHIP

Authors

  • Ainul Yaqin Universitas Trisakti
  • Kurniawati Kurniawati Universitas Trisakti

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i5.13666

Keywords:

Smartphone Flagship, Customer Engagement, Brand Advocacy, Brand Beputation, Emotional Attachment.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki efek relatif antara Customer Engagement dan Brand Advocacy, dan selanjutnya untuk menguji efek Brand Beputation yang memediasi dari Emotional Attachment. Studi ini juga menguji hubungan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui survei yang diberikan kepada responden yang merupakan pengguna smartphone flagship. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah survei berbasis kuesioner. Survei tersebut terdiri dari skala pengukuran yaitu skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh diolah menggunakan perangkat lunak statistik berupa SPSS. Pada penelitian ini jumlah sampel yang digunakan sebanyak 200 responden Profil responden disajikan dengan klasifiasi pengguna smartphone flagship, jenis kelamin, pekerjaan, pendapatan atau uang saku. Pengguna smarphone flagship didominasi oleh pengguna Iphone (Apple) sebanyak 99 orang atau sekitar 49,5%. Adapun hasil kuesioner pada jenis kelamin didominasi oleh Perempuan sebanyak 106 orang atau sekitar 53%. Sedangkan untuk pekerjaan responden didominasi sebagai Pegawai Swasta atau Profesional sebanyak 127 orang atau sekitar 63,5% dan untuk pendapatan atau uang saku perbulan didominasi senilai Rp 5.000.000 – Rp. 10.000.000 sebanyak 89% atau 44,5%. Hasil yang didapatkan pada ini menunjukkan hasil bahwa Brand Reputation berpengaruh positif terhadap Emotional Brand Attachment, Emotional Brand Attachment berpengaruh positif terhadap Brand Advocacy dan Customer Engagement berpengaruh positif terhadap Brand Advocacy

References

Batra, R., Ahuvia, A., & Bagozzi, R. P. (2012). Brand love and brand citizenship behavior: Extending the nomological network of brand relationships. Journal of Brand Management, 20(1), 59-72.
Erdem, T., & Swait, J. (1998). Brand equity as a signaling phenomenon. Journal of Consumer Psychology, 7(2), 131-157.
Hanaysha, J. R. (2020). The impact of customer engagement on brand loyalty and purchase intention: Evidence from the hotel industry. Journal of Travel Research, 59(3), 539-554.
Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38-52.
Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, measuring, and managing customer-based brand equity. Journal of Marketing, 57(1), 1-22.
Kim, D. J., Lee, H., & Lee, Y. (2021). Examining the effects of brand reputation and consumer-brand identification on consumer engagement in online brand communities: A trust-transfer perspective. Journal of Interactive Marketing, 56, 94-110.
Liao, C., & Chen, J. L. (2017). Predicting online customer-brand engagement: Trust, perceived value, brand satisfaction, and brand identification. Internet Research, 27(3), 538-560.
Thomson, M., MacInnis, D. J., & Park, C. W. (2005). The ties that bind: Measuring the strength of consumers' emotional attachments to brands. Journal of Consumer Psychology, 15(1), 77-91.
Verhoef, P. C., Reinartz, W. J., & Krafft, M. (2014). Customer engagement as a new perspective in customer management. Journal of Service Research, 17(3), 247-252.
Yoo, B., Donthu, N., & Lee, S. (2000). An examination of selected marketing mix elements and brand equity. Journal of the Academy of Marketing Science, 28(2), 195-211.

Downloads

Published

2024-12-29