PENGARUH SOSIAL MEDIA ENGAGEMENT, PERSEPSI KUALITAS PRODUK, DAN PERSEPSI KEMUDAHAN APLIKASI TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION TIK TOK SHOP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterlibatan media sosial (Social Media Engagement), persepsi kualitas produk, dan persepsi kemudahan aplikasi terhadap minat beli produk fashion di TikTok Shop. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 220 responden yang dipilih secara purposive sampling, terdiri dari pengguna TikTok Shop yang pernah melakukan pembelian produk fashion. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan media sosial dan persepsi kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, sementara persepsi kemudahan aplikasi tidak berpengaruh signifikan. Temuan ini menyoroti pentingnya peran media sosial dan kualitas produk dalam meningkatkan minat beli konsumen di platform TikTok Shop.
References
Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana Di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 1006–1012.
Aeni, F., Hidayat, H. M., & Fitriany. (2022). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. Jurnal The Manusagre, 2(1), 216–230. https://e-jurnal.nobel.ac.id/index.php/tmj/article/view/3533/1746
Aprianti, I., & Krismawati, J. P. (2020). Pengaruh Citra Merk dan Persepsi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mayoutfit Bandung melalui Instagram. JEMPER (Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan), 2(1), 50. https://doi.org/10.32897/jemper.v2i1.265
Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1–14. https://doi.org/10.37366/ekomabis.v1i01.2
Dash, G., Kiefer, K., & Paul, J. (2021). Marketing-to-Millennials: Marketing 4.0, customer satisfaction and purchase intention. Journal of Business Research, 122(February 2020), 608–620. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.10.016
Dessart, L. (2017). Social media engagement: a model of antecedents and relational outcomes. Journal of Marketing Management, 33(5–6), 375–399. https://doi.org/10.1080/0267257X.2017.1302975
Fajar Anggrayuda, kussudyarsana. (2023). Pengaruh Brand Image, Persepsi Kemudahan, Persepsi KualitasDan Kepercayaan Terhadap Penggunaan Online Shopping. Jurnal Mirai Management, 8(3), 346–367.
Fanani, O. N. (2021). Pengaruh Social Media Engangement Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengunjung Obyek Wisata Baru di Karanganyar). Eprints Ums.
Fitriayu Mandasari, N., Hasanuddin, R., & Ashdaq, M. (2023). Dampak Citra Terhadap Loyalitas Perguruan Tinggi: Peran Social Media Engagement Mahasiswa & Alumni. Jurnal Ekobistek, 12(3), 700–705. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v12i3.535
Habibullah, A. (2021). ANALISA PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK POCARI SWEAT DI KOTA SURABAYA Sugiyono Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(3).
Hana, K. F. (2019). Minat Beli Online Generasi Milenial: Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(2), 203. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i2.6094
Hasdani; Nasir, M. B. (2021). Persepsi Kemudahan Penggunaan Aplikasi Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Users Di Kabupaten Bungo. Jurnal Manajemen Sains, 1(3), 187–196.
Khan, S., Rehman, S., & Kashif, U. (2024). “We do it but they don’t” unveiling the impact of differentiation-oriented content on purchase intentions through mediation of SM engagement and moderation of social media skills. South Asian Journal of Marketing, 5(1), 47–60. https://doi.org/10.1108/sajm-09-2022-0064
Martini, L. K. B., & Dewi, L. K. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Tik Tok Terhadap Prilaku Konsumtif. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 5(1), 3.
Nurmalia, V. D., & Wija, L. E. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Secara Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 13(1), 69. https://doi.org/10.21460/jrmb.2018.131.305
Peña-García, N., Gil-Saura, I., Rodríguez-Orejuela, A., & Siqueira-Junior, J. R. (2020). Purchase intention and purchase behavior online: A cross-cultural approach. Heliyon, 6(6). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04284
Riani, S. O., & Putra, I. G. S. (2023). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Pengalaman Kerja terhadap Etos Kerja Karyawan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2424–2429. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1851
Roisah, R., Yulia, M., & Yuli Angliawati, R. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand Ambassador. Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7–19.
Rosita, I. (2022). Simba 1. Seminar Inovasi Majemen Bisnis Dan Akuntansi, September.
Rozi, I. A., & Khuzaini. (2021). Pengaruh Harga Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manaemen, 10, 1–20.
Sabar, M., & Moniharapon, S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Ms Glow Di Kota Manado the Influence of Social Media, Celebrity Endorser, and Product Quality on Consumer Purchase Interest of Ms Glow Products in Manado Ci. Poluan 422 Jurnal EMBA, 10(4), 422–433.
Samuel Domade Sitorus. (2019). Samuel Domade Sitorus_Skripsi.
Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115
Suwarsih, N., Gunawan, T., Parahyangan, U. K., & Parahyangan, U. K. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP CITRA MEREK INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA ON BRAND IMAGE. 4, 712–730.
Utami, G. R., & Saputri, M. E. (2020). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DAN LOYALITAS MEREK PADA AKUN INSTAGRAM TOKOPEDIA under a Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Electro. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 5(2), 185–198.
Vitara, V., & Kurniawati, M. (2023). Pengaruh Social Media Engagement Tiktok Terhadap Impulse Buying Produk Pakaian Pada Dewasa Awal. Jurnal Humanipreneur, 2(2), 15–21. https://doi.org/10.53091/hum.v2i2.39
Willenberg, T., Lun, B., Amsler, F., & Baumgartner, I. (2010). Ease of application of medical compression-stocking systems for the treatment of venous ulcers. European Journal of Vascular and Endovascular Surgery, 40(1), 129–133. https://doi.org/10.1016/j.ejvs.2010.02.022
Yuen, E. F. T., & Chan, S. S. L. (2010). The effect of retail service quality and product quality on customer loyalty. Journal of Database Marketing and Customer Strategy Management, 17(3–4), 222–240. https://doi.org/10.1057/dbm.2010.13
Copyright (c) 2025 Reni Nur Alviana, Kussudyarsana Kussudyarsana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.