PENGARUH PENAMPILAN FISIK, KESESUAIAN SELEBRITI, DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN PRODUK SEPATU OLAHRAGA

ID

  • Fikri Haikal Universitas Hayam Wuruk Surabaya
  • Soni Harsono Universitas Hayam Wuruk Surabaya
Keywords: Penampilan Fisik, Kesesuaian Selebriti, Citra Merek, Niat Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penampilan fisik, kesesuaian selebriti, dan citra merek terhadap niat pembelian produk sepatu olahraga merek Kanky yang diendorse oleh Dr. Tirta. Penelitian ini melibatkan 120 responden berusia 17 tahun dengan Teknik purposive sampling. Dilakukan uji validitas dan reliabilitas sampel kecil. Data dianalisis dengan regresi berganda dengan menggunakan SPSS versi 27 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penampilan fisik, kesesuaian selebriti, dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor tersebut penting dalam membangun minat konsumen untuk membeli produk yang diendorse oleh selebriti, khususnya di kalangan remaja.

References

Aryani, Y. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. Jurnal Riset Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi (JURSISTEKNI), 2(2), 39–51. https://doi.org/10.52005/jursistekni.v2i2.47
Choi, S. M., & Rifon, j N. (2012). It Is a Match: The Impact of Congruence between Celebrity Image and Consumer Ideal Self on Endorsement Effectiveness. Psychology & Marketing, 30(6), 461–469. https://doi.org/10.1002/mar
Ellitan, L., Harvina, L. G. D., & Lukito, R. S. H. (2022). The Effect of Social Media Marketing on Brand Image, Brand Trust, and Purchase Intention of Somethinc Skincare Products in Surabaya. Journal of Entrepreneurship & Business, 3(2), 104–114. https://doi.org/10.24123/jeb.v3i2.4801
Gunawan, D., Yasser, M., & Daulay, I. (2024). Celebrity Entrepreneurship : Understanding Effect of Self Congruence, Credibility, Social Media Interaction And Brand Atachment in Celebrity PRoduct Purchase Intention. 1–14.
Jamil, R. A., & Hassan, S. R. ul. (2014). Influence of celebrity endorsement on consumer purchase intention for existing products: a comparative study. Journal of Management Info, 1(4), 1–8. https://doi.org/10.31580/jmi.v4i1.18
Mao, Y., Lai, Y., Luo, Y., Liu, S., Du, Y., Zhou, J., Ma, J., Bonaiuto, F., & Bonaiuto, M. (2020). Apple or Huawei: Understanding flow, brand image, brand identity, brand personality and purchase intention of smartphone. Sustainability (Switzerland), 12(8), 1–22. https://doi.org/10.3390/SU12083391
Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.
Shezi, N. (2022). Investigating the Role of Credibility of Sports Celebrity Endorsers Influencing Sports Celebrity Identification and Purchase Intention of Endorsed Brands. Market-Trziste, 34(1), 41–57. https://doi.org/10.22598/mt/2022.34.1.41
Tryaji, H. F. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Raisa Andriana Terhadap Purchase Intention Layanan Elevenia. 1–23.
Wijaya, D. (2013). promosi, citra merek, saluran distribusi, keputusan pembelian. 1(4), 105–114.
Published
2025-01-04
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times