PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABLON PLASTIK ABADI PRINTING POTRONAYAN DENGAN HARGA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Fajar Kurniawan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Edy Purwo Saputro Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13804

Keywords:

Kinerja karyawan, Insentif, Motivasi, Kemampuan kerja, Lingkungan kerja.

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh promosi, inovasi produk, dan harga terhadap keputusan pembelian sablon plastik di Abadi Printing Potronayan, dengan harga sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, di mana data diolah melalui uji statistik menggunakan SPSS Statistics versi 27. Sebagai sumber data utama, kuesioner disebarkan kepada 100 pelanggan Abadi Printing yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Untuk menjamin kualitas data, dilakukan uji validitas dan reliabilitas, diikuti oleh uji asumsi klasik seperti normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Analisis hubungan antarvariabel dilakukan dengan uji koefisien determinasi (R²), uji F, uji t, serta analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi, inovasi produk, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada jumlah responden yang terbatas serta cakupan variabel yang masih sempit. Rekomendasi untuk penelitian mendatang meliputi penambahan jumlah variabel dan responden serta fokus pada perusahaan yang lebih besar agar hasilnya lebih optimal.

References

Al Rasyid, H., & Tri Indah, A. (2015). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://doi.org/2550-1178
Al Rasyid, H., & Tri Indah, A. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kota Tangerang Selatan. Perspektif, 16(1), 39–49. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/perspektif/article/view/3031
Cahyaningtyas, T. P. D., Fauzi, A., Permana, J. R., & ... (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Ojek Online. Jurnal Pengabdian, 1(1), 93–100. https://www.greenpub.org/JPMPT/article/view/176%0Ahttps://www.greenpub.org/JPMPT/article/download/176/152
Hidayatullah, M. F., Wadud, M., & Roswaty, R. (2020). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza (Studi Kasus di Auto 2000 Veteran Palembang). Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(2), 19–31. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i2.126
Jiwuk, P. M. (2019). Pengaruh Promosi, Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jumputan Maharani Yogyakarta Paskalia. E B B a N K, 10(2), 65–72.
Karinda, M. V. A., Mananeke, L., & Roring, F. (2018). Pengaruh Strategi Pemasaran dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Indihome PT.Telkom Area Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1568–1577.
Kusniadji, S., & Tarumanagara, U. (n.d.). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods ( Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang ). 83–98.
Maharani, V. A., & Saputro, E. P. (2024). Pengaruh Influencer, Brand Image, dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1899–1914. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.6190
Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Technobiz, 4(2), 62–69.
Masnun, S., Makhdalena, M., & Syabrus, H. (2024). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 3736–3740. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i4.4280
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3), 379–392. https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. JBMA – Vol. IV, No. 2, September 2017 ISSN : 2252-5483, IV(2), 60–69.
Pawitri, N. E., & Sholeha, M. (2019). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Honda Mobilio (Survei Pada Pengguna Honda Mobilio di Karawang). Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 5(2), 34–40. https://doi.org/10.35906/jm001.v5i2.406
Permatasari, B., & Maryana, S. (2021). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). TECHNOBIZ: International Journal of Business, 4(2), 62. https://doi.org/10.33365/tb.v4i2.1335
Rachmi, M. P. P.-. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kampung Coklat Blitar. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7(1), 145–148. http://jab.polinema.ac.id/index.php/jab/article/view/278
Restiani Widjaja, Y., & Wildan. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.51977/sainsm.v5i1.1007
Romli, O., & Zahroh, H. R. (2021). Pemberian Pelatihan (Pembuatan Proposal, Varian Produk, Pengemasan Produk, Pemasaran Digital, Pembukuan Dan Pembuatan …. Batara Wisnu …, 1(2), 136–145.
Santoso, E. B., & Samboro, J. (2017). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas elanggan. Adbis: Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 1. https://doi.org/10.33795/j-adbis.v11i1.9
Tonda, F., Ali, H., & Khan, M. A. (2024). Pengaruh Promosi dan Online Customer Reviews Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli (Literature Review Manajemen Pemasaran). https://doi.org/10.38035/jmpd.v2i3
Widiyanto, G., Satrianto, H., & Wibowo, F. P. P. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Penambahan Pendapatan Ekonomi Masyarakat di Kota Tangerang (Studi Kasus Peran UKM Pembuatan Makanan Ringan dan Snack). ECo-Buss, 3(3), 120–130. https://doi.org/10.32877/eb.v3i3.208

Downloads

Published

2024-12-23