PENGARUH PROMOSI, INOVASI PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BAKE AND BEYOND SENTUL CITY

Authors

  • Firman Juliansyah Universitas Nasional
  • Subur Karyatun Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13745

Keywords:

Promosi, Inovasi Produk, Persepsi Harga, Kepuasan Konsumen, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh promosi, inovasi produk, dan persepsi harga, terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di Bake and Beyond Sentul City. Sebanyak 120 sampel digunakan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan pengolahannya menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan promosi, inovasi produk dan persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi, inovasi produk dan persepsi harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, Keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi, inovasi produk dan persepsi harga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian.

References

Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 3(3), 123–128. https://e-resources.perpusnas.go.id:2119/id/publications/423320/pengaruh-promosi-penjualan-terhadap-kepuasan-pelanggan-melalui-keputusan-pembeli
Aprianto, R. (2016). Pengaruh Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Bnj Elektronik Kota Lubuklinggau. Pengaruh Promosi ……..( Ronal Aprianto), 02(01), 41–63.
Apriliani, N. L. P., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap kepuasan Pelanggan Pada Water Garden Hotel Candidasa Bali. Jurnal Emas, 3(3), 217–230.
Astono, Ari DwiSusilo, B. W. (2023). Pengaruh Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Pemoderasi. 8(2), 1–8.
Atnawati, I. A. D., & Widiastini, N. M. A. (2021). Pengaruh Harga dan Inovasi Produk serta Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Kain Endek di Pasar Semarapura. Bisma: Jurnal Manajemen, 7(1), 97. https://doi.org/10.23887/bjm.v7i1.29522
Cahyadi, I. G. N. (2020). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelia pada air minum dalam kemasan fotaqua di badung bali. Values, 1(4), 152–159.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.
Destramenka, S., & Soejarminto, Y. (2022). the Influence of Product Prices, , Product Innovation and Taste Image Quality on Consumer Satisfaction.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk HI Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 3736–3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280
fandy tjiptono. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Produk Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. 1(1), 514–523.
Gigih, M. M. P. (2015). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Merdeka. Jiab, 4(2), 1–12.
Halimah, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilatas Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Hotel Ubud Malang). 19(5), 1–23.
Hidayat, R., & Mardiyana. (2024). Pengaruh Promosi Dan Brand Awareness Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Tadbir Peradaban, 4(1), 129–145.
Ismunandar, I. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Illo Cake Pattiserie & Bistro Di Kota Bima. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 1(1), 92–98. https://doi.org/10.46306/vls.v1i1.7
Jannah, S. A., & Hayuningtias, K. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jesya, 7(1), 489–500. https://doi.org/10.36778/jesya.v7i1.1421
Kamila, N. C., & Khasanah, I. (2022). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ikan Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pt. Central Proteina Prima Cabang Tegal). Diponegoro Journal of Management, 11(6), 1–12.
Khoiriyah, H., Sayyid, U., Tulungagung, A. R., Alhada, M., & Habib, F. (2024). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada MD Café Nganjuk. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah, 2(2), 299–312. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i2.1099
Kotler, P., Keller, & Kevin, L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Pearson Pretice Hall, Inc.
Loqman Ananta Azaria, & Rusdi Hidayat Nugroho. (2024). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Abqkebab Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 4821–4832. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i5.1970
Luh, N., Apriliani, P., Putu, N., Anggraini, N., & Ribek, P. K. (2022). Jurnal EMAS. 3.
Magenta, D., & Sugiarto, J. (2015). Membangun Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management, 4(2), 1–12.
Mardjani, B. D., Lapian, S. L. H. V. J., & Mangantar, M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Transportasi Online (Studi Kasus Gojek Dan Maxim Di Kota Manado). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 942–952. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.46658
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1079.
Mikraj, A. L. (2024). Al mikraj. 4(2), 1139–1149.
Mustamu, E. J., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Srondol. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 689–696. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29650
Oktaviani, S., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Emabi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(3), 1–15.
Putra, A., Ekonomi Universitas Asahan, F., Jend Ahmad Yani Kisaran, J., Kunci, K., Harga, P., Pelayanan, K., & Café dan Kepuasan Konsumen, S. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Suasana Café Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Cafe Bumi di Batu Bara. Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES), 3(1), 84–93.
Putti, A. R. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Usaha Kreatif All Craftsupply Kota Jambi. Jurnal Dinamika Manajemen, 8(4), 141–152.
Retno, D. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Studio Fotografi Calista Yogyakarta. Jurnal Tata Kelola Seni, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.24821/jtks.v6i1.4115
Rosmaniar, A., Rahmawati, A., Riandi, R., Suci Martasari, S., & Ganesha, T. P. (2021). pengaruh harga, kualitas produk, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian pada Thrift store di Instagram. Digital Economic, Management and Accounting Knowledge Development (DEMAnD), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.46757/demand.v2i1.140
Suhianto, J. R., & Marchyta, N. K. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan, Kesesuaian Harga, dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Wajik Coffee Bojana. Agora, 10(2).
Teuku Umar, J., Baja, L., Batam-Indonesia, K., Lingkungan Kerja, P., Kerja Dan Disiplin Kerja, K., Diana Nabella, S., & Syahputra, R. (2021). Universitas Ibnu Sina (Uis). Jurnal JUMKA, 1(1), 30–38.
Umiyati. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 4(1), 6.
Wijaya, V. H. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Kirei Indonesia Bandung. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(5), 612–618.
Worek, S. E. G., & Sepang, J. L. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Melalui Keputusan Pembelian Pt. Pegadaian (Persero) Karombasan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2), 404–412.
Yulinar, Y., & Isyanto, P. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Pengaruh Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen pada Kopi Payy Desa Cintalaksana Kecamatan Tegal Waru Kabupaten Karawang. 2, 231–237.

Downloads

Published

2024-12-22