PENGARUH DIGITAL MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH, DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana pemasaran digital, electronic word of mouth (e-WOM), dan gaya hidup memengaruhi keputusan pembelian. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 150 responden yang ditentukan melalui rumus Hair. Teknik pemilihan sampel menerapkan metode purposive sampling, sementara pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala Likert sebagai instrumen pengukuran. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS Statistics 27.0. Tahapan analisis mencakup pengujian instrumen penelitian, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis, serta analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa pemasaran digital, e-WOM, dan gaya hidup memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Agustina Rennie, Hinggo Tachta Hichmaed, & Zaki Hammam. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433–443.
Arda, M., & Andriany, D. (2019). Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 6681(2), 434–440. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.66
Firdiana, Arifin, R., & Muzdalifah, F. R. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk UMKM Di Malang Pada Situasi Covid 19 (Studi Kasus Konsumen UMKM Prabujaya Outfit Malang) Oleh. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(12), 13–14.
Hasim, M., & Lestari, R. B. (2022). Pengaruh Potongan Harga, Motivasi Belanja Hedonis, E-WOM Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Impulse Buying Di Tokopedia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 12(1), 59–69.
Huda, I. U. H., Karsudjono, A. J., & Darmawan, R. D. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Al-Kalam : Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen, 11(1), 69. https://doi.org/10.31602/al-kalam.v11i1.3453
Huzangi, A., & Astuti, P. B. (2020). Pengaruh Word of Mouth, Kelompok Acuan, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(6), 910–926. https://doi.org/10.32639/jimmba.v2i6.686
Inayati, T., Efendi, M. J., & Dewi, A. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyleterhadap Keputusan Pembelian pada MarketplaceShopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.55826/tmit.v1iIII.50
Izzah Nur Masyithoh, & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Kotler, & Amstrong. (2012). Principles of Marketing (14th ed.). Pearson Prentice Hall.
Kotler, & Keller. (2009). marketing management (13th ed). pearson prentice hall.
Kotler, & Keller. (2016). .Marketin Management (15th ed.). Prentice-Hall International.
Lestari, J. S., Farida, U., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerjaterhadap Prestasi Kerja Guru. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 38–55. https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388
Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524
Muninggar, D. A., & Rahmadini, A. (2022). Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) Terhadap Minat Beli pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Kota Bandar Lampung). Business and Enterpreneurship Journal (BEJ), 3(1), 30–39. https://doi.org/10.57084/bej.v3i1.773
Nurhalisah, M. R. B., Ramadhan, & Sugiarti, T. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan PembelianDi Shopee Melalui Lifestyle (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan Tahun 2020) Nurhalisah. Riset, Jurnal Prodi, Manajemen Fakultas, Manajemen Unisma, Bisnis, 13(01).
Purba, S. D., Tarigan, J. W., Sinaga, M., & Tarigan, V. (2021). Pelatihan Penggunaan Software SPSS Dalam Pengolahan Regressi Linear BergandaUntuk Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas SimalungunDi Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Karya Abdi, 5(2), 202–208.
Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). Pengaruh Flash Sale, Live Shopping, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Brand Skintific Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). Jurnal Economina, 2(10), 2740–2755. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897
Rusmanto. (2017). Pengantar Digital Marketing. Jakarta: STT -NF.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tarigan, P. S., Matakena, S., Sairdama, S. S., Roy, M., & Nugraha, A. R. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Social Media Marketing, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Tokopedia. Journal of Business and Economics Research (JBE), 4(3), 232–242. https://doi.org/10.47065/jbe.v4i3.4329
Viani, N. (2023). Volume 1 Nomor 4 Tahun 2023 BISMA Business and Management Journal Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop Indonesia. 1.
Wahyuningtyas, Y. E. & P. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Harga Dan Gaya Hidup (Lifestyle) Terhadap Keputusan Pembelian Kedai Hitz. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(6), 1–18.http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/download/4090/4102/
Copyright (c) 2024 Hanafi Ryo Oktavian, Imron Rosyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.