ANALISA FAKTOR PENGARUH GAYA HIDUP, EKUITAS MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE VIVO (STUDI KASUS PADA KALANGAN MAHASISWA UNPRI)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13783Keywords:
Universitas Sumatera Utara4 Gaya Hidup, Ekuitas Merek, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Merek VIVO belum cukup kuat untuk menarik perhatian konsumen, terutama bagi mereka yang mencari ponsel berkualitas dengan harga terjangkau. Di pasar ponsel low budget, merek seperti OPPO, Xiaomi, dan Samsung juga memiliki reputasi yang baik. Selain itu, banyak konsumen mengeluhkan kualitas produk VIVO, yang membuat mahasiswa ragu untuk memilih merek ini dan lebih memilih produk yang sudah mereka percayai. Populasi dalam penelitian ini mencakup semua mahasiswa pengguna produk VIVO, namun jumlahnya tidak dapat ditentukan secara tepat. Karena populasi yang tidak diketahui, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah rumus Lemeshow. Metode ini memungkinkan perhitungan jumlah sampel meskipun populasi tidak diketahui, dan menghasilkan sebanyak 96 sampel. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah accidental sampling, di mana responden dipilih secara acak untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Hidup memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian smartphone VIVO. Ekuitas Merek juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian smartphone VIVO. Selain itu, Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian smartphone VIVO. Secara keseluruhan, Gaya Hidup, Ekuitas Merek, dan Kualitas Produk secara signifikan mempengaruhi Keputusan Pembelian smartphone VIVO.
References
Febriani, N. S., dan Dewi, Wayan W. A. (2018). Teori Dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: UB Press.
Firmansyah, A. (2020). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Penerbit Deepublish Publisher Yogyakarta.
Hapsari, Raditha Dwi Vata, Kusuma Ranawati, dan Rila Anggraeni. (2020). Entrepreneurial Marketing. Penerbit UB Press, Malang.
Herlina, Vivi. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Penerbit PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantiatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayat Quaran Kuningan.
Magdalena. (2021). Tulisan Bersama Tentang Desain Pembelajaran SD. Sukabumi. Jejak Publisher.
Musi, S., dkk. (2020). Krisis Public Relation. Pasuruan: Qiara Media. Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Rangkuti, Anna Armeini. (2019). Statistika Inferensial Untuk Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sawlani, Dhiraj Kelly. (2021). Keputusan Pembelian Online: Kualitas Website, Keamanan dan Kepercayaan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Setiadi, Nugroho. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Sudaryono. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryani, N. I., & dkk. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek dan Gaya HidupTerhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone di KotaBogor. YUME : Journal of Management, 4(2), 254–272. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.787
Syawaludin, M. (2019). Sosiologi Perlawanan.Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Tjiptono, Fandy. dan Chandra, Gregorius. (2022). Service Quality & Customer Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Trisnawati, M. N., Sume, S. A., & Muniroh, L. (2020). PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Manager : Jurnal Ilmu Manajemen, 3(2). https://doi.org/10.32832/manager.v3i2.3849