PENGARUH CITRA PRODUK DAN KUALITAS PRODUK SKINCARE SKINTIFIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Abstract
Penelitian ini menyelidiki dampak dari citra produk dan kualitas produk perawatan kulit Skintific terhadap keputusan pembelian, dengan menggunakan niat beli sebagai faktor mediasi. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis statistik. Orang-orang yang telah menggunakan produk perawatan kulit Skintific, baik pria maupun wanita, menjadi populasi penelitian ini. Sampel dipilih dengan menggunakan accidental sampling, berdasarkan kriteria tertentu, seperti pernah menggunakan produk Skintific, berusia di atas 17 tahun, dan berjenis kelamin laki-laki atau perempuan. Survei online digunakan untuk mengumpulkan data primer, dan didistribusikan melalui Google Formulir, sementara data sekunder diperoleh dari publikasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui Smart PLS 3.0, termasuk uji validitas, reliabilitas, dan multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra produk dan kualitas produk secara signifikan dan positif mempengaruhi niat beli, yang pada gilirannya berdampak pada keputusan pembelian produk perawatan kulit Skintific. Tabel analisis SEM menunjukkan hubungan yang signifikan antara variabel, di mana citra produk dan kualitas produk mempengaruhi niat beli, yang pada akhirnya mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, nilai R² dan hasil uji GoF menunjukkan bahwa model tersebut cukup menjelaskan variasi variabel, dengan validitas dan reliabilitas yang tinggi, dan hubungan yang signifikan antara variabel yang diuji.
References
Enterprise, J. (2018). SPSS Komplet untuk Mahasiswa. Elex Media Komputindo.
Hidayat, C. N., & Setiawati, C. I. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bhinneka. com. eProceedings of Management, 8(4).
Hutagaol, R. S. R., & Safrin, F. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal Of Social Research, 1(7), 761-772.
Indrasari, Y. (2020). Efesiensi Saluran Distribusi Pemasaran Kopi Rakyat Di Desa Gending Waluh Kecamatansempol (Ijen) Bondowoso. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 44-50.
Isa, M., Farid Wajdi, M., Mangifera, L., Mardalis, A., & Kamarulzaman, N. H. (2023). Value Chain and Stakeholders’ Analyses of Batik Tulis Industry in Indonesia. Journal of Evolutionary Studies in Business, 8(2), 138–167. https://doi.org/10.1344/jesb2023.8.2.38898
Isa, M., Mangifera, L., Praswati, A. N., Sina, H. K., Wahyudi, A., Suwondo, A., & Kurniawan, W. (2023). Model Penguatan Kelembagaan Usaha Mikro Dan Kecil Untuk Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 7(1), 108–123.https://doi.org/10.56945/jkpd.v7i1.221
Julianto, E. T. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli Sebagai Mediasi. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(4), 16-29.
Mamluati, Y. R., Sutrisno, S., & Kurniawan, B. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai variabel Intervening. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 2(1), 23-30.
Mangifera, L., Perwithosuci, W., Aisyah, S., & Widawati, M. W. (2024). Does Financial Resource Development Effort Affect the Dynamic Entrepreneurial Capability and Performance of SMEs? Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 19(1), 92–103. https://doi.org/10.37301/jmubh.v19i1.24553
Mangifera, L., Wajdi, F., Amalia, F., & Uswatun Khasah, A. (2022). The Role of Digital Innovation in SMEs: A Financial Performance Perspective. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(2), 157–170. https://doi.org/10.37301/jmubh.v17i2.20184
Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3(1), 61–76.
Owa, M. M., Bunga, M., Salean, D. Y., & Christien, C. (2013). PENGARUH BRAND IMAGE DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI PRODUK MS . GLOW ( STUDI PADA KONSUMEN PRODUK MS . GLOW KUPANG ) The Effect of Brand Image and Celebrity Endorser on Buying Interest. 307–317.
Pantow, K. E., Mandey, S. L., & Tielung, M. V. (2023). Pengaruh Citra Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Nasabah Logam Mulia Pada Pt. Pegadaian Upc Tingkulu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(1), 798-808.
Putra, R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Karyawan Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Pt. Sawah Solok. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 989-1001.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20164
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke). Bandung: CV Alfabeta.
Taylor, J. M., Macpherson, T. W., Spears, I. R., & Weston, M. (2016). Repeated sprints: An independent not dependent variable. International journal of sports physiology and performance, 11(5), 693–696
Copyright (c) 2025 Itsna Fauzia Nurul Rahmawati, Nur Achmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.