ANALISIS PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, STRES KERJA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU DI YAYASAN SEKOLAH KELUARGA UNIVERSAL TANJUNGPANDAN BELITUNG
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v7i6.14108Keywords:
Kinerja, Stres Kerja, Kompetensi Guru, KepemimpinanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, stress kerja dan kompetensi guru terhadap kinerja guru di Yayasan sekolah keluarga Universal Tanjungpandan, Belitung. Maka Permasalahan yang di rumuskan dalam penelitian ini apakah ada pengaruhnya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Stress Kerja, dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru di Yayasan Sekolah Keluarga Universal Tanjungpandan Belitung. Dalam penelitian ini melibatkan 77 sample guru dan 5 kepala sekolah. Dari tingkat KB, TK, SD, SMP, SMA Yayasan Sekolah Keluarga Universal Tanjungpandan, Belitung. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling yaitu pengambilan sample di lakukan secara keseluruhan dari jumlah populasi. Penarikan sample dilakukan melalui sample jenuh (sensus). Pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan analisis regresi linier berganda melalui program LPS-SEM. Hasil regresi liner berganda menunjukan kepemimpinan kepala sekolah, stress kerja dan kompetensi guru secara bersama- sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja Guru. Kepemimpinan Kepala sekolah memiliki pengaruh positif daln signifikan terhadap kinerja guru yang di tujukan oleh (β = 0.328, t = 4.217, p < 0.001), Stres kerja terbukti memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja guru (β = -0.196, t = 2.845, p < 0.005), Kompetensi guru menunjukkan pengaruh positif dan signifikan yang paling kuat terhadap kinerja guru (β = 0.452, t = 5.623, p < 0.001, f²0.356) dan Pengaruh simultan yang signifikan (F = 45.238, p < 0.001) dari ketiga valriabel independent terhadap kinerja guru menegaskan kompleksitas faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di Yayasan sekolah keluarga Universal Tanjungpandan, Belitung.
References
Arifin, barnawin dan. (2019). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sd Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Penerangan Cahaya Di Tempat Kerja.
Cholisoh, N., Rezeki, S., & Aqil, D. I. (2020). Implikasi Kompetensi Pedagogis terhadap Hasil Belajar Siswa dan Kinerja Guru. Literatus, 2(2), 133–140.
Depdiknas. (2004). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Depdiknas. (2023). Undang- undang tentang Aparatur Sipili Negara (ASN) Nomor 20 guru dan dosen
Fitrah, Muh. 2017. Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal
Gazali, H., Ridho, M., & Gistituati, N. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Singkarak. Journal of Education Research, 4(3), 1193–1201.
Hanan, A., & Harahap, J. (2019). Implementation of School Principal Communication Form in Improving Teacher Performance at SDIT Bina Insan Batang Kuis.
Hariyadi, A., Nugraheni, L., & Shofwani, S. A. (2023). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Masa Pandemi. Equity In Education Journal, 5(1), 1–6.
Husen, A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Campaign Di Toko Mebel Sakinah Karawang. Jurnal Economina, 2(6), 1356–1362.
Karyono, E., & Prastiwi, S. K. (2018). Pengaruh faktor individual dan psikologis terhadap kinerja. Jurnal EKA CIDA, 3(1), 78–99.
Kemendikbudristek no 40 th 2021. Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Indikator Mutu Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Novianty Djafri. 2017.
Kepmendiknas No. 045/U/2002 NOMOR 045/U/2002. Tentang kurikulum inti pendidikan tinggi. Menteri pendidikan nasional
Kepemimpinan, Motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Dikantor Sekretariat daerah Kabupaten Kutai Timur. Jurnal Paradigma (JP), 1(3),336. https://doi.org/10.30872/jp.v1i3.313
Khabibah Dika. (2017). Pengaruh Kompetensi, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai RSUD Embung Fatimah Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 5(1), 83–95
Kris Setyaningsih. 2019. Democratic Leadership: Upaya Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Peserta Didik di Sekolah Dasar (SD) Tunas Teladan Palembang. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 4 Nomor 1 Mei 2019.
Manajemen Kependidikan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen, Efektivitas, Kemandirian, Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosi). Yogyakarta : CV. Budi Utama
Melly, 2019. (2019). Sekolah, Stres Kerja Dan Kompetensi. 114–126.
Mulyasa, E. (2003 ). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Manajemen, P. M., & Ekonomi, F. (2016). Stres Kerja Serta Hubungannya Dengan Kinerja Karyawan Berdasarkan Gender (Studi Pada Karyawan PT. Bank Danamon, Tbk Manado). 16(04), 857–863.
Muhaling, R. A., Muthalib, A., & Muh, N. (2023). Analisis Pengaruh Kepemimpinan, Beban Kerja Dan Stress Kerja Terhadap Turnover intention Karyawan Pada Bank Sultra Cabang Utama Kendari. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 401–407.
Nadur, E. S. (2017). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Budaya Sekolah Pada Konteks Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian, 21(1), 48–61.
NAFISATUROHMAH, N., Jumiati, I. E., & Yulianti, R. (2015). Pengaruh stres kerja terhadap kinerja pegawai di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Serang (Studi kasus penerimaan dan pengolahan surat pemberitahuan tahunan).
Oscar, A. W. (2023). Pengukuran Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Di PT. Nusantara Batulicin. Brahmana : Jurnal Penerapan Kecerdasan Buatan, 4(2), 233–238.
Pangkalpinang, K., Kepulauan, P., & Belitung, B. (n.d.). 112790-ID-pengaruh-budaya- organisasi-dan-motivasi. 141–149.
Putra, D. F. (2018). Hubungan Persepsi Terhadap Beban Kerja dan Hardiness Dengan Kinerja Pada Karyawan Bank Syari’ah Di Pekanbaru. 2013, 12–30.
Ratnasari. (2017). Jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas negeri semarang 2017J (Issue 2).
Rivolan, P. (1981). Pengaruh Kepribadian, Stres Kerja, Kemampuan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Dalam Implentasi Ktsp pada SMK Swasta di Kota Medan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Sejati, Y. M. (2019). Pengaruh resiliensi dan stres terhadap turnover intention. Jurnal Mahasiswa Psikologi, 1(3), 80–91.
Siagian. (2014). The influence of leadership and work motivation on employee performance of the funding and lending Bukopin Bank Pekanbaru. Jom Fekon, 1(2), 1–20.
Sintawati, F. R. D. A. I., Joebagio, H., & Agung, L. (2017). The effectiveness of SAT (Self- Assessment Teacher) application to improve teachers’ professionalism. Proceeding of International Conference on Art, Language, and Culture, 20, 136–152.
Studi, P., Stie, M., & Dharma, W. (2017). nya, seperti misalnya miskomunikasi, suasana kerja yang hambar, bolos kerja, rasa tidak bergairah dalam bekerja dan ketidaksetiakawanan terhadap perusahaan. Hasil penelitian Agus Syaiful Amrhy (2014) dan Dimas Okta 351. 2(2), 351–365.
Sormin, Darliana. 2017. Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah 29 Padang Sidimpuan. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman Volume 2 Nomor 1 Januari – Juni 2017.
Sulasiah, F. (2019). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Peserta Diklat Pnguatan Kepala Sekolah Negeri Di Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019. Jurnal Sumber Daya Aparatur, 1(2), 129–152.
Tehuayo, H., & Labusab, L. (2016). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Dan Kedisiplinan Terhadap Kinerja Karyawan Pt. Bank Maluku Cabang Utama Ambon. ILTEK : Jurnal Teknologi, 11(02), 1668–1672.
Wahyu, A. (2022). Pengaruh lingkungan kerja, stres kerja, dan motivasi terhadap kinerja karyawan pada cv. nayara pare kediri skripsi. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Wijaya Candra dan Rifai M. 2016. Dasar-Dara Manajemen. Mengoptimalkan Pengelolaan Organisasi Secara Efektif dan Efisien. Medan : Perdana Publishing.
Yayat Suharyat dan Marislinda Idris. 2019. Konsep dan Implementasinya Pengendalian Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional HIDMAPI
Yuliarti, D. L., & Anggriani, I. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset (Dppka) Kota Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 122–138. https://doi.org/10.37676/ekombis.v2i1.9