PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY
Abstract
Persaingan di dunia pendidikan yang semakin ketat menuntut lembaga pendidikan untuk memberikan layanan berkualitas demi mempertahankan loyalitas pelanggan. Kualitas layanan menjadi faktor krusial dalam membangun kepercayaan dan komitmen jangka panjang dari wali murid terhadap institusi pendidikan. Kualitas layanan yang baik tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperkuat keterikatan emosional mereka terhadap perusahaan. Selain itu, sudah menjadi sebuah keniscayaan bahwa pelanggan yang merasa puas dengan kualitas layanan cenderung lebih berkomitmen untuk tetap menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang sama Penelitian ini menginvestigasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas wali murid di MTs Arrahmah Purwotengah Papar Kediri. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel acak, data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur lima dimensi kualitas layanan (SERVQUAL): keberwujudan, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa secara simultan, kelima dimensi kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (F=36.052, p<0.05). Secara parsial, dimensi empati (β=0.775) dan keberwujudan (β=0.296) menunjukkan pengaruh positif signifikan, sementara jaminan (β=-0.606) menunjukkan pengaruh negatif signifikan. Di sisi lain, keandalan dan ketanggapan tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Hasil ini mengimplikasikan bahwa MTs Arrahmah perlu memprioritaskan aspek empati dan keberwujudan dalam strategi peningkatan layanan, sambil melakukan evaluasi terhadap pendekatan pemberian jaminan layanan untuk meningkatkan loyalitas wali murid. MTs Arrahmah, sebagai penyedia layanan, perlu melakukan optimalisasi strategi layanan yang berfokus pada penguatan aspek empati dan keberwujudan, dengan memberikan perhatian khusus pada, pengembangan kompetensi karyawan dalam memberikan layanan personal, peningkatan kualitas fasilitas fisik yang mendukung kenyamanan pelanggan, dan Implementasi sistem monitoring dan evaluasi berkala terhadap kualitas layanan
References
Apriliana, Apriliana, and Sukaris Sukaris. 2022. “Analisa Kualitas Layanan Pada Cv. Singoyudho Nusantara.” Jurnal Maneksi 11(2): 498–504. doi:10.31959/jm.v11i2.1246.
Ashiq, Rubab, and Asad Hussain. 2024. “Exploring the Effects of E- Service Quality and e-Trust on Consumers’ e-Satisfaction and e- Loyalty: Insights from Online Shoppers in Pakistan.” Journal of Electronic Business & Digital Economics 3(2): 117–41. doi:10.1108/jebde-09-2023-0019.
Berry, Leonard L, A Parasuraman, and Valarie A Zeithaml. 1988. “SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality.” Journal of retailing 64(1): 12–40.
Cahyani, Elia, Tazkiyyah Nururrohmah, and Cindy Firstiananda Deka. 2024. “The Role of Service Quality in Building Customer Satisfaction (A Literarure Review).” 2(4).
Enjina, Enjina, Samsuddin Samsuddin, and Fita Kurniasari. 2019. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Orangtua Memilih Jasa Pendidikan Di Sekolah Dasae AMKUR BENGKAYANG.” Jurnal Produktivitas 8(5): 55.
Hariyanto, Maria Aletta Dei, and Dudi Anandya. 2021. “The Significance of Service Quality on Customer Loyalty With Corporate Image and Customer Satisfaction As Mediators.” Journal of Management and Business 20(2): 97–116.
doi:10.24123/jmb.v20i2.541.
Indra Sani, Tin Agustina Karnawati, and Widi Dewi Ruspitasari. 2024. “The Impact of Service Quality on Custumer Loyalty Through Customer Satisfaction of PT Multicom Persada International Jakarta.” Dinasti international journal of management science vol 5(no 3): 475–85. https://creativecommons.org/licen ses/by/4.0/.
Kualitas, Pengaruh, Layanan Digital, Dan Kepercayaan, Konsumen Terhadap, Loyalitas Pelanggan, Dengan Kepuasan, Pelanggan Sebagai, et al. 2023. “The Impact Of Digital Service Quality And Consumer Trust On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As A Mediator.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 4(6): 9866–74.
http://journal.yrpipku.com/index.p hp/msej.
Noor, Iqbal, Alhidayatullah, and Muhammad Khairul Amal. 2023. “Dimensions of Service Quality in Influencing Customer Satisfaction.” Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences 2(2): 189–97.
https://journal.adpebi.com/index.p hp/AIJMS.
Ramadhany, Yandie, Depy Muhamad Pauzy, Suci Putri Lestari, Jl Peta No, Kec Tawang, and Kota Tasikmalaya. 2023. “Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Perusahaan Da’o Screen Printing Kota Tasikmalaya).” 1(3): 285–96. https://doi.org/10.61132/nuansa.v 1i3 September.263.
Ramdani, Ahmad, Nugraha Kusuma Ningrat, and Maman Hilman. 2023. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Pada Cafe Thsub Melalui Pendekatan Service Quality (Servqual) Di Banjarsari Kabupaten Ciamis.” INTRIGA (Info Teknik Industri Galuh), Jurnal Mahasiswa Teknik Industri 1(1): 70–76. doi:10.25157/intriga.v1i1.3605.
Rita Aulia, Nana Darna, Kasman. 2023. “Pengaruh Customer Relationship Manajemen Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” business Manajemen and Entreperneur journal 5.
Singh, Pragya, and Vandana Singh. 2024. “The Power of AI: Enhancing Customer Loyalty through Satisfaction and Efficiency.” Cogent Business and Management 11(1). doi:10.1080/23311975.2024.2326 107.
Sutriani, Sutriani, Muslim Muslim, and Abdul Haeba Ramli. 2024. “The Influence Of Experience, Satisfaction And Service Quality On Word Of Mouth Intentions And Customer Loyalty.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 12(4): 1037–52. doi:10.37641/jimkes.v12i4.2605.
Copyright (c) 2025 Evi Husniati Sya'idah, Tontowi Jauhari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.