PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2019 - 2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility (CSR), dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2019-2022. Populasi yang diteliti mencakup seluruh perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI, dengan total 26 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 9 perusahaan sebagai sampel. Metode analisis data yang diterapkan adalah regresi linear berganda dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan corporate social responsibility memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan dividen tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan, semua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama periode tersebut. Hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa kombinasi dari profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility, dan kebijakan dividen dapat menjelaskan 68,5% variasi nilai perusahaan, sementara sisanya 31,5% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Deviesa, Devie. 2019. Akuntansi Manajemen – Strategis dan Praktis. Ed.1, Yogyakarta : CV. Andi Offset.
Dewi, Valentina Sinta & Ekadjaja, Agustin. 2020. Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanegara. Vol. 2, No.1, Januari 2020.
Hakim, Muhammad Fazrul. 2024. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapannya. Cetakan I. Yogyakarta : Anak Hebat Indonesia.
Harmono. 2015. Manajemen Keuangan : Berbasis Balenced Scorecard. Ed.1, Cetakan 4. Jakarta : Bumi Aksara.
Hidayat, Dhwan Fasya Nur. 2021. Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, good corporate governance, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Magelang. 28 Juli 2021.
Khofifah, Dinda Nur. 2022. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2017-2019). Jurnal Bisnis, Manajemen dan Ekonomi. 01 Januari 2022.
Murhadi, Werner. 2017. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Cetakan Kedua. Jakarta : Salemba Empat.
Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan. Edisi I. Yogyakarta : ANDI.
Narimawati, Umi & dkk. 2020. Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. Edisi.I. Yogyakarta : ANDI (Anggota IKAPI).
Nidar, Dr. Sulaeman Rahman. 2023. Manajemen Keuangan Perusahaan Modern. Edisi Kedua. Bandung : Reka Cipta.
Riyanto, Bambang. 2015. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Cetakan ke-14, Yogyakarta : Anggota IKAPI.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi Baru. Bandung : Alfabeta.
Suhatmi, Erna Chotidjah. 2024. Manajemen Keuangan. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.
Wardiyah, Mia Lasmi. 2017. Manajemen Pasar Uang & Pasar Modal. Cetakan ke-1, Bandung : CV Pustaka Setia.
Yanti, I Gusti Ayu Diah Novita & Darmayanti, Ni PutuAyu. 2019. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. E-Jurnal Manajemen. Vol.8 , No.4, 2019.
www.idx.co.id
Copyright (c) 2025 Eldora Tris Louis, Beatrice Joyce Rimba, Avira Avira, Ronald Hasudungan Rajagukguk, Septony Benyamin Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.