IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS UNTUK CLUSTERING DATA MINING DALAM PENGELOMPOKAN BERAGAM MEREK LAPTOP

  • Fadhila Fadhila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Elin Haerani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Keywords: Laptop, Kmeans, Clustering, Data Mining

Abstract

Laptop telah menjadi perangkat elektronik yang sangat dibutuhkan dan diminati, terutama oleh mahasiswa dan departemen IT di perusahaan. Dibandingkan dengan komputer desktop, laptop memiliki desain yang lebih ringkas, ringan, dan hemat daya. Salah satu cara untuk mengelompokkan merek laptop adalah dengan menggunakan algoritma K-Means Clustering dalam data mining. Pengelompokan ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk potensial dan menganalisis data laptop yang rekomendasi untuk dibeli konsumen . Penelitian ini bermanfaat untuk mengelompokkan data laptop dan minat pembelian ke dalam cluster terstruktur menggunakan metode K-Means Clustering. Dengan algoritma tersebut, data berbagai merek laptop berhasil dikelompokkan menjadi tiga cluster: Cluster 0 (1027 data) dengan Ghz kecil dan harga laptop yang murah, Cluster 1 (216 data) dengan Ghz tinggi dan harga yang sedang, dan Cluster 2 (2604 data) dengan kesimpulan Ghz sedang dan harga yang mahal.

References

[1] U. N. Putra et al., “Penerapan data mining K-Means clustering untuk mengelompokkan berbagai jenis merk leptop,” Semin. Nas. Sist. …, pp. 241–249, 2021, [Online]. Available: https://sismatik.nusaputra.ac.id/index.php/sismatik/article/view/35%0Ahttps://sismatik.nusaputr a.ac.id/index.php/sismatik/article/download/35/31
[2] A. Putri Riyandoro, A. Voutama, and Y. Umaidah, “Implementasi Data Mining Clustering K-Means Dalam Menggolongkan Beragam Merek Laptop,” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, pp. 1372–1377, 2023, doi: 10.36040/jati.v7i2.6816.
[3] W. I. Rahayu, S. F. Pane, L. A. Frimanda, and K. Kunci, “IMPLEMENTASI DATA MINING DENGAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN IKLAN AUDIO BERDASARKAN USER BEHAVIORS PADA APLIKASI AUDIO SOCIAL MEDIA SVARA DI PT . ZAMRUD KHATULISTIWA TECHNOLOGY,” vol. 10, no. 2, pp. 13–19, 2018.
[4] I. R. A. K. J. R. P. D. M. Aji Supriyatno, “Analisis Segmentasi Pasar Laptop Dengan Metode Clustering Dan Algoritma K-Means,” no. June, pp. 2–22, 2023, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/371675029
[5] N. Firdaus, S. Defit, and G. Widi Nurcahyo, “Penerapan Algoritma K-Means Clustering Dalam Pengelompokan Data Penjualan Pada Pabrikan Mobil Toyota Indonesia,” Fountain Informatics J., vol. 8, no. 2, pp. 2548–5113, 2023, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.21111/fij.v8i2.10798
[6] V. Alvianatinova, I. Ali, N. Rahaningsih, and A. Bahtiar, “Penerapan Algoritma K- Means Clustering Dalam Pengelompokan Data Penjualan Supermarket Berdasarkan Cabang (Branch),” JATI (Jurnal Mhs. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 1529–1535, 2024, doi: 10.36040/jati.v8i2.8993.
Published
2025-01-08
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times