ANALISIS DESAIN KEMASAN YOGURT DRINK CIMORY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT. CISARUA MOUNTAIN DAIRY (CIMORY)
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.13868Keywords:
Desain Kemasan, Yogurt Drink , Kepuasan PelangganAbstract
Kemasan memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, terutama di sektor makanan dan minuman. Penelitian ini berfokus pada analisis pengaruh desain kemasan Yogurt Drink Cimory terhadap kepuasan pelanggan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data dari jurnal ilmiah dan sumber daring yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen desain seperti warna, bentuk, dan informasi pada kemasan berkontribusi secara signifikan terhadap pengalaman konsumen. Warna yang menarik menciptakan kesan positif, desain kemasan yang ergonomis memberikan kenyamanan saat digunakan, dan informasi yang jelas serta relevan pada label meningkatkan pemahaman konsumen terhadap produk. Faktor-faktor ini secara keseluruhan mampu meningkatkan rasa puas pelanggan terhadap produk. Penelitian ini merekomendasikan PT. Cisarua Mountain Dairy (Cimory) untuk terus berinovasi dalam desain kemasan agar tetap sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Dengan demikian, kemasan tidak hanya berfungsi sebagai pelindung produk tetapi juga menjadi alat penting dalam membangun pengalaman pelanggan yang memuaskan dan mendukung loyalitas merek di tengah persaingan pasar yang ketat.
Kata Kunci : Desain Kemasan, Yogurt Drink , Kepuasan Pelanggan
References
Andaleeb, S. S., & Hasan, K. (Eds.). (2016). Strategic marketing management in Asia: case studies and lessons across industries. Emerald Group Publishing Limited.
Anisah, F. (2024). Pengaruh Cita Rasa, Packaging Design, Brand Association, dan Healthy Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Cimory Yogurt Squeeze pada Masyarakat Kebumen (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Damanik, K., Sinaga, M., Sihombing, S., Hidajat, M., & Prakoso, O. S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Publik dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(2), 76-85.
Ermawati, E. (2019). Pendampingan peranan dan fungsi kemasan produk dalam dunia pemasaran desa yosowilangun lor. Empowerment Society, 2(2), 15-22.
Everlin, S., & Yosephine, C. (2018). Analisis Desain Kemasan Yogurt Drink'cimory'. Titik Imaji, 1(2).
Jannah, S. A., & Hayuningtias, K. A. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 7(1), 489-500.
Latifasari, N., Kurniawati, A. D., Arini, R. W., & Naufalin, R. (2024). Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 939-948.
Mulyono, A., & Wahyudi, D. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kemasan Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Prosiding Diseminasi Hasil Penelitian.
Rasa, I. N. M. A. G., Astiti, M. P., Eryani, I. A. A. P., Yudiastari, I. N. M., & Semaryani, I. A. A. M. (2023). Pentingnya kemasan dalam pemasaran produk. Scopindo Media Pustaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Intan Kamil Dwi Permadi, Mutiara Shinta Kusmayadi, Silla Prasasti, Zidan Zidan, Sopyan Saori

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.