PENGARUH LABELISASI HALAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MIE LEMONILO DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI MEDIASI
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13884Keywords:
: Halal Label, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Mie LemoniloAbstract
Riset ini menguji pengaruh labelisasi halal dan kualitas Penelitian ini menganalisis pengaruh label halal dan kualitas produk Mie Lemonilo terhadap kepuasan konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan populasi mahasiswa berusia 20-26 tahun yang pernah membeli Mie Lemonilo. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tertutup dengan skala Likert 1-5 untuk mengukur variabel seperti label halal, kualitas produk, keputusan pembelian, dan kepuasan konsumen. Data dianalisis menggunakan SmartPLS 4.0 dengan metode Partial Least Square (PLS), yang mencakup analisis deskriptif, Structural Equation Modeling (SEM), serta pengujian validitas, reliabilitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa label halal dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan kepuasan konsumen, dengan keputusan pembelian bertindak sebagai mediator. Namun, penelitian ini terbatas pada jumlah responden dan variabel yang digunakan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memperluas jumlah sampel dan variabel untuk hasil yang lebih representatif.
References
Anggraini, D. S., Thaha, S., & Jambi, S. (n.d.). KEMASAN (Studi Kasus Mahasiswa FEBI Uin Sts Jambi) Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri.
Aprita, R., Maharani, N., & Alam, I. A. (n.d.). Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada, 1(4), 235–242.
Bisnis, M., Pekanbaru, B. K., & Bisnis, M. (2023). Jurnal Embistek, 2(3), 223–231.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan, 3(1), 211–224.
Edi Wibowo, D., & Diah Madusari, B. (2018). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Oleh Konsumen Muslim Terhadap Produk Makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3400
Febrianti, B., Kussudyarsana, K., Setyawan, A. A., Sholahuddin, M., & Maimun, M. H. (2023). The Role of Internship Program and Entrepreneurship Training to Hole Entrepreneur Capability and Startup Performance. Jurnal Manajemen Bisnis, 14(2), 323–341. https://doi.org/10.18196/mb.v14i2.19251
Fadlullah, A. K. (2021). The Effect of Halal Label, Halal Awareness, Food Ingredients, Advertising and Purchase Interest on the Decision to Buy “Samyang Noodles” (Study on University Students in Malang City). 24(2), 107–113.
Fitria, Z. R. (2014). Hubungan Citra Merek (Brand Image) Dengan Keputusan Membeli Kartu Simpati Pada Mahasiswa UIN Suska Riau. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(9), 11–23. http://repository.uin-suska.ac.id/6210/
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS, 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hendro, & Sihombing, S. O. (2011). Memprediksi Hubungan Loyalitas Merek, Rasa Keikutsertaan, Kecocokan Citra Diri Dan Konsumsi Terakhir Terhadap Kesejahteraan Konsumen: Studi Empiris Pada Kedai Kopi Starbucks. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 192. https://doi.org/10.30659/ekobis.12.2.192-207
Iffathurjannah, M. I. (2021). Influence of Food Safety, Price, and Taste on Purchase Decisions, 18(2), 235–246.
Ilhamalimy, R. R., & Mahaputra, M. R. (2021). Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran), 1(1), 85–97.
Indriana, A., Sholahuddin, M., Kuswati, R., & Soepatini. (2022). The Impact of e-WOM and Celebrity Endorser on Purchase Intention Mediated by Brand Image: A Study on Halal Cosmetic Products. Journal of Business and Management Studies, 4(4), 197–210. https://doi.org/10.32996/jbms.2022.4.4.29
Isa, M., Farid Wajdi, M., Mangifera, L., Mardalis, A., & Kamarulzaman, N. H. (2023). Value Chain and Stakeholders’ Analyses of Batik Tulis Industry in Indonesia. Journal of Evolutionary Studies in Business, 8(2), 138–167. https://doi.org/10.1344/jesb2023.8.2.38898
Isa, M., Mangifera, L., Praswati, A. N., Sina, H. K., Wahyudi, A., Suwondo, A., & Kurniawan, W. (2023). Model Penguatan Kelembagaan Usaha Mikro Dan Kecil Untuk Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 7(1), 108–123. https://doi.org/10.56945/jkpd.v7i1.221
Jan, A., Marimuthu, M., & bin Mohd @ Mat Isa, M. P. bin M. (2019). The nexus of sustainability practices and financial performance: From the perspective of Islamic banking. Journal of Cleaner Production, 228, 703–717. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2019.04.208
Komara, A. T., Roslina, N. Y., & Jatmika, L. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada salah satu perusahaan jasa transportasi di Kota Bandung), 1(2), 104–114.
Kumbara, V. B. (2021). Determinasi Nilai Pelanggan dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk, 2(5), 604–630.
Mahendri, W., Darsono, J. T., & Firdiansjah, A. (2016). The Influence of Religiosity and Halal Label Through Halal Awareness Purchase Decisions, 1739–1746.
Maharani, V. A., & Saputro, E. P. (2024). Pengaruh Influencer, Brand Image, dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1899–1914. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.6190
Mangifera, L., Perwithosuci, W., Aisyah, S., & Widawati, M. W. (2024). Does Financial Resource Development Effort Affect the Dynamic Entrepreneurial Capability and Performance of SMEs? Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 19(1), 92–103. https://doi.org/10.37301/jmubh.v19i1.24553
Mangifera, L., Wajdi, F., Amalia, F., & Uswatun Khasah, A. (2022). The Role of Digital Innovation in SMEs: A Financial Performance Perspective. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(2), 157–170. https://doi.org/10.37301/jmubh.v17i2.20184
Naufal Mubarak, & Sri Murtiasih. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone iPhone Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), 429–439. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i2.544
Nuryani, F. T., Nurkesuma, N., & Hadibrata, B. (2022). Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran), 3(4), 452–462.
Putri, W. N., Sholahuddin, M., Manajemen, P., Surakarta, U. M., Surakarta, M., Halal, L., & Beli, M. (2024). Pengaruh Labelitas Halal, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Skincare Wardah Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. SEIKO: Journal of Management & Business, 7(1), 140–154.
Rakhi, H. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik: Studi Kasus Kota Pontianak. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 10(1), 21–38. https://doi.org/10.32678/ijei.v10i1.119
Setyawan, A., Isa, M., Wajdi, F., Syamsudin, & Permono, S. (2015). An Assessment of SME Competitiveness in Indonesia. Journal of Competitiveness, 7, 60–74. https://doi.org/10.7441/joc.2015.02.04
Sholahuddin, M., Wiyadi, W., Abas, N. I., Rahmawati, S. D., & Rahmawati, R. Y. (2024). Strategi Digital Marketing untuk Peningkatan Usaha UMKM Binaan PCIM Malaysia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4147–4161.