ANALISIS CELEBRITY ENDORSER, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BODYCARE SCARLETT DI JABODETABEK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorser, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan pembelian produk Bodycare Scarlett di Jabodetabek. Metode penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah: Uji Validitas, Reliablitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Heteroskedasitas, Analisis regresi linear berganda, Uji F, Uji T, dan Uji Koefisien Determinasi (R²). Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 100 responden. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini non probablity sampling yang ditentukan dengan cara metode Purposive Sampling. Alat bantu pengujian yang digunakan adalah SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Celebrity Endorser tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Sedangkan variabel Harga dan Citra Merek berpengaruh terhadap Kepututusan Pembelian. Namun secara simultan, semua variabel berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian.
References
Brilliany, E., & Nomleni, A. P. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Scarlett: The Effect Of Celebrity Endorser, Brand Image And Brand Trust On Consumer Purchase Interest Of Scarlett Products. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 72-77.
Buccieri, D., & Park, J. (2022). Entrepreneurial marketing and reconfiguration towards post-entry performance: Moderating effects of market dynamism and entry mode. Journal of Business Research, 148, 89-100.
Heni, K. (2024). Pengaruh Kesadaran Merk Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Alat Gunung Merk Eiger Dalam Perspektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi pada Konsumen Alat Gunung Merk Eiger Di Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh harga, promosi dan produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada restoran cepat saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 290-298.
Jayanti, S. E., & Siahaan, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Pixy Mahasiswi STIE Bina Karya. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 37-42.
Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15-24.
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716-727.
Mulyana, H., Hurriyati, R., Kurniawan, A., & Widjajanta, B. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Mediasi Brand Image dan Moderasi Negative Publicity. Image: Jurnal Riset Manajemen, 11(2), 69-82.
Permatasari, E., Luthfiana, H., Pratama, N. A., & Ali, H. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal ilmu manajemen terapan, 3(5), 469-478.
Prasojo, E. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Melalui Brand Image. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen.
Putra, I. A. L., Hasanah, K., & Setiawan, H. (2023, September). Pengaruh Digital Marketing, Celebrity Endorsement, Brand Image, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Garnier Men Fachial Wash Pada Marketplace Shopee Di Kota Madiun. In SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (Vol. 5).
Sari, T. P., & Ambardi, A. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare the Originote. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 4(2), 85-92.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature review keputusan pembelian dan minat beli konsumen pada smartphone: harga dan promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.
Wardani, D. S. D., & Maskur, A. (2022). Pengaruh celebrity endorser, citra merek dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening (studi kasus pengguna Scarlett Whitening).
Copyright (c) 2025 Gatot Subiyakto, Nur Azizah Maharani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.