SISTEM INFORMASI FRONT OFFICE BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADEPOKAN VOLI SENTUL CITY)

Authors

  • Dio Suwarno Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Fitrah Satrya Fajar Kusumah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Safaruddin Hidayat Al-Ikhsan Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13746

Keywords:

Sistem Informasi, Hotel Wispavo, Metode Waterfall, Sistem Pelaporan Transaks

Abstract

Perkembangan teknologi informasi menjadi penting dalam industri perhotelan, termasuk Hotel Wispavo di Sentul City, Kabupaten Bogor, yang masih mengdanalkan sistem manual untuk pengelolaan data transaksi kamar tamu. Hal ini menyebabkan ketidaksesuaian data antara divisi Front Office dan Back Office serta memperlambat proses pengambilan data. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Sistem Informasi Front Office berbasis web menggunakan metode Waterfall untuk mengintegrasikan data antara Front Office dan Back Office, mempercepat pengambilan data transaksi, serta memudahkan pengelolaan data tamu dan transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem ini dapat mengatasi permasalahan ketidaksesuaian data dengan sinkronisasi data secara real-time, meningkatkan efisiensi proses pengambilan data transaksi mingguan, bulanan, dan tahunan, serta menghemat waktu dan tenaga kerja. Manfaatnya meliputi kemudahan dalam pendataan tamu dan transaksi, pengelolaan data oleh Back Office, serta menghasilkan laporan transaksi yang lebih akurat. Sistem ini dibangun khusus untuk pendataan transaksi tamu dan kamar yang diinput oleh Front Office, dengan data primer dari Hotel Wispavo Sentul City. Penelitian ini mencakup lima bab: Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Tata Kerja, Hasil dan Pembahasan, serta Kesimpulan dan Saran.

References

[1] Asmawi, Syafei, dan M. Yamin, “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 3, pp. 50–55, 2019.
[2] H. Indrayani, “Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi dan Produktivitas Perusahaan” J. El-Riyasah, vol. 3, no. 1, pp. 48–56, 2020.
[3] N. Noviastuti dan D. A. Cahyadi, “Peran Reservasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Tamu Di Hotel Novotel Lampung,” J. Nusant. (Jurnal Ilm. Pariwisata dan Perhotelan), vol. 3, no. 1, pp. 31–37, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/jurnalnusantara/article/view/32
[4] I. K. D. Setiawan dan P. I. Rahmawati, “Evaluasi Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Strategi Peningkatan Kualitas Layanan Di Envy Restaurant Hotel Holiday Inn Resort Baruna Bali,” J. Manaj. Perhotelan dan Pariwisata, vol. 3, no. 2, pp. 51–57, 2020, doi: 10.23887/jmpp.v3i2.29076.
[5] Wachidyah, “Front Office Department Dan Peranannya,” Wiwin Wachidyah, vol. 4, pp. 1–11, 2017, [Online]. Available: https://nscpolteksby.ac.id/ebook/files/Ebook/Journal/2017/JBT Front Office Department dan Peranannya dalam Layanan Tamu Hotel By Wiwin Wachidayah.pdf
[6] M. Badrul, “Penerapan Metode Waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 8, no. 2, pp. 57–52, 2021, doi: 10.30656/prosisko.v8i2.3852.
[7] B. Hartono, Cara Mudah dan Cepat Sistem Informasi. 2021.
[8] G. W. Reynolds, “Principles of Information Systems: A Managerial Approach,” Soc. Sci. Comput. Rev., vol. 10, no. 3, pp. 449–449, 1992, doi: 10.1177/089443939201000340.
[9] I. Sommerville, Requisitos de ingeniería de Software. 2011.
[10] G. Wiro Sasmito, “Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017, doi: 10.30591/jpit.v2i1.435.
[11] A. Knapp dan H. Störrle, “Unified modeling language 2.0,” Proc. - 2005 IEEE Symp. Vis. Lang. Human-Centric Comput., vol. 2005, no. December, p. 9, 2005, doi: 10.1109/VLHCC.2005.65.
[12] K. Nistrina dan L. Sahidah, “Unified Modelling Language (Uml) Untuk Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Smk Marga Insan Kamil,” J. Sist. Informasi, J-SIKA, vol. 4, no. 1, pp. 17–23, 2022.
[13] A. Anharudin dan H. A. Nasser, “Rancang Bangun Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Berbasis Web,” PROSISKO J. Pengemb. Ris. dan Obs. Sist. Komput., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.30656/prosisko.v7i1.2131.
[14] S. Kumar, “Front Office Basics,” Slideshare, 2013, [Online]. Available: http://www.slideshare.net/SunilKumar148/arrivaldeparture
[15] J. Caron dan J. R. Markusen, “Front Office” pp. 1–23, 2016.
[16] Ek. Siswanto, Php Uncover, vol. 7, no. 1. 2021. [Online]. Available: https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/207

Downloads

Published

2024-12-23