ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DI TOKO ROTI XYZ
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14102Keywords:
Strategi Pemasaran, Pemasaran Digital.Abstract
Toko roti XYZ merupakan dalam kategori bisnis makan dan minuman yang dalam implementasinya banyak rintangan dan persaingan dengan kategori penjualan produk yang sama. Toko roti XYZ yang berada di Sidoarjo ini mulai berdiri pada Tahun 1997 dan sampai sekarang masih eksis di kalangan Masyarakat Sidoarjo. Hal ini tidak luput dari strategi pemasaran yang diterapkan dalam memasarkan produknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran digital produk toko roti XYZ dalam upaya pengenalan produk dan menjaga eksistensinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan responden pemilik toko roti dan karyawannya. Adapun teknik pengambilan datanya menggunakan metode wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa toko roti XYZ melakukan promosi melalui media social Instagram dan facebook serta melalui e-commerce aplikasi pesan antar online seperti gojek yang membuat konsumen tidak perlu datang langsung ke toko cukup melalui aplikasi online.
References
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice (7th ed.). Pearson Education.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Fill, C., & Turnbull, S. (2019). Marketing Communications: Discovery, Creation, and Conversations (8th ed.). Pearson Education.
Hanna, R., Rohm, A., & Crittenden, V. L. (2011). "We’re All Connected: The Power of the Social Media Ecosystem." Business Horizons, 54(3), 265–273.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. Wiley.
Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2021). E-Commerce: Business, Technology, and Society (16th ed.). Pearson Education.
Lewis, E. St. Elmo. (1898). AIDA: Principles of Advertising. McGraw-Hill.
Ryan, D. (2016). Understanding Digital Marketing: Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation (4th ed.). Kogan Page.
Solomon, M. R. (2018). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (12th ed.). Pearson Education.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wijaya, B. S. (2012). "The Development of Hierarchy of Effects Model in Advertising." International Research Journal of Business Studies, 5(1), 73–85.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.