PENGARUH HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIKET BUS ROSALIA INDAH DENGAN SKALA KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIATOR
Abstract
Tujuan dilakukan riset ini yaitu menganalisis efek dari kualitas layanan dan price kepada keputusan pembelian tiket Bus Rosalia Indah, dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator. Riset memakai pendekatan kuantitatif dengan data utama yang diperoleh melalui kuesioner kepada 100 pelanggan PT Rosalia Indah Transport Palur, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Variabel riset mencakup harga dan kualitas layanan sebagai variabel independen, keputusan pembelian sebagai variabel dependen, dan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediator. Data dianalisis menggunakan SPSS Statistics 27 melalui uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik, serta regresi linear berganda. Riset menunjukkan bahwa harga dan mutu layanan secara signifikan memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Namun, hanya kualitas layanan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara kepuasan pelanggan tidak menunjukkan pengaruh signifikan sebagai mediator. Riset ini merekomendasikan manajemen Bus Rosalia Indah untuk terus meningkatkan kualitas layanan guna memperkuat citra perusahaan dan kepuasan pelanggan.
References
Aulinawan, A., kresna Setiadi, I., & Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, U. (2020). Pengaruh Gaya Hdup, Word of Mouth, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pegipegi. PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 1522–1534.
Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66.
Ekasari, R., & Putri, T. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 3(2), 266. https://doi.org/10.51804/iej.v3i2.937
Hendriyanto, I. S., & Saputro, E. P. (2023). Pengaruh Persepsi Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor di Teguh Jaya Motor Purwodadi. Value, 4(1), 148–166. https://doi.org/10.36490/value.v4i1.738
Isa, M., Farid Wajdi, M., Mangifera, L., Mardalis, A., & Kamarulzaman, N. H. (2023). Value Chain and Stakeholders’ Analyses of Batik Tulis Industry in Indonesia. Journal of Evolutionary Studies in Business, 8(2), 138–167. https://doi.org/10.1344/jesb2023.8.2.38898
Isa, M., Mangifera, L., Praswati, A. N., Sina, H. K., Wahyudi, A., Suwondo, A., & Kurniawan, W. (2023). Model Penguatan Kelembagaan Usaha Mikro Dan Kecil Untuk Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 7(1), 108–123. https://doi.org/10.56945/jkpd.v7i1.221
Laura, N., & Khotimah, K. (2022). Pengaruh Harga dan Layanan. Seiko, 5(c), 140–149. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1873
Maharani, & Saputro, Edy Purwo. (2024). Pengaruh Influencer, Brand Image, dan Product Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Skintific. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1899–1914. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i3.6190
Mangifera, L., Perwithosuci, W., Aisyah, S., & Widawati, M. W. (2024). Does Financial Resource Development Effort Affect the Dynamic Entrepreneurial Capability and Performance of SMEs? Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 19(1), 92–103. https://doi.org/10.37301/jmubh.v19i1.24553
Mangifera, L., Wajdi, F., Amalia, F., & Uswatun Khasah, A. (2022). The Role of Digital Innovation in SMEs: A Financial Performance Perspective. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(2), 157–170. https://doi.org/10.37301/jmubh.v17i2.20184
Muhtarom, A., Syairozi, I., & Wardani, N. D. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada Umkm Ayam Potong Online Elmonsu. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 743–755. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.628
Nur Indahsari, L., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah, 1, 51–60. https://doi.org/10.58561/margin.v1i1.18
PERMANA, A. E. (2022). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BUS ROSALIA INDAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN KARANGANYAR SKRIPSI.
Wijayani, Mitariani, I. (2020). Pengaruh Harga, Layanan Online, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Udara Pada Ticketing Service Center (TSC) PT. Korean Air …. Values, 96–105. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/view/1278%0Ahttps://e-journal.unmas.ac.id/index.php/value/article/download/1278/1097
Winda Sofiana Sundari, Bambang Riono, S., & Dwi Harini. (2022). Analisis Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Alfamart Songgom. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(2), 180–187. https://doi.org/10.55606/jimak.v1i2.494
Yufa, I. H. N., & Lestari, W. D. (2023). Kualitas Pelayanan, Pengaruh Potongan Harga Dan Kualitias Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 8(2), 614–626.
Copyright (c) 2025 Reza Muhammad Razan, Edy Purwo Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.