PERAN MEDIASI CINTA MEREK DALAM HUBUNGAN ANTARA KONSUMEN BERDASARKAN EKUITAS MEREK DAN LOYALITAS MEREK DI EKONOMI KREATIF FASHION BATIK: STUDI PADA KONSUMEN BATIK KERIS SURAKARTA

Authors

  • Diva Putri Maharani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anton Agus Setyawan Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13708

Keywords:

Cinta Merek, Ekuitas Merek, Loyalitas Merek, Mediasi, PLS.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran mediasi cinta merek dalam hubungan antara ekuitas merek dan loyalitas merek di kalangan konsumen Batik Keris Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Surakarta yang membeli produk Batik Keris. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan sebanyak 250 kuesioner didistribusikan untuk memastikan validitas data, yang kemudian menghasilkan 100 responden yang memenuhi kriteria. Data dianalisis menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) berbasis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ekuitas merek memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap cinta merek (t-hitung = 37,733), cinta merek mempengaruhi loyalitas merek (t-hitung = 7,617), dan ekuitas merek juga berpengaruh positif terhadap loyalitas merek (t-hitung = 7,193). Keterbatasan dalam penelitian ini termasuk fokus pada konsumen Batik Keris Surakarta serta penggunaan teknik purposive sampling yang membatasi variasi dalam sampel. Penelitian berikutnya disarankan untuk melibatkan variabel tambahan seperti pengalaman konsumen dan kepercayaan merek, serta memperluas cakupan geografi dan waktu penelitian.

References

Andriani, T., & Halimatussaddiah Marpaung. (2024). Peran Kecintaan Merek Sebagai Pemediasi Antara Pengalaman Merek dan Kepuasan Merek Terhadap Loyalitas Merek Qris. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(3), 725–734. https://doi.org/10.47065/jtear.v4i3.1203
Daniswara, A., & Rahardjo, S. T. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas. Diponegoro Journal of Management, 12(1), 1.
Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967
Fitrianto, E. M., Nailis, W., & Karim, S. (2021). Ketika cinta hadir: Pengaruh Brand Love terhadap EWOM dan Loyalitas Merek. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 19(2), 117–128. https://doi.org/10.29259/jmbs.v19i2.15963
Hassanah, M., Sentosa, E., & Marnis, M. (2022). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah Di Lingkungan Mahasiswi Universitas Persada Indonesia Y.A.I. Ikraith-Ekonomika, 6(2), 172–181. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i2.2349
Isman, I., Patalo, R. G., & Pratama, D. E. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing, Ekuitas Merek, Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ke Tempat Wisata. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 7(1), Inpress. https://doi.org/10.21107/jsmb.v7i1.7447
Lumba, M. G. (2019). Peran Brand Love Terhadap Brand Loyalty Dan Willingness To Pay Premium Price Pada Pembeli Iphone Di Surabaya. Agora, 7(1), 287271. https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8187/7380
Milinia, N. M. A. M., & Sri Suprapti, N. W. (2023). Peran Cinta Merek Memediasi Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 12(06), 1152. https://doi.org/10.24843/eeb.2023.v12.i06.p12
Muthohar, M. (2023). Pengaruh Brand Equity terhadap Niat Beli Konsumen: Studi pada Konsumen Samsung. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(05), 178–193.
Nurfitriana, R. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Brand Love Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Engagement Sebagai Mediasi (Studi Pada Konsumen Produk Wardah Kosmetik di Kota Malang).
Nurlaila, I. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah. EJournal Administrasi Bisnis, 9(2), 114–127.
Sitaniapessy, A., Aunalal, Z. I., & Sitaniapessy, H. A. P. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kecintaan dan Keterikatan Emosional pada Loyalitas Merek. Journal of Business Application, 1(2), 305–306.
Sofiani, S., & Colline, F. (2018). Keputusan Pembelian Produk Iphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 18(2), 89–108. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/IMB/article/view/1720
Wardianto, K. B., Damayanti, D., Destalia, M., & Supriyanto, S. (2020). Strategi Peningkatan Ekuitas Merek di Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.14710/jab.v9i1.26097
Wijayanti, N. P. L. (2021). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Minyak Kutus-Kutus Cabang Dangin Puri Denpasar Utara. 5(2), 226–232.

Downloads

Published

2024-12-18