ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KOPI KELILING SEBAGAI GAYA HIDUP MODERN GENERASI MUDA
Abstract
Bisnis kopi keliling tidak hanya dilihat sebagai bentuk inovasi dalam memenuhi kebutuhan kafein, tetapi juga sebagai model pemberdayaan ekonomi yang mendukung pertumbuhan UMKM di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara studi kasus kualitatif dan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pedagang kopi keliling dan menyebarkan kuesioner pada konsumen, serta analisis dokumentasi dari media sosial terkait kopi keliling di Surabaya.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi keliling menjadi pilihan bagi di generasi muda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membeli kopi. Selain itu, kopi keliling juga menciptakan peluang ekonomi bagi pelaku UMKM serta memperkaya pengalaman konsumsi melalui interaksi personal antara pedagang dan konsumen. Pembagian wilayah serta transparansi infrastruktur publik menjadi perhatian khusus bagi pedagang. Berdasarkan temuan ini, penelitian merekomendasikan penerapan inovasi digital untuk memudahkan pemesanan dan pembayaran, serta diversifikasi produk kopi keliling untuk menjaga daya tarik di tengah persaingan yang semakin ketat
References
Ayu Septiani, V., Ika Wijayanti, C., Larasati, U., Khansa Nazhiifah, A., Zuhri, S., Studi Ilmu Komunikasi, P., & Veteran Jawa Timur, U. (2023). Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Analisis Perilaku Konsumen Pada Kopi Keliling Sebagai Alternatif Gaya Hidup Gen Z.
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer Behavior. Florida: The Dryden Press, 8.
Farkhah, M. S., & Wibowo, J. M. (2023). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Mikro dan Menengah pada Era Digital di Kota Probolinggo. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, 15(1), 104–115.
Featherstone, M. (2007). Consumer Culture and Postmodernism, 2nd edition. London: Sage Publications.
Harrison, H., Birks, M., Franklin, R., & Mills, J. (2017). Case Study Research: Foundations and Methodological Orientations. Forum Qualitative Sozialforschung / Forum: Qualitative Social Research, 18(1).
Howkins, J. (2001). The Creative Economy: How People Make Money from Ideas. London: Allen Lane.
Lancaster, K. J. (1966). A New Approach to Consumer Theory. The Journal of Political Economy, 74(2), 132–157.
Lola, R., & SP. (2023). Teori Permintaan Dan Penawaran. PENGANTAR ILMU EKONOMI, 25.
Malini, H. (2021). Gaya Konsumsi dan Perilaku Konsumen Generasi Z di Warung Kopi. In Prosiding Seminar Nasional SATIESP.
Maulana, F. B., Nazar, S., Naim, N., Ryando, M. B., & Ramdhan, S. (2024). The Influence Of Digital Payment Service Features On Consumers’ Ease In Transacting In E-Commerce. Proceeding of International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities, 7(1), 1218–1233. https://doi.org/10.34010/icobest.v7i.634
Mish, C. (2021, February 7). Caffeine: Why Society Depends on Coffee. Teenhealth101. https://www.teenhealth101.org/post/caffeine-why-society-depends-on-coffee
Muiz, A., & Fauzi, A. (2024). Analisa Strategi Pemasaran Jago Coffee (Vol. 4, Issue 1).
Nopitriyani, S., Putri, M. T., Fauziyyah, N. W., & Prasaja, D. (2023). Analisis Kopi Organik Indonesia Di Pasar Amerika Serikat. JURNAL ECONOMINA, 2(12), 3593–3601. https://doi.org/10.55681/economina.v2i12.1044
Omrani, N., Rejeb, N., Maalaoui, A., Dabić, M., & Kraus, S. (2024). Drivers of Digital Transformation in SMEs. IEEE Transactions on Engineering Management, 71, 5030–5043. https://doi.org/10.1109/TEM.2022.3215727
Patton, M. Q. (1990). Qualitative Evaluation and Research Methods (2nd ed.). SAGE Publication, Inc.
Prayogo, L. B., Suharyati, & Ariani, M. B. N. (2019). Kewirausahaan, Inovasi Teknologi, Dan Keunggulan Bersaing Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Makanan Di Kecamatan Cibinong. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 5, 85–96.
Rasoki, T., & Asnamawati, L. (2023). Factors Affecting The Learning Process In Extension In Kepahiang District . Agritepa: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Pertanian. https://doi.org/10.37676/agritepa.v10i1.3588
Ridaryanthi, M., Ahmad, A. L., & Dwityas, N. A. (2022). Coffee Culture in Indonesia: A Symbolic Interactionism Point of View. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 38(2), 215–230. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2022-3802-13
Seninde, D. R., & Chambers, E. (2020). Coffee Flavor: A Review. Beverages, 6(3), 44. https://doi.org/10.3390/beverages6030044
Snapcart. (2023, October 2). Indonesia’s Coffee Consumption Trends in 2023. Snapcart.Global. https://snapcart.global/indonesias-coffee-consumption-trends-in-2023/
Stephanie Br Ginting, S., Astiarani, Y., & Titi Santi, B. (2022). Tingkat Pengetahuan Efek Konsumsi Kafein Dan Asupan Kafein Pada Mahasiswa. 11, 264–271. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/
Sumara, rendy. (2024). Integrating SWOT Analysis and Business Model Canvas: A Strategic Approach for Indonesian Coffee Shops. ECo-Buss. https://doi.org/10.32877/eb.v7i1.1530
Uzunbacak, H. H., Karagöz, Ş., & Erhan, T. (2024). A Conceptual Study on Entrepreneurship and Digital Innovation. 1–20. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-3518-5.ch001
Copyright (c) 2025 Mizchell Baby Amadea, Mintarti Ariani, Joshi Maharani Wibowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.