PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP PURCHASE DECISION DI MEDIASI WORD OF MOUTH DAN QUALITY PRODUCT SEBAGAI MODERASI
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14105Keywords:
Brand Image, Word of Mouth, Product Quality, Purchase Decision.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image (X) terhadap Purchase Decision (Y) dimediasi Word of Mouth (Z) dan Product Quality (M) sebagai variabel moderasi pada pengguna Scarlett. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data berdasarkan penelitian pustaka dan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk Scarlett di Perguruan Tinggi Swasta Kota Serang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 112 responden dengan penarikan menggunakan teknik probability sampling, yaitu accidental sampling. Metode analisis data pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 4.0 Professional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Brand Image tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. (2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. (3) Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. (4) Word of Mouth mampu memdiasi hubungan Brand Image dengan Purchase Decision. (5) Product Quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision. (6) Product Quality Tidak mampu memediasi hubungan Brand Image dengan Purchase Decision.
References
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Astaki, N. P. D. P. P., & Purnami, N. M. (2019a). Peran Word of Mouth Memediasi Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(9), 5442. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i09.p05
Dewi, A. K., & Tuti, M. (2022). Pengaruh Product Quality pada Environment Friendly melalui Keputusan Pembelian dan Word of Mouth. IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(2), 77–88. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v3i2.120
Ekasari, R., & Mandasari, E. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Digital Marketing dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipcream Pixy di Kabupaten Sidoarjo. 4(1).
Fachrudin, F. M., & Taufiqurahman, E. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Brand Ambasador dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik MS GLOW di Distributor Karawang tahun 2021. YUME : Journal of Management, 5(2), 508–524. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.456
Fadhilah, M., Dwi Cahya, A., Melania, C., & 3, T. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11336
Fariza, F. I. (2023). Pengaruh Personal Branding Terhadap Brand Image Secondate Beauty.In Communications (Vol.5,Issue2). https://doi.org/ Communication5.2.6
Febriyanti, T., & Farida, S. N. (2023). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Karangan The Role Of Product Photos As Promotional Media To Increase The Sales Volume Of UKM Karangan Village Products. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 20–27. https://doi.org/10.55606/jpkm.v2i3.168
Firmansyah, I. (2019). Pengaruh kualitas produk, kualitas layanan, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian Kober Mie Setan di Kota malang. Management and Business Review, 3(2), 116–123. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4723
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022a). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness Article info A b s t r a c t. In Insight Management Journal (Vol. 2, Issue 3). https://journals.insightpub.org/index.php/imj
Hasian, A. G., & Pramuditha, C. A. (n.d.). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness, Brand Image, Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Palembang (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Palembang).
Hasna Nadiya, F., & Wahyuningsih, S. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). http://prosiding.unimus.ac.id
Hertina, D., Novtrianti, N., & Sukmawati, S. (2022). Analysis of buying decision levels based on brand image, price, and digital marketing. International Journal of Business Ecosystem & Strategy (2687-2293), 4(1), 87–94. https://doi.org/10.36096/ijbes.v4i1.313
Hisyam Naufal, M., Maftukhah Jurusan Manajemen, I., & Ekonomi, F. (2017a). Management Analysis Journal. Management Analysis Journal, 6(4). http://maj.unnes.ac.id
Intan Aghitsni, W., & Busyra, N. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan bermotor di Kota Bogor. 6(3), 2022.
Irmayanti, S., & Annisa, I. T. (n.d.). Peran Mediasi Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Lokal pada Wanita Urban The Role of Brand Image Mediation on Purchase Decisions for Local Brand Cosmetics in Urban Women. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 106–116. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i1.1774
Kaban, L., & Khong, R. (2022). Dampak Kualitas, Persepsi Konsumen dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Endorsement. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 909–919. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.667
Keputusan Konsumen dan Loyalitas Pelanggan sebagai Variabel Intervening AAG Agung Hardi Wahyu, D. D., Eddy Supriyadinata Gorda Yayasan Kesejahteraan KORPRI, A., & Graduate School, U. (2017). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis Kualitas Produk, Pelayanan terhadap Word of Mouth. 2(2). http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen
Keputusan Pembelian di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul, terhadap, & Am Mustakim, S. (2019). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Brand Awareness dan Region o f Origin terhadap Keputusan Pembelian di Warung Lesehan Bebek Goreng Asli Gunung Kidul. http://doi.org/10.21070JBMP.V5I1
Ketut, N., Satwika, P., Wulandari, N. M., & Dewi, K. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar serta Inovasi terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis. 7(3), 1481–1509. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p013
Luh Ketut Ayu Sudha Sucandrawati, N., Dewa Nyoman Usadha, I., Ketut Merta, I., Mahendradatta Bali Jl Ken Arok No, U., Denpasar Utara, P., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis, F. (2022). Peran Branding terhadap Keputusan Pembelian dimediasi Word of Mouth Marketing di Perusahaan Lulur Sekar Jagat(Vol.05,Issue02).http://ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/satyagraha
Lystia, C., Winasis, R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian : Harga, Promosi dan Kualitas produk (Literature Review manajemen Pemasaran). 3(4). https://doi.org/10.31933/jimt.v3i4
Maknun, ul, Mahendri, W., & A Waahab Hasbullah, U. K. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Persepesi Harga dan Customer Experience terhadap Word of Mouth pada Skincare Brand Emina. Hal. 33 Journal of Information Systems Management and Digital Business (JISMDB), 1(2).
Manajemen, P., Ekonomi, F., & dan Pariwisata, B. (n.d.). Hal 343-351 I Gede Bagus Surya Putra dan Ni Luh Adisti Abiyoga (Vol. 3, Issue 2).MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. (2020a). https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Miati, I., Yppt, S., & Tasikmalaya, P. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). 1(2), 71–83. http://ojs.stiami.ac.id
Mustika Sari, R., & Piksi Ganesha, P. (n.d.-a). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). 5(3), 2021.
Nurliyanti, N., Arnis Susanti, A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement).2(2). https://doi.org/10.38035/jihhp.v2i2
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(1), 183-188.
Nurul Mubin, M., Sunan Kalijaga Yogyakarta, U., Muhammad Nur Ikhasan, B., & Zarkasi Putro, K. (n.d.). Pendekatakn Kognitif Sosial Perspektif Albert Bandura pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Vol. 05).
Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian dengan Word Of Mouth sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk Industri Gerabah Desa Banyumulek Lombok).
Pengaruh Promosi dan Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Skin Care Scarlett Whitening. (n.d.).
Peran, A., Hidup, G., Kualitas, D., Terhadap, P., Pembelian, K., Automotif, P., Tannady, H., Wahyuningsih, E. S., Supriatna, D., Hadayanti, D., Purwokerto, W., Al, S., Pangandaran, F., & Al Ghifari, U. (2022). Analysis Of The Role Of Lifestyle And Product Quality On Purchase Decisions Of Automotive City Car Products. In Management Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 3, Issue 6). http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Prabandari, P. Y., & Widagda K, I. G. N. J. A. (2020). Pengaruh Brand Image terhadap Word of Mouth yang Dimediasi oleh Customer Satisfaction. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3301. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i08.p20
Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. 14(1), 16–23.
Pranandha, K. E. S., & Kusumadewi, N. M. W. (2020). Peran Word of Mouth Memediasi Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 443. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p02
Putri Septi, S., Nurtjahjadi, E., Studi Manajemen, P., Ekonomi, F., Jenderal Achmad Yani, U., & Barat, J. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Hand and Body Lotion Marina di Kota Bandung (The Influence of Product Quality and Price on Consumers’ Interest to Repurchase Marina’s Hand and Body Lotion in Bandung City). 4(3), 173–183. https://doi.org/10.35912/jakman.v4i3.1935
Riana Fatmaningrum, S., Fadhilah, M., Ekonomi, F., & Sarjanawiyata Tamansiswa, U. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. 4(1).
Rizqullah, I., Manajemen, A. J., & Bisnis, M. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid” In PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 3, Issue 2).
Romadhon, K., & Nuzil, N. R. (2022). Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal Of Business and Management Analisis Pengaruh Brand Image Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kebab Turki Baba Rafi Melalui Variabel Intervening Word Of Mouth (Studi Kasus Konsumen Kebab Turki Baba Rafi Soekarno Hatta Malang) (Vol. 5, Issue 3). www.babarafi.com,2019
Salsabila í, A., Maskur, A., & Stikubank Semarang, U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 2021–2156. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1902
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Wiley
Saputra, S. E., Utami, H. Y., Putra, D. G., & Rahmat, I. (2023). Word of Mouth sebagai Pemoderasi Hubungan Antara Brand Image dan Brand Love Terhadap Purchase Decision (Studi Empiris pada Konsumen KFC di Kota Padang). Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 751–757. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.631
Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (n.d.). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. J. Feasible, 4(2), 110–121. https://doi.org/10.32493/fb.v4i2.110-121.23869
Septiani, I., Udayana, I., & Hatmanti, L. T. (2022). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ms Glow Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 42. https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17205
Soegihono, A., Purba, J. T., & Budiono, S. (n.d.-a). Impact of Brand Image, Price, Customer Oriented Services On Customer Buying Decision With Brand Trust as Mediation Variables in Prudential Insurance Co.
Strategis Pemasaran Sebagai Keunggulan Dalam Persaingan Nasional, P., Rafliansyah, M., Yulianti, F., Mardah, S., Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, I., Studi Manajemen, P., Ekonomi, F., & Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, U. (n.d.-a). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Tahun 2023 (SENASEKON 2023) Pengaruh Word of Mouth (MOM) dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Makanan pada Wisata Kuliner di Banjarmasin.
Suprapto Arifin, H., Kuswarno, E., & Pramono, B. (2017). Persepsi Mahasiswa Untirta terhadap Penerapan Perda Syariah di Kota Serang. In Jurnal Komunikasi dan Media (Vol. 1, Issue 2).
Taufiqah, R., & Yogi Sari, O. (n.d.). Pengaruh Inovasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Scincare Lokal Produk Serum Scarlett Whitening 6(1), 2023.
Tiya, M., Suari, Y., Luh, N., Sayang Telagawathi, W., & Yulianthini, N. N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1).
Trisnawati, N., & Riefianti, R. (n.d.). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Scarlett Whitening. https://www.wikipedia.org/
Ulya, F., & Rosyidi, D. S. (2023a). Jurnal Mirai Management Pengaruh Citra Merek Dan Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dimediasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Mirai Management, 8(1), 301–314.
Ulya, F., & Rosyidi, D. S. (2023b). Jurnal Mirai Management Pengaruh Citra Merek Dan Strategi Promosi Melalui Media Sosial Dimediasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Mirai Management, 8(1), 301–314.
Veni Desi Antari, N. W., & Nurcaya, I. N. (2022). Pengaruh WOM Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Brand Image sebagai Variabel Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(3), 590. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i03.p09
Wang, H., Ab Gani, M. A. A., & Liu, C. (2023). Impact of Snack Food Packaging Design Characteristics on Consumer Purchase Decisions. SAGE Open, 13(2). https://doi.org/10.1177/21582440231167109