PENGARUH KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI E-WALLET DANA PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13930Keywords:
Kemudahan Penggunaan, Fitur E-Wallet, Gaya Hidup, Keputusan Penggunaan, E-Wallet DANAAbstract
Studi ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh sebuah kemudahan penggunaan, fitur layanan, dan gaya hidup terhadap suatu keputusan dari penggunaan aplikasi e-wallet DANA oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research digunakan dalam menguji suatu hipotesis yang dirumuskan. Data primer akan dikumpulkan, dan berasal dari kuesioner yang disebarkan kepada 350 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, dan dianalisis menggunakan sebuah metode Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan kemudahan penggunaan, fitur layanan, dan gaya hidup ini memiliki sebuah pengaruh positif dan juga signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi. Kemudahan penggunaan memberikan kenyamanan dalam bertransaksi, fitur layanan meningkatkan kepuasan pengguna, sementara gaya hidup mendorong adopsi teknologi digital. Penelitian ini merekomendasikan pengembang aplikasi e-wallet DANA untuk meningkatkan kemudahan penggunaan, mengembangkan fitur yang relevan, serta menyesuaikan strategi pemasaran dengan gaya hidup pengguna guna mempertahankan loyalitas pelanggan.
References
Adha, W. (2020). Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Sistem Pembayaran Virtual Account Pada Pembayaran Premi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Aisyah. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, Risiko, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Milenial Di Wonogiri. Journal Of Economic Perspectives, 2(1), 1–4.
Albarq, A. (2023). The emergence of mobile payment acceptance in Saudi Arabia : the role of reimbursement condition. 3870. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2023-0052
Ariffin, S. K., Abd Rahman, M. F. R., Muhammad, A. M., & Zhang, Q. (2021). Understanding the consumer’s intention to use the e-wallet services. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(3), 446–461. https://doi.org/10.1108/SJME-07-2021-0138
Belanche, D., Flavián, M., & Pérez-Rueda, A. (2020). Mobile apps use and WOM in Belanche, D., Flavián, M., & Pérez-Rueda, A. (2020). Mobile apps use and WOM in the food delivery sector: The role of planned behavior, perceived security and customer lifestyle compatibility. Sustainability (Switzerland), 12(10. Sustainability, 12(10), 1–21.
Che Nawi, N., Husin, H. S., Said Al-Jahwari, N., Zainuddin, S. A., Khan, N. U., Hassan, A. A., Wan Ibrahim, W. S. A. A., Mohamed, A. F., Mohd Nasir, N. S., & Muhamad Hasan, M. Z. (2024). The path to sustainability begins with going paperless: Antecedents of intention to use electronic wallet using serial mediation approach. Heliyon, 10(2), e24127. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e24127
Damiati. (2017). Perilaku Konsumen (1st ed.). Rajawali Pers.
David, C. (2017). Lifestyles : Sebuah Pengantar Komprehensif.
Desita, W., & Dewi, Gst. A. K. R. S. (2022). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Promosi dan Fitur Layanan terhadap Minat Menggunakan Transaksi Non Cash pada Aplikasi Dompet Elektronik (E-Wallet). In Jurnal Akuntansi Profesi (Vol. 13, Issue 1, pp. 115–124).
Dini Wulansari, E. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Menggunakan Dana (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sarirejo Kaliwungu, Kendal).
Fandy Tjiptono, Ph. D., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik Domain, Determinan, Dinamika.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris.
Hanafi, A., & Kamela, I. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Dompet Digital (Gopay) Di Kota Padang. Jfek, 21(2), 2–4.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran (3rd ed.). Erlangga.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital.
Kotler, P., Kelller, L. K., & Chernev, A. (2022). Marketing Management. In Pearson.
Lubis, K. (2023). Pengaruh Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Keputusan Menggunakan Aplikasi E-Wallet Dana Pada Mahasiswa.
Madinga, N. W., Blanckensee, J., Longhurst, L., & Bundwini, N. (2023). The new normal: the adoption of food delivery apps. European Journal of Management Studies, 28(3), 175–192. https://doi.org/10.1108/ejms-03-2023-0021
Mita, M., Pranatasari, F. D., & Kristia, K. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548–557. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204
Nasir, M. (2018). Analysis of Consumer Decisions Based on Product Quality, Price, and Brand Equity in Buying Fresh Milk Shi Jack in Surakarta. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta, 246–262.
Nasir, M., & Pramudya, H. D. (2022). Implementation of Assael Model in Buying Decision on Fast Food Product in Surakarta City . Proceedings of the International Conference on Economics and Business Studies (ICOEBS 2022), 655(Icoebs), 224–229. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.220602.029
Novitasari, S., & Nasir, M. (2023). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Inovasi Sarana Prasarana dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Wisatawan Berwisata di Solo.
Pandasari Putri, N., & Drs. Moechammad Nasir, M. (2020). Pengaruh Online Customer Review , Kepercayaan Dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Di Soloraya. 1–7.
Putra, G. P., & Julianto, I. P. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Promosi dan Keamanan Transaksi terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital pada Generasi Z di Kabupaten Tabanan. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 10(01), 27–35. https://doi.org/10.23887/vjra.v10i01.56230
Putri Nugraha, J., Alfiah, D., Sinulingga, G., Rojiati, U., Saloom, G., Rosmawati, Fathihani, Johannes, R., Kristia, Batin, M., Jati Lestari, W., & Khatimah, HusnilFatima Beribe, M. (2021). Perilaku Perilaku Konsumen Teori.
Rahmad Surgawan, R., & Susila, I. (2024). Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 18(3), 918–936. https://doi.org/10.32534/jv.v18i3.5000
Ramadhan, R., & Nasir, M. (2023). Analysis of the Influence of Social Media Marketing and Price Discounts on Online Purchase Decisions with Brand Trust as an Intervening Variable in the Tik-Tokshop Application in Soloraya Analisis Pengaruh Sosial Media Marketing dan Diskon Harga Terhadap. Eka Prasetya Journal of Management Studies, 9(2), 170–182.
Sapitri, M., & Maulina, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Promosi terhadap Proses Keputusan Pembelian Menggunakan Dompet Digital Ovo di Janji Jiwa Citywalk. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 25–31.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Wakhida, U. I., & Sanaji, S. (2020). Peran Perceived Usefulness dan Perceived Risk sebagai Variabel Pemediasi pada Pengaruh Perceived Ease of Use dan e-WOM Negatif terhadap Niat Pembelian Para Pengguna Aplikasi Layanan Kesehatan Halodoc. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1158. https://doi.org/10.26740/jim.v8n4.p1158-1174