PLATFORM INTEGRASI BELANJA PEMERINTAH MELALUI DIGIPAY: PEMBERDAYAAN UMKM DAN BANGGA PRODUK INDONESIA DALAM PERSPEKTIF NEO-WEBERIAN STATE
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13846Keywords:
Digipay, UMKM, Neo-Weberian StateAbstract
Penelitian ini menganalisis implementasi Digipay, platform digital pengadaan pemerintah, dalam konteks pemberdayaan UMKM dan penguatan gerakan Bangga Produk Indonesia melalui perspektif Neo-Weberian State (NWS). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur, mengumpulkan data dari berbagai sumber sekunder seperti artikel jurnal, laporan pemerintah, dan berita daring, yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Digipay memfasilitasi akses UMKM ke pasar pemerintah, meningkatkan penjualan, dan mendukung pengembangan usaha melalui digitalisasi, serta berperan penting dalam mempromosikan dan memfasilitasi pembelian produk dalam negeri oleh instansi pemerintah. Implementasi Digipay juga mencerminkan karakteristik utama NWS, yaitu orientasi pada hasil, akuntabilitas dan transparansi, fleksibilitas dan responsivitas, serta profesionalisme berorientasi nilai publik. Meskipun demikian, implementasi Digipay menghadapi tantangan terkait infrastruktur dan literasi digital, perbedaan mekanisme antar bank, dan keterbatasan SDM. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan infrastruktur dan literasi digital, harmonisasi mekanisme platform, penguatan kapasitas SDM UMKM, perluasan fitur dan layanan, integrasi sistem, sosialisasi masif, serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan untuk memaksimalkan potensi Digipay dalam mendukung pengadaan pemerintah yang efisien, pemberdayaan UMKM, dan pertumbuhan ekonomi nasional.
References
Bouckaert, G. (2023). The Neo-Weberian State: From Ideal Type Model to Reality? Max Weber Studies, 23(1), 13–59.
Felama, I. H. (2022, November 7). Tantangan Implementasi Digipay. Ekorantt.com. https://ekorantt.com/2022/11/07/tantangan-implementasi-digipay/
Galego, D., & Nieto-Morales, F. (2024). Navigating Public Administration Reforms and Democracy: Toward a Neo-Weberian State in Mexico. Journal of Policy Studies, 39(2), 37–49. https://doi.org/10.52372/jps39204
Gomide, A., & Lotta, G. (2024). Building Resilience, Agility, and Trust: The Neo-Weberian State as a Referential Model for Brazilian Public Administration. Journal of Policy Studies, 39(3), 45–55. https://doi.org/10.52372/jps39304
Hardiputra, A. J. (2022, March 7). DigiPay, Lebih dari Sekadar Platform Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. KPPN Surabaya II| Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara - DJPb Kemenkeu RI Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/surabaya2/id/data-publikasi/berita-terbaru/2913-digipay,-lebih-dari-sekadar-platform-pengadaan-barang-dan-jasa-pemerintah.html
Hidayati, N. (2022, November 30). Mengenal Digipay, Aplikasi Belanja Online untuk Pemberdayaan UMKM. https://opini.harianjogja.com/read/2022/11/30/543/1119127/mengenal-digipay-aplikasi-belanja-online-untuk-pemberdayaan-umkm
Ichsan, A. (2022, June 2). Transformasi Belanja Pemerintah Dalam Mendukung Cashless Society (Digipay-Market Place). https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/sulut/id/data-publikasi/artikel/3070-transformasi-belanja-pemerintah-dalam-mendukung-cashless-society-digipay-market-place.html
Im, T., & Cha, S. (2024). The Hierarchy-Oriented Bureaucracy of South Korea: A Type of Neo-Weberian State? Journal of Policy Studies, 39(2), 51–62. https://doi.org/10.52372/jps39205
Kemenkeu, K. (2024, September 1). Korupsi dalam Pengadaan Barang dan Jasa. https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/korupsi-dalam-pengadaan-barang-dan-jasa-tantangan-bagi-umkm-lokal-untuk-berpartisipasi-dalam-proyek-pemerintah-83b47d4b/detail/
KPPN, R. (2021, October 29). Digipay-Marketplace, Sebuah Solusi dan Tantangan. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/bangko/id/data-publikasi/artikel/2828-digipay-marketplace,-sebuah-solusi-dan-tantangan.html
Londa, I., Afrilian, A., Anugrah, R., LTKL, & Shearman. (2022). Peningkatan Peran UMKM dan Koperasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa Berkelanjutan Pemerintah Pusat dan Daerah. SEED.
Luwuk, K. (2022, July 28). Digital Payment, Marketplace Pemerintah Memberdayakan UMKM. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/luwuk/id/data-publikasi/berita-terbaru/2885-digital-payment,-marketplace-pemerintah-memberdayakan-umkm.html
Nadia, S. (n.d.). Digipay sebagai Solusi Toko Online antara Pemerintah dengan UMKM. Retrieved 20 December 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14527/digipay-sebagai-solusi-toko-online-antara-pemerintah-dengan-umkm.html.
Ongaro, E. (2024). Integrating the Neo-Weberian State and Public Value. International Review of Administrative Sciences, 90(4), 830–844. https://doi.org/10.1177/00208523241228830
Patulak, Y. (2024, Desember). Pemberdayaan UMKM dengan Senjata Bernama “Digipay”. Sulteng Raya. https://sultengraya.com/read/183470/pemberdayaan-umkm-dengan-senjata-bernama-digipay/
Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. (2024). In Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Pengadaan_Barang_dan_Jasa_Pemerintah&oldid=25170623
Rachmadi. (n.d.). Digipay, Salah Satu Upaya Kemenkeu Melakukan Digitalisasi Transaksi Belanja APBN Sekaligus Digitalisasi UMKM. Retrieved 21 December 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/16046/Digipay-Salah-Satu-Upaya-Kemenkeu-Melakukan-Digitalisasi-Transaksi-Belanja-APBN-Sekaligus-Digitalisasi-UMKM.html
Rahman, M. T., & Sofani, M. (n.d.). Implementasi DIGIPay Marketplace. ANTARA News Kalimantan Selatan. Retrieved 21 December 2024, from https://kalsel.antaranews.com/berita/349837/opini-implementasi-digipay-marketplace
Saptati, R. (2024, February 16). Digital Payment Optimalkan Pengelolaan Kas Negara dan Kembangkan UMKM. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuklinggau/id/data-publikasi/artikel/3619-digital-payment-optimalkan-pengelolaan-kas-negara-dan-kembangkan-umkm.html
Sulsel, R. K. Djp. (2022, August 4). Digipay dan KUR menjadi sinyal perubahan UMKM Go Digitalisasi. https://djpb.kemenkeu.go.id/kanwil/sulsel/id/data-publikasi/berita-terbaru/2878-digipay-dan-kur-menjadi-sinyal-perubahan-umkm-go-digitalisasi.html
Supriyanto, B. E. (2024, August 18). Peran Digipay Satu Dalam Mendukung Program Transformasi Digital Pemerintah. https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/watampone/id/data-publikasi/berita-terbaru/3697-peran-digipay-satu-dalam-mendukung-program-transformasi-digital-pemerintah.html
Syahbani, F., Ridho Fadilah, I., Nurohim, R., Harto, H., Sandrina Salsabila, G., Nurhaliza, S., Handayani, D. F., Hilyati, I., Linisa Hamzah, A. H., Khairunnisa, F. Z., & Salsabila Ardan, T. (2024). Pelatihan Digital Marketing Dan Pameran UMKM Sebagai Sarana Pengembangan Strategi Pemasaran: Studi Kasus Umkm Desa Tanjungsiang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(1), 259–266. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.1847
Tambunan, T. T. H. (2009). UMKM di Indonesia. Ghalia Indonesia.
Utami, E. S. (2022, December 23). Digipay Satu untuk Pembangunan Ekonomi yang Lebih Baik. DJPb | Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/portal/id/berita/lainnya/opini/4037-digipay-satu-untuk-pembangunan-ekonomi-yang-lebih-baik.html