DETERMINAN KUNCI SUKSES PENGUSAHA PEREMPUAN MUSLIM MINANGKABAU DI SUMATERA BARAT

  • Mardhiyya Azhari Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittiggi
  • Silvia Hanani Universitas Islam Negeri Sjech M Djamil Djambek Bukittiggi
Keywords: Determinan, Pengusaha Perempuan, Dorongan, Peluang, Tantangan

Abstract

Perempuan adalah sosok yang memainkan banyak peranan penting di kehidupan. Tidak hanya sebagai pendidik, perempuan adalah sumber kasih sayang bagi keluarganya. Selain itu perempuan merupakan sumber daya yang mempunyai peran penting untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Budaya matrilinialisme dan budaya wirausahawan yang kuat di Sumatera Barat menjadi salah faktor Perempuan banyak yang memutuskan menjadi pengusaha. Definisi umum dari pengusaha Perempuan adalah seorang perempuan atau sekelompok perempuan yang memulai, mengatur, dan menjalankan bisnis. Mereka adalah orang yang menerima peran yang menantang untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan mandiri secara ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan kunci sukses pengusaha Perempuan muslim di Sumatera Barat melalui variabel dorongan, peluang, motivasi serta tantangan yang menjadi faktor kesusksesan dalam usaha mereka. Teknik Analisis data yang digunakan adalah metode PLS (Partial Least Square) melalui Smart PLS Software 4.0 dengan responden sebanyak 60 responden yang merupakan Perempuan yang bekerja sebagai pengusaha, bersuku Minangkabau, beragama Islam dan berdomisili di Sumatera Barat. Hasil penelitian menunjukan diantara variabel Faktor Dorongan (X1), Peluang (X2), Motivasi (X3) dan Tantangan (X4) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kesuksesan pengusaha Perempuan (Y) dengan T hitung > 1.96 dan P-Value < 0.05. Faktor Dorongan (X1) memiliki koefisien jalur tertinggi (0.851) di antara variabel-variabel X lainnya. Ini berarti bahwa Faktor Dorongan (X1) memiliki pengaruh positif yang paling besar terhadap Pengusaha Perempuan di antara semua variabel yang dianalisis. Hal ini sesuai dengan teori yang menjelaskan bahwa faktor pendorong merupakan keadaan atau kondisi yang menciptakan keharusan bagi perempuan untuk memilih berwirausaha seperti kesulitan keuangan ataupun tanggung jawab keluarga.

References

Aam Bastaman & Riffa Juffiasari. “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Bagi Wanita Untuk Berwirausaha.” Prosiding Seminar Nasional 4th UNS SME’s Summit & Awards 2015 “Sinergitas Pengembangan UMKM Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), 2015, 265–77.
Abele, Andrea E., and Daniel Spurk. “How Do Objective and Subjective Career Success Interrelate over Time?” Journal of Occupational and Organizational Psychology 82, no. 4 (2009): 803–24. https://doi.org/10.1348/096317909X470924.
Agrawal, Anand Mohan, Vivek Agrawal, and Sucheta Agarwal. “Motivational and Success Factors: Through the Lens of Women Entrepreneurship.” International Journal of Management and Enterprise Development 17, no. 4 (2018): 307. https://doi.org/10.1504/ijmed.2018.10017520.
Ahmad, Rabiatol Adawiyah, Norhani Bakri, and Rohaizat Baharun. “Motivational Factors of Women Entrepreneurship in Malaysia.” Special Issue Sci.Int.(Lahore) 28, no. 2 (2016): 1849–58.
Ahmad, Zeeshan. “Factors Influencing Women ’ s Entrepreneurial Success : A Multi-Analytical Approach.” Frontiers in Psychology, no. January (2023): 1–15. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1099760.
Alam, Syed Shah, and Nor Asiah Omar. “An Empirical Study of Success Factors of Women Entrepreneurs in Southern An Empirical Study of Success Factors of Women Entrepreneurs in Southern Region in Malaysia.” Www.Ccsenet.Org/Ijef International Journal of Economics and Finance 3, no. 2 (2011): 166–75. https://doi.org/10.5539/ijef.v3n2p166.
Aprijon. “Kewirausahaan Dan Pandangan Islam.” MENARA 12, no. 1 (2013): 1–11.
Authors, For. “Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies Modelling the Critical Success Factors of Women Entrepreneurship Using Fuzzy AHP Framework Article Information : About Emerald Www.Emeraldinsight.Com Framework.” Journal of Entrepreneurship in Emerging Economies, 2017.
Bahri. “Kewirausahaan Islam: Penerapan Konsep Berwirausaha Dan Bertransaksi Syariah Dengan Metode Dimensi Vertikal (Hablumminallah) Dan Dimensi Horizontal (Hablumminannas).” Maro 1, no. 2 (2018): 67–68.
Bahtiar, Irianto & Yoyon. Modul Konsep Kewirausahaan. Fakultas Ilmu Politik Program Studi Administrasi Pendidikan UPI, 2008.
Basit, Abdul, Zubair Hassan, and Sharmila Sethumadhavan. “Entrepreneurial Success: Key Challenges Faced by Malaysian Women Entrepreneurs in 21st Century.” International Journal of Business and Management 15, no. 9 (2020): 122. https://doi.org/10.5539/ijbm.v15n9p122.
Basrowi. Kewirausahaan Untuk Perguruan Tinggi. Bogor: Ghalia Indonesia, 2011.
Bayu, Yuyus Suryana dan Kartib. Kewirausahaan : Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana, 2010.
Biru, Rembulan Catra Banyu, Rahmat Fahmi, and Eko Sulistiono. “Pengusaha Perempuan Sebagai Agen Perubahan: Studi Komparasi Peran Perempuan Sebagai Wirausaha Sosial Di Negara Berkembang.” NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan 2, no. 1 (2021): 11–22. https://doi.org/10.31957/noken.v2i1.1691.
Bullough, Amanda, Ulrike Guelich, Tatiana S Manolova, and Leon Schjoedt. “Women ’ s Entrepreneurship and Culture : Gender Role Expectations and Identities , Societal Culture , and the Entrepreneurial Environment,” 2022, 985–96.
Cho, Yonjoo, Jiwon Park, Soo Jeoung Han, Moonju Sung, and Chan Kyun Park. “Women Entrepreneurs in South Korea: Motivations, Challenges and Career Success.” European Journal of Training and Development 45, no. 2–3 (2020): 97–119. https://doi.org/10.1108/EJTD-03-2020-0039.
DR. IR. ANDI SUARDA, M. Si. KEWIRAUSAHAAN DALAM ISLAM JILID 1 ( EDISI REVISI ). Edited by M.Si DR. Hj. JUMRIAH SYAM S.Pt. 1st ed. Vol. 1. Makassar: Divisi Publikasi dan Penelitian, 2021.
Dr. Muhammad Rifa’i, M.Pd. Husinsah, M.Pd.E. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Edited by M.Pd. Copyright Muhammad Rizki Syahputra. Pertama. Medan: PERDANA PUBLISHING, 2022.
Evie, Benedicta, and Susy Yunia R. Sanie. “Peran Pengusaha Perempuan UMKM Dan Pola Pengeluaran Rumah Tangga Pada Situasi Bencana Covid-19.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 8, no. 1 (2021): 121–31. https://doi.org/10.26905/jbm.v8i1.5544.
Gustina. “Analisis Profil Usaha Pengusaha Perempuan Sumatera Barat: Kasus Pada Pengusaha Perempuan Di Padang.” Polibisnis 9, no. 2 (2017): 37–45.
Hanani, Silfia. “Ruhana Kuddus Pelopor Gerakan Entrepreneur Perempuan Di Minangkabau.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender 19, no. 1 (2020): 1–14.
Handayani, Wiwik, Clara Dewanti Daisy Mentari, and Marthina Rosyanti. “Membangun Self-Efficacy Perempuan Sukses Berwirausaha Pada Ibu Rumah Tangga.” Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JIPkM) 2, no. 1 (2022): 1–10.
Hendratmi, Achsania, Tri Siwi Agustina, Puji Sucia Sukmaningrum, and Mega Ayu Widayanti. “Livelihood Strategies of Women Entrepreneurs in Indonesia.” Heliyon 8, no. 9 (2022): e10520. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10520.
Herlina, Ellin. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesempatan Kerja Wanita Dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Keluarga Di Kabupaten Cirebon.” Jurnal Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Borobudur 18, no. 2 (2015): 172–207. ejournal.borobudur.ac.id.
Jamali, Dima. “Constraints and Opportunities Facing Women Entrepreneurs in Developing Countries,” no. 2005 (2008). https://doi.org/10.1108/17542410910961532.
Jumbri, Isma Addi, Mohamad Zahir Zainudin, Sabri Mohamad Sharif, and Muhd Feisal Ismail. “Motivation Factors for Women to Become an Entrepreneur and Contribute to Social Innovation.” Journal of Human Capital Development 12, no. 2 (2019): 1–16. https://journal.utem.edu.my/index.php/jhcd/article/view/5585.
Kamal, Thamrin. “Perempuan Pengusaha Pada Masyarakat Matrilinial Dan Peranannya Dalam Kehidupan Keluarga Dan Masyarakat Luas.” Institut Pertanian Bogor, 1991.
Kanapathipillai, Kumaran, and S. M. Ferdous Azam. “WOMEN ENTREPRENEURS PATH TO SUCCESS: AN INVESTIGATION OF THE CRITICAL SUCCESS FACTORS IN MALAYSIA.” European Journal of Human Resource Management Studies 3, no. 1 (August 23, 2019): 107. https://doi.org/10.46827/EJHRMS.V0I0.615.
Karnreungsiri, Isaree, and Nattaya Praditsuwan. “Motivational and Success Factors of Women Entrepreneurs: A Case Study of Small and Medium Enterprises in Manufacturing Sector of Thailand.” RSEP International Conferences on Social Issues and Economic Studies, 2017, 5–7. http://rsepconferences.com/my_documents/my_files/3_ISAREE.pdf.
“Kementerian Komunikasi Dan Informatika.” Accessed May 20, 2023. https://www.kominfo.go.id/content/detail/47720/pemerintah-dorong-perempuan-pelaku-umkm-kembangkan-bisnis/0/berita.
Khan, Rizwan Ullah, Yashar Salamzadeh, Syed Zulfiqar Ali Shah, and Mazhar Hussain. “Factors Affecting Women Entrepreneurs’ Success: A Study of Small- and Medium-Sized Enterprises in Emerging Market of Pakistan.” Journal of Innovation and Entrepreneurship 10, no. 1 (2021). https://doi.org/10.1186/s13731-021-00145-9.
Kumalasari, Riesta Devi, Kukuh Lukiyanto, and Agung Purnomo. “External Factors Motivating Successful Women Entrepreneurs: A Study of Women Entrepreneurs Community in A Rural Area.” PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology 18, no. 1 (2020): 518–26. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/2064.
Kumar, Sunil, and Harold Andrew Patrick. “MOTIVATING FACTORS THAT INFLUENCE WOMEN ENTREPRENEURS.” IMPACT: International Journal of Research in Business Management (IMPACT: IJRBM) 6, no. 4 (2018): 65–80. www.impactjournals.us.
Maryasih, Ni Luh Kerti. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Wanita Memilih Berwirausaha Pada Sentra Industri Kecil Linggoasri Pekalogan Jawa Tengah.” Moestopo Journal International Relations(MJIR) 1, no. 1 (2021): 31–45. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/mjir/article/viewFile/1306/644.
Miko, Alfan. Pekerja Wanita Pada Industri Rumahtangga Sandang Di Propinsi Sumatera Barat. Yoyakarta: PPK-UGM, 1991.
Minangkabau, Nilai-nilai Filosofis Abs-sbk D I. “Nilai-Nilai Filosofis ABS-SBK Di Minangkabau.” Majalah Ilmu Pengetahuan Dan Pemikiran Keagamaan Tajdid 20, no. 2 (2017): 62–72.
Modiyani, Richa. “Women Entrepreneurship- Challenges & Opportunities,” no. August (2022).
Musfialdy & Soim. “Peranan Nilai-Nilai Islam Dalam Meningkatkan Kewirausahaan Dan Kinerja Usaha Mikro.” Kutubkhanah 19, no. 1 (2017): 80–93.
Nirmala, Nirmala, and Wisnu Wijayanto. “Minat Berwirausaha Kaum Wanita Di Kota Purwokerto.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 5, no. 1 (2021): 282. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.319.
Nurfaqih. “Social Entrepreneurship (Kewirausahaan Sosial) Dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Working Paper Keuangan Publik Islam 1, no. 8 Universitas Islam Indonesia (2018).
Nurhasanah, Hempri Suyatna & Yanti. “Sociopreneurship Sebagai Tren Karir Anak Muda.” Jurnal Studi Pemuda 6, no. 1 (2017).
Nurmalasari, Deasy. “Analisis Karakteristik Dan Peran Pengusaha Perempuan.” Journal of Applied Business and Economics 7, no. 1 (2020): 111–25.
Nurman, Silmi Novita. “Keudukan Perempuan Minangkabau Dalam Perspektif Gender.” Al-Aqidah 11, no. 1 (2019).
Palit, Mollika. “Determinants of Success Factors of Women Entrepreneurs in Bangladesh- A Study Based on Khulna Region.” Business and Economic Research 4, no. 2 (2014): 237–50. https://doi.org/10.5296/ber.v4i2.6337.
Patil, Prachita, and Yogesh Deshpande. “Women Entrepreneurship: A Road Ahead.” International Journal of Economics, Business and Entrepreneurship 1, no. 01 (2018): 49–60. https://doi.org/10.31023/ijebe.101.0004.
Pentana, Bunga & Sopi. Modul Ajar Kewirausahaan Dan Pengembangan UMKM. Medan: Penerbit Perdana Medika, 2018.
Prasetyani, Dwi. Kewirausahaan Islami. Edited by Kundharu Saddhono. I. Surakarta: CV. Djiwa Amarta Press, 2020.
Putra, Andri Azis. “Emansipasi Informasi Dalam Perjuangan Rasuna Said: Telisik Gerakan Keperempuanan Minangkabau Dalam Menantang Model Feminisme Barat.” International Conference on Nusantara Philosophy, no. November 2016 (2016): 1–18.
Putri, Mediany Kriseka. “Identifikasi Motivasi Dan Hambatan Wanita Pengusaha ( Studi Pada Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Kota Depok ).” ISSN : 2355-9357 e-Proceeding of Management 7, no. 1 (2020): 228–38.
Rafida, Rusydi Ananda & Tien. Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing, 2016.
Raman, Kavitha, R. N. Anantharaman, and Sharmila Jayasingam. “Motivational Factors Affecting Entrepreneurial Decision: A Comparison between Malaysian Women Entrepreneurs and Women Non Entrepreneurs.” Innovation and Knowledge Management in Business Globalization: Theory and Practice - Proceedings of the 10th International Business Information Management Association Conference 1–2, no. June 2014 (2008): 374–78.
Reviewed, Double-blind Peer, Refereed Open, and Access International. “Double-Blind Peer Reviewed Refereed Open Access International Journal.” International Journal in Management and Social Science 07, no. 04 (2019): 127–40.
Rizal, Muhammad, and Riny Chandra. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Berwirausaha ( Studi Kasus Di Kota Langsa )” 5, no. 2 (2016): 525–34.
Sari, Indah Maya. “Faktor-Faktor Sukses Wirausaha Wanita Di Sumatera Barat.” Manajemen Strategi Dan Simulasi Bisnis (JMASSBI) 1, no. 2 (2020): 91–111.
Sarker, Sandip. “Determinants of Success Factors of Women Entrepreneurs in Bangladesh- A Study Based on Khulna Region.” Business and Economic Research 4, no. 2 (2016): 237–50. https://doi.org/10.5296/ber.v4i2.6337.
Setyaningrum, Retno Purwani, Nor Norisanti, Mochammad Fahlevi, Mohammed Aljuaid, and Sandra Grabowska. “Women and Entrepreneurship for Economic Growth in Indonesia.” Frontiersin.Org, no. January (2023): 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.975709.
Shakeel, Muhammad, Li Yaokuang, and Ali Gohar. “Identifying the Entrepreneurial Success Factors and the Performance of Women-Owned Businesses in Pakistan : The Moderating Role of National Culture.” SAGE Open, 2020, 1–17. https://doi.org/10.1177/2158244020919520.
Siti Mu’awamah. “Peluang Bisnis Bagi Wanita Di Era Digital Dalam Perspektif Al-Quran: Studi Keberhasilan Khadijah Dalam Berbisnis.” Nida’ Al-Quran 20, no. 1 (2022): 39–50.
Soemahamidjaja, Soeparman. Membina Sikap Mental Wirausaha. Jakarta: Gunung Jati, 1980.
Solesvik, Marina, Tatiana Iakovleva, and Anna Trifilova. “Motivation of Female Entrepreneurs: A Cross-National Study.” Journal of Small Business and Enterprise Development 26 (2019): 684–705. https://doi.org/10.1108/JSBED-10-2018-0306.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Sugiyono, Dr. “Memahami Penelitian Kualitatif,” 2010.
Supriatna, Mamat, Amirul Hazmi Hamdan, and Eka Sakti Yudha. “A Systematic Literature Review On Career Success: An Analysis Of Definition, Measurement, Theoretical Perspectives And Future Research.” Journal of Positive School Psychology 6, no. 6 (2022): 3747–56. http://journalppw.com.
Sweety Gupta, Ms, and Ms Aanchal Aggarwal. “Opportunities and Challenges Faced by Women Entrepreneurs in India.” IOSR Journal of Business and ManagementVer. III 17, no. 8 (2015): 2319–7668. https://doi.org/10.9790/487X-17836973.
Syariati, Alim. Kewirausahaan (Cara Mudah Memulai Usaha). Edited by Mutmainnah. I. Sulawesi: Pusaka Almaida, 2022.
Tindangen, Megi, Daisy S M Engka, and Patri C Wauran. “Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa).” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 20, no. 03 (2020): 79–87.
Umar, Sekaran. “Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Buku 2 Edisi 4.” Jakarta: Salemba Empat, 2011.
Ummah, M.A.C. Salfiya. “Push and Pull Motivation Factors for Women Entrepreneurship: A Study on Women Headed Families in Ampara District.” The International Journal for Economics and Business Management 3, no. 1 (2013): 83–90.
Wati, Salmi, and Eliwatis Eliwatis. “Rahmah El- Yunusiyyah (Inspirator Pendidikan Bagi Kaum Hawa).” At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2021): 51. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3338.
Widodo, Aris Slamet. Start Your Own Business. Edited by Farhan Assafari. Pertama. Yogyakarta: Jaring Inspiratif, 2012.
Zhou, Mingjie, Weiqi Mu, Fugui Li, Yixin Zhou, Duan Huang, Kexin Wang, and Jianxin Zhang. “Entrepreneur-Region Fit and Entrepreneurial Success in China: The Effect of ‘Confucian’ Personality.” Frontiers in Psychology 12, no. September (2021): 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.724939.
Zimmerer, Thomas W. Kewirausahaan Dan Manajemen Usaha Kecil. Edited by Stefanus Rahoyo. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Published
2025-01-10
Abstract viewed = 0 times
pdf downloaded = 0 times