MINAT MASYARAKAT DALAM PEMBELIAN CASH WAQF LINKED DEPOSIT (CWLD): PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13819Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku dan religiusitas terhadap minat masyarakat dalam melakukan pembelian Cash Waqf Linked Deposit (CWLD). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan yaitu seluruh masyarakat muslim di Indonesia yang berusia minimal 17 tahun. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 164 responden. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner yang kemudian dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku dan religiusitas mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap minat untuk melakukan pembelian Cash Waqf Linked Deposit (CWLD). Secara simultan, variabel sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku dan religiusitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat untuk melakukan pembelian Cash Waqf Linked Deposit (CWLD). Nilai R-square diperoleh pengaruh variabel sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, dan religiusitas dapat mempengaruhi variabel minat dalam pembelian CWLD sebesar 67,5% sedangkan untuk sisanya sebesar 32,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.