PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PENGGUNAAN PAYLATER (STUDI KASUS PADA PENGGUNA PAYLATER DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS JENDRAL ACHMAD YANI)

Authors

  • Helga Firlangga Universitas Jendral Achmad Yani
  • Ifan Wicaksana Siregar Universitas Jendral Achmad Yani

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14076

Keywords:

Financial Knowledge, Locus of Control, Use of Paylater.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh financial knowledge dan locus of control terhadap penggunaan paylater pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani. Data penelitian ini menggunakan data primer berupa tanggapan dari respoden penelitian dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, diperoleh 200 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Achmad Yani yang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial knowledge dan locus of control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan Paylater di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Achmad Yani, dan Secara simultan financial knowledge dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan paylater pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jendral Achmad Yani.

References

[1] Adiprasetyo, A., & Surjandy. (2024). Analysis of The Essential Motivation and Challenge Factors of the Buy Now, Pay Later Service Among Indonesian University Students. E3S Web of Conferences, 571. https://doi.org/10.1051/e3sconf/20245710600 5

[2] Annur, Cindy Mutia. (2021). Shopee Paylater, Layanan Paylater Paling Banyak Digu-nakan Pada 2021. Katadata.Co.Id. Re-trieved June 8, 2022 (https://databoks.katadata.co.id/datapublish/20 22/01/12/shopee-paylater-layanan-paylater- paling-banyak-digunakan-pada-2021)

[3] Burhan, Fahmi Ahmad. (2021). Nilai Transak-si E-Commerce RI Melonjak. Katadata.Co.Id. Retrieved June 9, 2022 (https://katadata.co.id/yuliawati/digital/60ba6 7ba89507/nilai-transaksi-e-commerce-ri- melonjak-91-shopee-kuasai-pasar).

[4] Dewanti, V. P., & Asandimitra, N. (2021). Pengaruh financial socialization, financial knowledge, financial experience terhadap financial management behavior dengan locus of control sebagai variabel mediasi pada pengguna paylater. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 863-875.

[5] Hamdani, Trio. (2019). Pernah Belanja Pakai Paylater? Ini Untung Ruginya. Detik Fi- nance. Retrieved June 6, 2022 (https://finance.detik.com/fintech/d- 4839594/pernah-belanja-pakai-paylater-ini- untung-ruginya)

[6] Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

[7] Hardhika, R. E. B. (2021). Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa di Surabaya. the Commercium, 4(02), 19-32.

[8] Kautsar, A., & Asandimitra, N. (2019). Financial Knowledge as Youth Preneur Success Factor. In Journal of Social and Development Sciences (Vol. 10, Issue 2)

[9] Muhammad Khadafi. (2023, July 10). Orang Indonesia Nunggak Bayar Pay Later Rp 3,28 Triliun. CNBCIndonesia. (https://www.cnbcindonesia.com/market/2023 0710094743-17-452717/orang-indonesia- nunggak-bayar-pay-later-rp-328-triliun)

[10] Nabilah Muhamad (2024). Milenial dan Gen Z Mendominasi Pengguna Paylater di Indonesia. Databoks. Retrieved July 4,2024(https://databoks.katadata.co.id/demogr afi/statistik/66b5d6e18dff3/milenial-dan-gen- z-mendominasi-pengguna-paylater-di- indonesia)

[11] OJK. (2024). “Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Digital Serta Perkuat Ekosistem Fintech, OJK bersama AFTECH, AFSI dan AFPI Kembali Gelar The 6th Indonesia Fintech Summit & Expo (IFSE) dan Bulan Fintech Nasional (BFN) 2024.” www.bulanfintechnasional.com

[12] Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1),425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458

[13] Rahardyan, Aziz. (2021). Paylater Kian Popu- ler, 83 Persen Responden Sebut Peno-long Dari Kebutuhan Mendadak. Finan-sial. Retrieved June 9, 2022 (https://finansial.bisnis.com/read/20210211/8 9/1355178/paylater-kian-populer-83-persen- responden-sebut-penolong-dari-kebutuhan- mendadak).

[14] Ruslim, H. (2021). Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Jakarta ASEAN Capital Market Forum (ACMF). (2024). "ASEAN Corporate Governance Scorecard: Guidelines and Metrics."

[15] Remis, R. C. L. (2023). Predictors of Financial Management Behavior of Public Secondary School Teachers in a Municipality of Davao de Oro. International Journal of Multidisciplinary: Applied Business and Education Research, 4(6), 2075–2085. https://doi.org/10.11594/ijmaber.04.06.30

[16] Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater TERHADAP perilaku impulse buying pengguna e-commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44-57.

Downloads

Published

2025-06-01