ANALISIS PENGARUH GREEN MARKETING MIX DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK TEH KOTAK DENGAN VARIABEL NIAT BELI SEBAGAI VARIABEL MEDIASI
Abstract
Kemasan plastik menjadi salah satu faktor kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh pola konsumsi berkelanjutan. Produk ramah lingkungan menjadi alternatif bagi perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu inovasi dalam mengubah kemasan plastik yaitu green product kemasan produk yang ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak green marketing mix dan product knowledge Penelitian ini mengkaji perilaku konsumen dalam membeli produk teh kotak dengan mempertimbangkan niat beli sebagai variabel yang berperan sebagai mediasi. Pendekatan yang digunakan bersifat kuantitatif, dan analisis data dilakukan melalui Smart PLS. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 131 responden yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa green marketing mix memberikan pengaruh yang positif serta signifikan terhadap perilaku pembelian, sedangkan product knowledge tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Selain itu, green marketing mix berpengaruh positif terhadap niat beli, namun product knowledge tidak memiliki dampak serupa. Niat beli diketahui memengaruhi perilaku pembelian secara positif, serta mampu menjadi mediasi dalam hubungan antara green marketing mix dan perilaku pembelian, tetapi tidak dapat memediasi hubungan antara product knowledge dan perilaku pembelian
References
Alamsyah, D. P., Othman, N. A., Bakri, M. H., Adjie, A. N., Salsabila, K., & Syarifuddin, D. (2020). Confirmatory factor analysis of green advertising and its impact on green awareness. Management Science Letters, 10(16), 3899–3906. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.7.021
Amsal, N. M., Risal, T. M., & Kushariyadi, et al. (2024). The Influence Of Electronic Word Of Mouth On Purchasing Decisions With Customer Reviews As A Moderating Variable. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(3), 2398–2406. https://doi.org/10.47467/reslaj.v6i3.6200
Ch, T. R., Awan, T. M., Malik, H. A., & Fatima, T. (2021). Unboxing the green box: an empirical assessment of buying behavior of green products. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 17(4), 690–710. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-12-2020-0169
Fitriani, I., Widyawati, W., & Syafrial, S. (2021). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Persepsi Kendali Perilaku terhadap Niat Perilaku Konsumsi Berkelanjutan Pembelian Makanan Berkemasan Ramah Lingkungan Foopak. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 5(4), 1115–1125. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2021.005.04.14
Gelderman, C. J., Schijns, J., Lambrechts, W., & Vijgen, S. (2021). Green marketing as an environmental practice: The impact on green satisfaction and green loyalty in a business-to-business context. Business Strategy and the Environment, 30(4), 2061–2076. https://doi.org/10.1002/bse.2732
Genoveva, G., & Levina, L. (2019). the Green Marketing Mix: a Review of Customers’ Body Shop Purchase Intention. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 400. https://doi.org/10.24912/jmieb.v3i2.7386
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan/ Green Product Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. 2(1), 37–44.
Irmawati, & Sandy. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility. Prosiding University Research …, 32–44. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2193%0Ahttp://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/2193/2155
Irsalina, N., & Susilowati, H. (2023). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.51903/dinamika.v3i1.268
Kamalanon, P., Chen, J. S., & Le, T. T. Y. (2022). “Why do We Buy Green Products?” An Extended Theory of the Planned Behavior Model for Green Product Purchase Behavior. Sustainability (Switzerland), 14(2), 1–28. https://doi.org/10.3390/su14020689
Kusumawati, E. (2019). Minat Beli Produk Ramah Lingkungan Sebagai Dampak dari Implementasi Green Advertising. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(1), 57. https://doi.org/10.31599/jki.v19i1.394
Meriana, S. I., & Irmawati. (2023). Pengaruh Digital Marketing Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Live Streaming Tik Tok. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 3, 1–18. https://eprints.ums.ac.id/113255/
Munthe, C. A., Daniel, M., Rusadi, M. S., Roidias, H., Zettira, Z., Nofirda, F. A., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2024). Analisis Pengaruh Product Knowledge terhadap Perilaku Konsumen. 8, 5099–5105.
Ngantung, D. (2020). Teh Kotak Go Green dengan Kemasan Bersertifikat FSC. TribunNews.Com. https://www.tribunnews.com/lifestyle/2013/06/25/teh-kotak-go-green-dengan-kemasan-bersertifikat-fsc
Nuraisya, W., & Nuzil, N. R. (2023). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen dan Dampaknya Terhadap keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2, 131–141.
Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.
Patjutri, L. M., & Irmawati, I. (2022). Pengaruh Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Minat Beli Produk The Body Shop di Surakarta dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi. 78. http://eprints.ums.ac.id/103016/
Pramesti, C. W., & Setyawan, A. A. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 17(1), 714–724.
Putri, N. W. A., Wahyuni, N. M., & Yasa, P. N. S. (2021). The Effect of Attitude in Mediating Environmental Knowledge towards the Purchase Intention of Green Cosmetic Product. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 8(2), 202–208. https://doi.org/10.22225/jj.8.2.2021.202-208
Sakinah, R. (2023). Pengaruh Pengetahuan Lingkungan Dan Atribut Produk Terhdap Keputusan Pembelian Ramah Lingkungan Sepeda Motor Listrik Dimediasi Oleh Minat Beli Ramah Lingkungan Wilayah Jakarta Utara. In Journal of Engineering Research.
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i1.4870
Simanjuntak, M., Nafila, N. L., Yuliati, L. N., Johan, I. R., Najib, M., & Sabri, M. F. (2023). Environmental Care Attitudes and Intention to Purchase Green Products: Impact of Environmental Knowledge, Word of Mouth, and Green Marketing. Sustainability (Switzerland), 15(6). https://doi.org/10.3390/su15065445
Sun, Y., & Wang, S. (2020). Understanding consumers’ intentions to purchase green products in the social media marketing context. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 32(4), 860–878. https://doi.org/10.1108/APJML-03-2019-0178
Suryawan, I. P. E., Wimba, I. G. A., & Dewi, I. A. S. (2022). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman pada Restoran Braga Permai Cabang Bali. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(4), 1084–1095.
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Wijekoon, R., & Sabri, M. F. (2021). Determinants that influence green product purchase intention and behavior: A literature review and guiding framework. Sustainability (Switzerland), 13(11), 1–40. https://doi.org/10.3390/su13116219
Wijiati, T., Saputra, M. H., & Prasaja, M. G. (2023). Pengaruh Green Product dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Minat Beli (Studi pada Konsumen Tupperware di Purworejo). Jurnal Volatilitas, 5(6), 477–491
Copyright (c) 2025 Evi Kurnia Sari, Irmawati Irmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.