PENGARUH VARIAN MENU, PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STUDI KASUS PADA SOTO SEGER SEMARANG KOTA LAMA

Authors

  • Yunita Anggreini Universitas AKI
  • Yani Prihati Universitas AKI

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.13967

Keywords:

Varian Menu, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian, Soto Seger Semarang Kota Lama.

Abstract

Soto Seger Semarang Kota Lama merupakan rumah makan yang menyediakan aneka soto. Lokasi usaha Soto Seger sangat strategis, yang dimana usaha ini berada di daerah wisata Kota Lama Semarang. Soto Seger Kota Lama Semarang menyediakan beragam menu, persepsi harga yang terjangkau dan pelayanan yang baik guna untuk menarik minat konsumen dan meningkatkan omzet yang ada. Seorang pengusaha haruslah memperhatikan mengenai keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menjelaskan, menganalisis dan mengukur mengenai pengaruh varian menu, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Soto Seger Semarang Kota Lama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik sampling  yang digunakan yaitu random sampling dengan jumlah responden 100 orang. Cara pengumpulan data ini menggunakan pembagian kuesioner dengan pengukuran skala likert 1-5, dengan skor terendah yaitu 1 dan tertinggi yaitu 5. Alat analisis yang digunakan adalah Uji validitas, Uji reabilitas, Uji asumsi klasik, Regresi linear berganda, Uji t (satu sisi), uji f (simultan), dan Uji determinasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel varian menu, persepsi harga, kualitas pelayanan dan keputusan pembelian.

References

Ahmad Fuadi, Raju, Chuzaimah. (2023). Pengaruh Variasi Menu, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Di Tom Sushi Pada Mahasiswa FEBI UINSU. 7(2), 586–600.
Dian, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Warung Bakso Pak War. 16(2), 61–79.
Firmansyah, K. R., Azulfa, N., Rian, S., Hasan, A., Masruroh, S. A., Agribisnis, P. S., & Pertanian, F. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Mie Gacoan di Jombang. 1, 33–43.
indah, erfan & ninin. (2024). Pengaruh Variasi Produk Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Seblak Tekwan Kuah Merah Pada Kedai Seblak Prabumulih. 17(1), 5–12.
Izzuddin, A., & Jember, U. M. (2019). Pengaruh cita rasa, keragaman menu, harga terhadap keputusan pembelian pada mie ayam solo talangsari jember. Pengaruh Cita Rasa, Keragaman Menu, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Ayam Solo Talangsari Jember, 9.
Kurniawan, F. Z. (2013). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Soto Angkringan “Mas Boed” Spesial Ayam Kampung Semarang. Skripsi, 347, f6304–f6304. http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/13929.pdf
Pagor, T., Bagus, I., Astina, K., & Sulistyawati, A. S. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan , produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada restoran mie kober setan pulau kawe di denpasar. 6(1), 127–145.
Renwarin, J. M., Bisnis, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis Jalan Pulomas Selatan Kav, I. (2022). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Variasi Menu Terhadap Keputusan Pembelian di Pempek G Putra. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi Dan Bisnis Kalbis , 8(3), 3185–3205.
Rezki Sanubari, Andi Ummul, ircham. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. 19, 58–67.
Salsabila í, A., Maskur, A., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 156–167. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1902
Wulandari, E. E. P. (2021). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eleven Cafe Di Kota Bengkulu. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.36085/jems.v2i1.1379
Wuntu, C. R. A. (2019). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan Warung Sidik Kota Batu). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Yuliana, S., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga , Kualitas Layanan dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (studi pada pelanggan Sinestesa Coffeeshop pati). Journal Of Managemnt & Business, 5(c), 559–573. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1772

Downloads

Published

2024-12-31