PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT TERHADAP NIAT BELI PRODUK YANG DI ENDORS

ID

  • Nur Raafi Setiawan Universitas Hayam Wuruk Surabaya
  • Soni Harsono Universitas Hayam Wuruk Surabaya
Keywords: Daya Tarik, Penampilan Fisik, Identifikasi Selebriti dan Niat Beli

Abstract

Fenomena selebrity endorser yang merupakan pendukung dari suatu produk sangat berperan sebagai penyampai pesan untuk memperkuat citra suatu merek. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh selebrity endorser yang meliputi daya tarik, penampilan fisik, identifikasi selebriti dalam mempengaruhi niat beli konsumen pada produk smartphone. Sampel penelitian ini adalah pria dan wanita minimal berusia 17 tahun. Metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan diperoleh sebanyak 120 responden yang tertarik membeli produk smartphone setelah melihat Baim Wong sebagai selebrity endoser mempromosikan melalui Instagram, Tiktok dan Youtube. Pengambilan data menggunakan kuesioner google form dan disebarkan melalui WhatsApp dan media social lainnya. Instrumen penelitian telah dilakukan uji validitas serta reliabilitas dan dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan SEM PLS dengan WarpPLS. Hasil penelitian ini menunjukan daya tarik dan penampilan fisik berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli, daya tarik dan penampilan fisik berpengaruh positif signifikan terhadap identifikasi selebriti, daya tarik dan penampilan fisik berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli yang di mediasi oleh identifikasi selebriti. Penting bagi sebuah merek dalam mengidentifikasi endoser yang kredibel dalam mempromosikan produk.

References

Aprianingsih, A., Setiawan, M., Affandy, F., Immanuel, B., & Fachira, I. (2020). Factors Affecting Celebrity Endorsement on Purchase Intention Through Instagram Fashion Online Shop: An Indonesian Perspective. International Journal of Marketing, Communication and New Media, 8(15), 65–79.
Aprilianti, L., & Riorini, S. V. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement, Social Media Marketing Dan Brand Image Terhadap Purchase Intention Online Pada Pengguna Marketplace Shopee. Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, 2(3), 319–329. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat
Chan, K., Leung ng, yu, & Luk, E. K. (2013). Impact of celebrity endorsement in advertising on brand image among Chinese adolescents. Young Consumers, 14(2), 167–179. https://doi.org/10.1108/17473611311325564
Charis, J. C., Rotty, G. V., Wiraputra, A. L., & Parani, R. (2023). Kekuatan Pemasaran Digital: Analisis Dampak Iklan, Celebrity Endorsement, Dan Influencer Marketing Terhadap Niat Beli Konsumen. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 3(3), 709–714. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v3i3.1217
Dikčius, V., & Ilciukiene, S. (2021). National or global? Moderated mediation impact of sports celebrity credibility on consumer’s purchase intention. Organizations and Markets in Emerging Economies, 12(1), 160–177. https://doi.org/10.15388/OMEE.2021.12.52
Evan, A., Adibratha Gunawan, A., Anita Pardede, C., Hendra Wibowo, F., & Noviyandi, R. (2021). How Celebrity Endorsement Influences Consumer’s Purchase Intention of Fashion Products on Instagram. Indonesian Business Review, 4(1), 44–56. https://doi.org/10.21632/ibr.4.1.44-56
Hemantha.Y. (2020). Celebrity Endorsment of Luxury Brands in Purchasing Pattern Among Generation Z Customers. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Jamil, R. A., & Hassan, S. R. ul. (2014). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase intention for existing products: a comparative study. Journal of Management Info, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.31580/jmi.v4i1.18
Osei-Frimpong, K., Donkor, G., & Owusu-Frimpong, N. (2019). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective. Journal of Marketing Theory and Practice, 27(1), 103–121. https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1534070
Prameswara, D. H., & Sjabadhyni, B. (2018). The Effect of Negative Celebrity Publicity and Celebrity Identification Towards Purchase Intention. 139(Uipsur 2017), 59–66. https://doi.org/10.2991/uipsur-17.2018.10
R.Ratika, Z., & Nofha, R. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop Mayoutfit Di Kota Bandung. Jurnal Lontar, 6(1), 43–57. https://doi.org/10.7868/s0869565218050249
Shezi, N. (2022). Investigating the Role of Credibility of Sports Celebrity Endorsers Influencing Sports Celebrity Identification and Purchase Intention of Endorsed Brands. Market-Trziste, 34(1), 41–57. https://doi.org/10.22598/mt/2022.34.1.41
Tito, F. A., & Fatoni, M. (2023). Minat Beli Pakaian Olahraga Ditinjau Dari Celebrity Endorsement Instagram. Jambura Health and Sport Journal, 5(1), 19–27. https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i1.16848
Tran, G. A. (2013). The role of celebrity endorsers. Society for Marketing Advances Proceedings, 25, 156–159.
Wang, S., & Scheinbaum, A. C. (2017). Trustworthiness Trumps Attractiveness and Expertise: Enhancing Brand Credibility via Celebrity Endorsement. Trustworthiness Trumps Attractiveness and Expertise: Enhancing Brand Credibility via Celebrity Endorsement, April, 5–24.
Published
2025-01-03
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times